EDM itu musik sampah

Banyak yang gerah beberapa tahun ke belakang ini dengan kedatangan genre musik baru bernama Electronic Dance Music (selanjutnya disebut EDM). Tapi sebaliknya banyak juga yang suka dengan jenis musik ini. Kenapa begitu? Benci karena jenis musik ini begitu populer? Atau karena musik ini tidak enak didengar? Musik kok ada suara mamut lagi nguap sih.

Dave Grohl, dedengkot dari Foo Fighters, ketika menerima Grammy Award di kategori Album Terbaik melalui album “Wasting Light” di tahun 2012 secara tidak langsung telah menyatakan sikap anti-EDM.  Berikut pernyataannya:

“To me, this award means a lot, because it shows that the human element of music is what’s important. Singing into a microphone and learning to play an instrument and learning to do your craft, that’s the most important thing for people to do. … It’s not about being perfect, it’s not about sounding absolutely correct, it’s not about what goes on in a computer. It’s about what goes on in here [your heart] and what goes on in here [your head].”

Win Butler dari Arcade Fire dan Alex Turner dari Arctic Monkeys juga menyatakan hal yang kurang lebih sama maknanya di kesempatan yang berbeda.  Benarkah begitu? Mari coba diurai.

1. EDM itu terdengar sama

 

Coba simak dengan seksama dua video musik di atas. Apakah masih terdengar sama? Kalau iya, sebaiknya berhenti dulu baca tulisan ini, push-up dulu 20 kali, lalu coba cermati gambar di bawah ini:

edm-sub-genres-li

Penat ya liatnya? Sama. Tapi agar tulisan ini jadi penad memang seyogyanya disisipkan gambar tersebut.

2. EDM itu bukan musik

Oya? Musik elektronik sudah ada dari seratus tahun yang lalu. Jauh sebelum blues atau jazz. Konsepnya sudah dimulai oleh seorang futurist bernama Luigi Russolo dengan Art of Noises-nya. Donna Summer dengan bantuan Giorgio Moroder (iya Giorgio Moroder yang dijadiin judul lagu oleh Daft Punk)) sudah memulainya dengan aliran musik disko di tahun 70an akhir. Tarik ke belakang lagi Kraftwerk sudah memulai musik elektronik di Jerman sana. Maju ke depan di tahun 80an kita tahu new wave (yang banyak didominasi instrumen elektronik) adalah yang menguasai pasar musik. Maju ke depan lagi di tahun 90an kita punya Chemical Brothers, Fatboy Slim atau Tiesto. Mereka semua musik elektronik bukan?

3. EDM dulu tidak sebesar ini.

Mungkin ini salah satu penyebabnya. Musik ini begitu dibenci karena industri ini begitu besar dan sangat rapih pengorganisasiannya. Di tahun 2013 saja industri ini (Even-Driven Marketing banyak orang memparodikan), mengalirkan uang sebanyak lebih dari $6 milyar. Itu artinya Madonna, Bruce Springsteen, dan Roger Waters dikalahkan oleh tiga orang DJ bernama Avicii, David Guetta, dan Zedd secara keseluruhan dari segi pendapatan. Ya faktanya memang begitu. Menyedihkan? Saya tidak tahu. Tapi itu uang yang sangat banyak.

4. EDM itu mengundang pendengarnya memakai narkoba

Banyak yang bilang kalo datang ke perhelatan EDM itu gak asik kalo sadar. Harus ada substansi. Hmm.. Mungkin benar. Tapi bukankah banyak musisi rock dan penggemarnya juga yang “terjerumus” narkoba? Kita juga sering melihat berita di televisi tawuran di perhelatan musik yang biasanya dimeriahkan oleh musisi dangdut. Biasanya para pelaku dalam pengaruh alkohol. Oplosan kebanyakan.

5. EDM itu murahan dan komersil

Mungkin murahan. Mainstream? Ya. Komersil? Itu jelas. Lagu yang paling banyak didengar di Spotify saat ini dipegang oleh Avicii – Wake Me Up. Sudah dengar lagu Coldplay – Sky Full of Stars? Atau coba lihat dan dengar iklan-iklan di televisi lokal saat ini. Banyak iklan yang dihiasi oleh musik dari jenis EDM. Atau yang terbaru coba simak trailer dari film Supernova. Novelnya yang pertama saya suka sekali. Lihat filmnya? Mbuh. Pasti tidak akan sebagus bukunya.

6. DJ itu bukan musisi & tidak membutuhkan bakat untuk memainkan EDM

Mungkin ada benarnya pernyataan ini. Tapi siapa yang peduli? Selama DJ bisa mengajak banyak orang bergoyang, berdansa, memenuhi banyak festival yang diadakan–sebetulnya mereka sudah sukses melaksanakan tugasnya. Mereka mungkin tidak begitu peduli dengan kata seni. Kalau mau liat seni silakan pergi ke museum terdekat. Itu mungkin yang akan mereka bilang. Bakat? Pernah dengar kata punk-rock? Apakah Sid Vicious–salah satu personil dari Sex Pistols–bisa memainkan bass? Apakah para personil The Ramones adalah musisi yang berbakat?

“Jadi anak EDM mana lo? DNB ya? Maen di berapa BPM? Ada tiket DWP lebih gak? Mau dong. Pengen hacep nih, Bruh!”

 

nb: (gambar saya curi di google)

 

Iklan

160 thoughts on “EDM itu musik sampah

  1. Yakin sudah ada sebelum blues dan jazz? Yakin? Suerr?? Sebelum ada gitar elektrik? Yakin? Dipikir lagi dehh… klo judge jg kasih berita solid..edm susah? Susah mna sama main orchestra?

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sampah? seenaknya nge-judge -_- daripada ngejelekkin EDM, mending coba introspeksi diri sendiri min. semua orang punya selera yg beda. Mimin aja yg terlalu berlebihan. Atau iri GAK BISA bikin musik EDM?

    Disukai oleh 1 orang

  3. Ini majas toh ? 😅 Sorry gua bodo terus maaf nih sebelumnya gua juga agak emosi baca nya ,Klo ini artikel yg bukan Majas ,Mungkin gue bilang nih tolol banget yg bikin ,apalagi pas ngebandingin antara Skrillex dan Avicii ,Klo itu bukan majas ,lu bener tolol banget dah ,sorry and thanks untuk pembelaannya ,itu yg komennya negative mungkin kagak suka dunia literasi kayak nya ya😅

    Suka

  4. setuju ama pendapat foo fighters!!! pemain edm itu jauh dari kata musisi! simpel, gitar/drum/piano etc adalah alat musik. dan pemain nya disebut musisi. mesin dj apakah alat musik??? krn dibuku pelajaran dr dulu ane ga pernah baca kalo mesin dj masuk kategori alat musik. angklung masih masuk

    Suka

    1. Itu alat buat ngemix beberapa lagu ,Klo bikin lagu EDM itu Pake Laptop dan Alat musik seperti piano drum dll ,Klo gk tau EDM jangan belagu ,dasar Cupu

      Suka

  5. Ping-balik: LINIMASAKami
  6. …salut wa ame artikelnya bro..
    jadi lebih paham same gendre musik EDM..

    ame ntu orang” yang sering menghujat musik EDM..lu pade kenapa sirik sihh…
    pendapat orang beda”..kesiringan dangdutan sih :v:3

    Suka

  7. bukan mengkritik admin tetapi agak gk stuju sama pernyataan dj bukan musisi
    dj bukan musisi??
    pada dasarnya dj harus mampu menguasai teknik memainkan alat musik biasa, dj juga dituntut untuk merasakan musik dan menyatukan jiwa pada musik sehingga dapat merasakan feeling yang sangat baik untuk memunculkan ide me remix ataupun mashup.. seorang dj juga dapat menciptakan lagu yang pada dasarnya berbasis instrumen musik pada umumnya seperti piano. Para dj yang menjadi musik producer membuat melodi menggunakan midi controlller yang pada dasarnya piano. Seorang dj juga memiliki rumus dan perhitungan yang tepat dan cepat serta akurat sehingga para dj mengetahui kapan dan dimana harus memulai untuk memasukan lagu berikutnya tanpa berhenti.. Alangkah indahnya jika dj meremix lagu tanpa disadari oleh pendengar. maka dari itu menurut saya dj juga seorang musisi karena dj juga harus mengerti kunci lagi dan tangga nada. FYI lagu jenis Elektronik juga memiliki kunci lagu pada umumnya. Rumus chamelot wheel juga merupakan rumus mencocokan lagu yang sangat umum untuk dj chamelot wheel memiliki rumus pengurangan dan penjumlahan. Dj biasa ataupun yang menjadi musik producer juga harus paham perhitungan bar dan dapat mengetahui bar ganjil dan bar genap seperti pada halnya memainkan alat musik biasa. Jadi menurut saya seorang dj memerlukan dasar dasar pemahaman yang dimiliki oleh para musisi yang pada umumnya.. yang komen jelek2in edm saya sih gk terlalu serius tetapi tahun ini edm hampir merajalela kan? itulah kalau kalian meremehkan sesuatu maka hal itu akan semakin kuat. tanggapi positif aja bro support dj lokal support producer lokal baik edm ataupun bukan emang gak bangga kalo di tomorrowlan tiba2 ada bendera indonesia berkibar di tangan seorang yang hanya kalian juluki colok usb?

    Suka

  8. Gw cuman tinggal liat cewe2 seksi ama artis2 ABG jadi DJ udah cukup bukti betapa TIDAK PERLU NYA SKILL untuk menjadi DJ. Trus sok asik deh goyang2.

    Suka

    1. Dear, Dwarf shortage, dan yg sejalan dengannya.

      Soal image yang anda katakan, “seksi”, itu hanya bagaimana pribadi orang itu membawa image dasar, ke dalam dunia edm. Tidak perlu juga menghina orang yang berimage “seksi”, tak sedikit mereka yg berimage tsb sesungguhnya adalah orang baik. Tidak ada yang tau sebenernya mereka seperti apa, Berdasarkan apa yg saya kenal, saya banyak kenal dengan orng-orng berimage seperti itu bahkan lebih parah, awalnya memang saya under estimated, tp stlh saya kenal, mereka baik kok, dan kalau dibilang “penggoda”, itu bagaimana iman kita menanggapinya, anda sadar diri-mereka jg akan sadar diri.
      Dan sekali lagi, EDM-NonEDM sekalipun bukanlah sampah, itu adalah seni, sama perdebatannya antara RealSport VS E-Sport, tp keduanya sm sm Sport, hanya beda dunia saja.

      Image EDM memang bisa dibilang sedikit tercemar dengan munculnya oknum,dan pihak pihak yg menyalahgunakan EDM, tapi sesungguhnya EDM bukanlah hal yg buruk, suatu musik yg mengikti era peradaban, itu adalah hal yg positif jika memang kita bisa menyaringnya. Tidak bisa kita selamanya tergantung dengan alat musik Non-EDM. Lagi pula sekarang alat musik Non-EDM sudah banyak yg digital/elektrik, misalnya: Drum Electric,Gitar Electric,Bass Electric,Keyboard(Piano versi electric),bahkan alat musik jaman dulu sekalipun seperti Violin Family(Violin,Cello,Bass) atau Biola, sudah ada yg elektrik, apa itu bisa dibilang bukan perkembangan jaman? Kita tidak bisa menghindar dari perkembangan jaman, karena memang manusia tdk akan berhenti berkembang. Pesan saya adalah hargai lah semua perbedaan, lagi pula saya juga ada di kedua bahkan ketiga dunia itu, Musik EDM (Ya) – Musik Non-EDM (Ya) – Musik Classic semacam Violin/Piano (Ya), tidak hanya berdiam di 1 hal pun adalah hal yg bagus. Setiap orng bs kok jd professional, asalkan temukan bakat-jalan-dan mau belajar. Lagipula EDM dan Non-EDM juga bisa bersatu kok, Banyak juga kok yg collab antara DJ dan Drummer/DJ dan Band/DJ dan Gitarrist,dsb.

      Thanks,

      Suka

  9. dengerin lagu edm sama linkin park saja lah
    dulu memang suka metal cuman keadaan sedang trauma soal masalah kegelapan
    diblogger duniaandromedia ada nama ariel dalam daftar penguasa kegelapan ada ngaruhnya juga sama musik metal yang identik dengan warna hitam jadi nggak bisa dengerin lagu metal sorry yang situs tadi yang dikirim bilang EDM itu sampah maaf anda tidak mengerti hobi orang musisi edm juga pengen cari duit
    lp rock bukan metal
    #SAVEEDM

    yang punya nih situs goblog

    Suka

  10. Musik EDM menjadi terkenal karena banyak yg suka..dan suka itu berasal dri diri sendiri tanpa paksaan…setiap orang beda kesukaan…kalau soal NARKOBA dibawa pas konser EDM itu tergantung dari diri sendiri mau niat nonton apa niat nge flay…lagian paati di setiap konser pasti ada police dan sebagainya. ..kuncinya saling menghargai itu penting!!! :v….

    Suka

  11. Hallo.. dibaca dulu semuanya.
    Kakak ini tidak menghina EDM.
    Hanya judulnya Saja yg bikin tercengang, aduuhh kalian ini sudah marah-marah aja, memang gak baca sampai akhir ya?

    Disukai oleh 1 orang

  12. Eh anjing… gua tantang lo bikin musik EDM… berani gak? bisa gak? kalo gak bisa gak usah bilang EDM itu sampah, sesampah-sampahnya EDM lebih sampah lagi orang yang gak ngerti seni EDM. Bacot lo kayak anjing ngegonggong aja…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Gk selalu mangundang pendengarnya untuk mengkonsumsi narkoba juga sih… kalo si pendengernya punya iman setebel-tebelnya gk bakalan keundang sama yang gituan…. banyak kok yang suka EDM tapi ga nyampe se segitunya kok….. gk ada salahnya kok ngedegerin musik EDM untuk refpresing atau menghibur diri kita …. kita hargain aja karya mereka,,,, kalo g suka gausah bilang ”sampah” juga sih…100% RESPECT!!

      Suka

    2. Tinggal rusakin aja dispenser mas. SUaranya gini:jwksxoapadkwllsflwlapxkxxkfdnankaqllskwlalslhejejejjejejejehwjwj. Yang buat artikel ini saya doakan kau agar sukses dan menghindar narkoba dari EDM sampah itu. ARTIKEL INI EMAS

      Disukai oleh 1 orang

  13. Mungkin saya hanya sedikit meluruskan, EDM merupkan musik jenis modern. Berdasarkan sub kategori internasional,EDM masuk dalam sub musik modern. Soal musik yang sifatnya hanya bermodalkan usb? Saya rasa perlu sedikit ralat bahwa tidak semuanya menggunakan usb. Turntable standar umumnya bisa menggunakan 2 tipe yaitu disc atau usb(usb inject/pc hub). Lagi pula EDM terinspirasi dari musik musik non digital kok. Seperti guitar, drum, piano, dsb. Coba perhatikan sejenak musisi EDM, beberapa masih mahir menggunakan alat musik.
    Kalau ada yang mengatakan untuk menjadi DJ tidak perlu skill/bakat, saya rasa ada kecenderungan salah. Untuk sekedar bermain DJ Equipment memang bisa tanpa skill, tapi minimal tahu fungsinya per knob. Tapi untuk menjadi Real DJ/DJ Producer tidak semudah yang dikira, karena untuk membuat sebuah musik minimal tahu basic dari beberapa alat musik. Kalian tahu FL Studio dan Ableton yang biasa digunakan para komposer dan DJ untuk membuat zebuah lagu? Untuk menggunakannya dengan 100% control maka perlu mengetahui dasar musik dulu. Karena tak semuanya instan. Kita perhatikan Kygo, salah satu DJ Producer yang juga seoarang Pianis…
    Soal narkoba, penyebab narkoba bukanlah musik itu sendiri, melainkan mental pribadi penggunanya, saya rasa anda salah mengerti tentang ini.
    Jadi berpikirlah positif terhadap banyak hal..
    Jangan menjudge apabila anda belum pernah observasi lapangan..

    Suka

  14. Kalau kamu belum merasakan dan menikmati musik EDM sebaiknya gak usah bikin post yang jelek²in EDM kaya gini !!!, disini gw Raver, gw fans fanatik EDM.

    Suka

    1. Baca dulu yuk semuanya ampe abis. Jangan kayak baca Tabloid Lampu Merah.
      Raver yaaa.. bagus dehhh. Pake istilah 90an. Rave sudah ada sebelum Hardwell kan yaaa..

      Suka

  15. Menurut saya, musik itu akn slalu brkembang sesuai jaman dan teknolgi.
    Dulunya instrument akustik : gitar, drum, dll itu dicptakan utk mnghasilkan suara musik yg kta smua knal saat ini.
    Seiring jaman, khsusx prkmbngan kmputer, maka pngolahan suara dan bunyi2an itu tdk trbtas pda instrument2 akustik di atas lagi.
    Tapi dgn kmampuan prosesing sound dikomputr, maka sampel, efek atau bntuk suara/bunyi2an apapun, baik itu suara2 alami dari alam, benda, hewan dll, dapat dieksplorasi, direkam, lalu diaplikasikan pada aransemen musik yg dibuat mnjadi suatu komposisi nada yg brsifat melodis.

    Jadi, ringkasnya dalam edm itu :
    SUMBER SUARA : SUARA ALAM, BENDA, ATAU SUARA SINTETIS

    PENGOLAH SUARA/NADA : SAMPLER, SYNTHESIZER, SEQUENCER, LAUNCHPAD, SOFTWARE KOMPUTER

    Nah disinilah trkdang edm dipandang sbg musik palsu, atau mngkin MUSIK ABSTRAK, sebab :
    1.SUMBER SUARA nya yg luas, tdk trbatas hanya pda satu instrment trtentu sja, shingga orang2 akan brpkir “jenis / efek suara kyak gitu ngambilnya dri alat apa ya ???, klu diblang suara gitar, bukan.diblang suara piano, bukan jga !!!”

    2.PERANGKAT DLAM MNGOLAH MUSIKnya juga abstrak, trutama saat sang DJ tampil live, sbgian bsar DJ itu hnya memutar pre recorded, dan skali lgi itu smua trkesan sangat abstrak utamanya bgi orang2 yg hnya mengamati edm scara skilas saja.
    Bandingkan dngn real instrument yg jelas2 sangat real di mata smua org.

    Suka

  16. YAp, EDM itu seni bro.. Ane tau bahkan dari genre post hardcore.. Band “I See Stars” disitu banyak sentuhan edm nya yang nyatu sama music hardcore nya. Disitulah seninya..

    Suka

  17. Dave Grohl bilg “itsabout whats going on in your heart , and your head”…emangnya EDM gak punya.
    Bilg sama dia, sering2 Streaming playlist nya Vanic, KSHMR, sama AVICII…
    saya pastikan dia akan brubah pikiran…
    #Setuju?

    Suka

    1. Colok flashdisk? Lo colok tuh flashdisk ampe nyala. Emang DJ/producer bukan pekerja seni huh? Lo buat 1 lagu aja butuh beberapa hari bahkan beberapa bulan. Gak semudah membalikan telapak tangan cess

      Suka

  18. nih yg komen2 tipikal facebook reader,
    baca judul and marah duluan, baca isi artikelnya mah gimana ntar..
    hahaa…

    anyway,
    edm ada yg enak, ada yg nggk
    rock ada yg enak, ada yg nggk
    begitu pula dengan pop, dangdut, jazz, hiphop dst dst..

    klo kata gue sih,
    hidup terlalu singkat untuk ngedengerin satu genre musik doank,

    Suka

  19. namanya perkembangan musik bray, semakin lama semakin berkembang, manusia pasti bakal punya titik jenuh terhadap suatu selera, maka terciptalah genre musik yang baru seperti sekarang yaitu EDM, jaman 40-an populer dengan broadway dan blues,tahun 50-an dengan jazz,tahun 60-an populer akan rock nya,jaman 70-an dengan disco nya, jaman 80-an dengan softrock nya.. jadi selera musik itu selalu berubah bahkan berkembang atau bisa jadi ntar selera musik akan balik lagi ke tren musik sebelumnya.

    Suka

  20. ane nggak setuju kalo EDM dibilang musik sampah.. karna ane udah beberapa bulan kebelakang mempelajari musik EDM, pengen produce musik EDM, bukankah membuat suatu nada itu adalah seni, bahkan nada yang tersimpel pun itu adalah seni, nada itu ada di setiap lagu, apapun GENRE nya, memang.. kalau orang hanya sekilas mendengar ini musik memang terkesan gak ada seni, glutak glutuk gak jelas, dan terkesan sama, namun sebenarnya TIDAK, Armin, Martin, Alesso, Skrillex, Aviici, Tiesto, KSHMR, Rehab, Steve Aoki, Zedd, mereka memiliki karakter musik masing, dan kalau di cermati, di dalam musik EDM banyak mainin feel kita, benar2 naikin adrenalin si pendengar. tidak mudah membuat suatu rangkaian nada yang membuat ribuan orang bergoyang, bukan kah kita sebagai musisi sukses jika mampu membawa pendengar terlena dengan lagu yang kita buat, dan dari pengalaman saya dalam membuat lagu, EDM benar2 yang paling rumit, dalam membuat musik EDM banyak hal yang harus difikirkan, tidak seperti band2 pada umumnya suara gitar bass drum piano sudah umum di telinga kita dan bunyi nya pun pasti seperti itu, berbeda dengan EDM, setiap nada setiap suara producer dituntut untuk membuat suara2 sendiri untuk membentuk suatu lagu, pekerjaan musik EDM benar2 Detail, jadi siapapun yang membuat musik2 EDM itu benar2 membutuhkan kesabaran yang luar biasa, dan yang jelas jangan di samakan antara DJ dengan si producer musik, kalau menjadi DJ saya setuju kalau tidak membutuhkan bakat, yang dibutuhkan adalah ketelitian si DJ, sedangkan si Producer musik sebagian besar memang membutuhkan bakat dalam bermain musik dan yang lebih penting seberapa keras si producer berkerja keras dan berusaha. jadi sebelum nulis statement mending di pelajari dlu, jangan karna artis berkelas bikin pernyataan, ngikut deh berkoar si tong kosong. kasian..

    Suka

  21. SEJAK 2009 SAYA SEBAGAI PECINTA EDM MUSIK DAN TOMORROWLAND MALU SAMA KOMENTAR YANG MERASA EDM DIHINA, KALIAN SALAH BESAR. BAYANGIN AJAH SEJAK 2009 SAYA BELA*IN NGUMPULIN DANA PRIBADI HINGGA 2012 MENCAPAI HAMPIR STENGAH M BUAT IKUT TOUR TOMORROWLAND DAN EDM. SAMPAI TAHUN 2015 BULAN DESEMBER DANA ITU BARU HABIS DAN KEPUASAN YG SAYA DAPAT. KALO NGAKU CINTA EDM AUTHOR DI BACA DULU DENGAN TELITI TULISAN.YBARU KOMEN.

    Suka

    1. Woy deva,, punya otak buat mikir ga??? Artikel ini adalah artiket terbagus yg pernah saya baca dalam topik edm.
      Ini bukan hinaan, tpi ini adalah kata-kata motivasi.
      Dan yang kau bilang Skrillex itu dubstep, dan avicii itu electro house itu benar, tapi music yang di aransemen meleui electronic itu semuanya EDM, Apa pun jenisnya.
      Kalau masih merasa bodoh, coba kamu lihat di edm.com itu semuanya ada di situ mau skrillex kah avicii kah atau hardwell,,
      Yg jelas EDM itu untuk semua music electronic

      Saya seorang dj yg bekerja di lebel owsala , punya skillex

      Disukai oleh 1 orang

  22. Gini loh gini. Lo mikir kita sebagai producers buat musik hanya 1x klik. Musisi bisa buat 1 lirik dan kunci trus rekaman dalam waktu paling lama sebulan lebih, sementara producers butuh waktu berbulan bahkan bertahun tahun buat dapet mix yang bener, dan juga buat dapet lagu yg variatif tapi ga over. Gua bener bener kontra banget asli sama pendapat itu orang, kalo bisa, Coba lo buat electronic dance music. Lo bisa ngomong gini karena lo belom ngerasain struggle of making one electronic dance music. Dan lo bilang dj gabutuh skill. Halo? Kalo gabutuh skill, gimana seorang Martin Garrix bisa terkenal? Lo kira dulu dia sekolah disekolah biasa? Dia sekolah di sekolah khusus producers, dan pasti dapet juga pelajaran DJ. Kalo dj gapunya skill, bahkan start button pun pasti dj gaakan tau itu fungsinya buat apa. Kenapasih masih ada orang yg buat statement bodoh gini? Oh ya, satu lagi. Maaf mungkin gua terlalu into this statement, tapi gua bener bener gasuka dengan how you call us as the producer itu mainstream dan komersial. Buanglah dimitri vegas& like mike dan semua orang yang di ghost produce sama maarten vorwerk. Coba liat armin van buuren, gua big fans dia, bukan karena dia lagunya hebat dll, tapi karena dia inspirator dan hardwork producer juga, dan lagunya pun ga mainstream, karena gua liat sendiri semua video tentang pembuatan lagu dia and I admit that’s not as easy as you, the fuckguy talking about. So think again man, je bent zo dom te zeggen dat.

    Suka

  23. buset dah ni yang marah2 pada jelek nilai bahasa indonesianya ya?
    dulu sekolah dimana? baca dulu yang bener. ngerti artikel sarkas ga? eh maap saya bikin simpel, ngerti sindiran ga?
    ini author, FIX suka edm. bentuk protes itu ga mesti frontal. kaya gini kan selow. cuma kalian para poser (fanboy dan fangirl) yang ngertinya cuma EDM tanpa tau rootsnya pasti bakal kesulut emosi cuma liat dari judul. so, baca dulu yang bener guys 😉

    saya izin share ya. based on 14 years of musical experiences. mudah2an bisa bantu author. hihihi

    buat saya EDM itu musik. musik itu seni. “seninya EDM itu gimana caranya supaya kalau 1 lagu dimainin sama 5 DJ bakal ada 5 lagu yang berbeda”. ada yang ngerti caranya? ya itu yang mixing, advance mixing, creative mixing, EQ mixing, freestyle. disana seni live-nya EDM. itu pelajaran pertama saya sebelum jadi DJ dan produser. trus produce musik EDM itu perlu ketelitian, kuping harus bagus itu seni studionya EDM. sama seperti dengan musik konvensioanal (Band). sejak SMP saya pun juga masih merasakan sampai sekarang seninya Live di band dan di studionya. semua ada seninya. jadi buat saya BAND dan EDM itu seni.
    T.A.P.I saya akui kalo sekarang banyak orang2 yang mengakui dirinya sebagai DJ (disc jockey). buanyaaaaaak banget. nah, itu yang bikin EDM mulai dipandang sebelah mata. pasti ada disekitar kalian orang yang baru denger EDM trus beli DJ controller trus udah ke-PD-an main di depan teman2nya. ada kan? buanyak! nah kuman2 kaya gini nih yang bikin EDM jelek. musik itu seni, seni itu perlu belajar, belajar itu dimana? bisa dari sekolah, Youtube, atau sumber lainnya. saya sendiri dulu sekolah DJ dan bisa lulus dengan cepat karna sudah ada dasar di musik konvensional (sekolah DJ mahal emang, jadi kalo lama2 ya maikn banyak pengeluaran). namun sayang, banyak orang di luar sana berpikiran “EDM itu gampang, ga usah masuk sekolah DJ, liat youtube aja, jadi. kan cuma nge-play dan stop doang” setuju kan banyak yang berpikiran demikian? mereka itu yang SAMPAH!! orang yang tidak bisa menghargai proses dalam berseni.
    so guys, buat kalian yang suka jenis musik EDM, jangan cukup suka aja dan ikut angkat2 tangan waktu di rave atau di club, pahami subgenrenya, filosofinya, dan prosesnya. pasti kalian bakal paham EDM dan sadar kalo yang bagus tu ga cuma Aoki, Guetta, Zedd, Hardwell, dan DJ2 yang katanya ‘hacep’ lainnya. karna, sejujurnya buanyak yang lebih bagus dari mereka, dan musikalitasnya bagus. yang bisa bikin kalian nangis, merem, senyum, ketawa2, pengen loncat, pengen berantem. dan satu hal penting, menikmati EDM tidak harus dengan alkohol atau drugs. sudah bertahun tahun saya perform di Band atau DJ/Producer saya TIDAK pernah menggunakan alkohol atau drugs sebagai “dopping” cukup air putih dan niat buat bersenang-senang. itu sudah sangat cukup. cuma pengecut yang kampungan yang bilang “aduh belum nyimeng nih” atau “kalo belom mabok ga enak”. seni itu keindahan guys, jangan dirusak sama hal begituan. walaupun EDMC (electronic dance music culture) di negara barat sana tidak lepas dari drugs, alcohol. kenapa ga kita bikin EDMC ala Indonesia, ya ga?
    have a nice day you all.

    Disukai oleh 2 orang

  24. Kalo menurut gw edm juga termasuk seni sih tapi unsur seninya kurang kental. Kasarnya kaya lo ngewarnain gambar lingkaran di Ms.paint dan lo ngewarnanin lingkaran secara manual ajasih. Jadi kalo dibilang edm lebih susah dari genre musik lain menurut gw salah bgt. Buktinya skrillex gabisa maju di metal tapi bisa ngetop di edm.
    Dan kalo menurut gw seni sejati tuh ketika led zeppelin mengasingkan diri disebuah pedalaman desa di inggris buat nulis lagu Stairway to heaven dan ketika Metallica bawa 10 kontainer peralatan mereka buat konser di jakarta. That’s the trully fuckin art

    Suka

  25. Yo bro santai bro lu tau gk lu tuh udh ngehina edm bro.lu emg tau softwarenya?emg lu tau alatnya? gimana cara mainya?.eh tong lu kira gampang bikin musik edm,gw pernah nyoba dan gk segampang yg lu kira.musik edm musik sampah gigi lu meletak. Mending lu pulang ke ruah cuci kaki minum susu tidur. Dr pd lu ngina edm.emg anak edm ngina pop atau jazz dll.

    Suka

  26. Hae… Yg komen cuma fanboy n fangirl… Baru baca judul udah kebakaran jenggot… Ckckck… Abis “naek” broh/sis… Selowlah dikit… Santai aja. Cuma masalah like n dislike doang sampe naek darah… Suka dgrin, ga suka ya udah ga usah… Yg suka musik EDM… Gw tanya pendapat lu smua ttg musik dangdut., koplo dll.. paling bilang Kampungan, dll… Pada ga nyadar ini blog? Suka2 bloggernya, ini opini mnrt blogger…
    Tiap org pny kuping masing2 kali… Selera masing2…
    Selera masakan aja bisa beda2… Ada yg suka pedes, asin, manis…
    Hahahaha ketawa aja gw liat komen2 fanboy fangirl…

    Buat semuanya inget MUSIK ITU LUAS BRO SIS… GA ADA BATASANNYA…

    Suka

  27. yang suka indie harus tetap idealis, jangan komersil, jangan ikut terpengaruh, toh nanti juga gabakal lama pamornya turun. tetap musik dari british seperti stones, ledzeppelin, beatles, mereka tak akan pernah mati ditelan zaman. musik edm mah gampang, anak band yang professional juga bisa buat musik edm, karena kesehariannya yang bertemu dengan amplifier dan alat lainnya, mereka lebih mudah memainkan musik edm. Skrillex aja dulunya mantan anak metal, bisa secara mudah gampangan jadi dj kan?

    Suka

  28. Hahaha BITCH! Adminya bener bener ngerjain EDM maniac…. judul ganti ah… biar gak pada esmosi duluan tuh FANSBOY/GIRL nya EDM.
    BACA DULU SAMPE SELESAI WOY! Jangan EMOSI SAMA EGONYA DOANG DIGEDEIN

    Suka

  29. musik adalah seni mengolah bunyi sehingga bunyi tersebut memiliki irama,melody dan harmoni yang terstruktur. soal suka ngga suka pada genre musik tertentu itu selera personal. tapi alangkah baiknya jika kita tidak menutup diri dan menghargai semua genre musik, agar wawasan dan kemampuan seni bermusik kita makin berkembang ^_^ V

    Suka

  30. NGOMONG MEMANG GAMPANG MIN . DOWNLOAD DULU ABLETON , FL STUDIO DI KOMPUTER LU. BISA GA BIKIN MUSIK LO DI DAW ? BUKTIIN DULU JANGAN SPEAK AJA. OK? JANGAN DANGDUT JA LO DENGERIN . KEWEH NGAJAK LEME DESE KENE ..

    Suka

  31. Bruakkakakakkak
    Sabar ya Min, yang komen pada katrok …
    Panas gara gara judul …
    Gak baca sampe abis artikelnya …
    Ngakak guling guling …

    Suka

  32. dream theater,opeth,neo classic,….skill nya kaga bakal kekejar sama musisi edm cuma maen softaware doang lagu easy listening bosen… mainstreem di kulik juga gampangan kaga ada tantanganya….

    Suka

  33. Jujur aja, nggak suka semua musik aliran elektro dan nggak paham apa daya tariknya. Semuanya kedengeran berisik kayak alat elektronik yang kalau rusak bikin bunyi-bunyian. Kebanyakan orang deket juga nggak suka. Ya, apalah. Mungkin memang bukan selera saja. Saya pribadi suka beberapa lagu si David Guetta (She Wolf sama Titanium) dan Wake Me Up-nya Avicii juga bagus, tapi.. sebenernya saya tetep jengah denger bagian elektronya dan pengennya bisa modifikasi, dihapus dari lagu, untuk konsumsi pribadi.

    I hope no one take offense. Tidak ada sarkasme, sindiran, atau cibiran di sini. Saya cuma mengekspresikan ketidaksukaan pada musik elektronik. Sebetulnya ini juga cuma nyasar pas buka gugel..

    Suka

  34. Thank you artikelnya. Aku sendiri merasa tak ada musik yang mengerti diriku sebaik EDM. Dari jaman new wave hingga sekarang FKA Twigs.

    Suka

  35. sebenarnya salah besar kalau mengatakan setiap musik EDM itu terdengar sama dan membuat musik EDM tersebut tidak semudah dibayangkan karena untuk menguasai penggunaan DAW (Digital Audio Workstation/Software untuk mengaransemen lagu) seperti FL Studio,Ableton,Cubase,Reason bahkan Pro Tools itu memakan waktu cukup lama untuk mengerti menggunakan…

    jadi anda masih mengira bisa membuat EDM? 🙂

    Suka

  36. Pembuatan music EDM (ori) itu sebenarnya butuh tekhnik, ketelitian dan Seni juga. sama dengan alat musik lain nya, cuma EDM mengunakan software yang lebih komplex..

    saya sendriri sudah membuat puluhan lagu EDM, Techno, Trance, Techno-pop, dll..(tidak untuk house music).

    kalo DJ itu bukan Pencipta atau pembuat musik EDM, tugas nya hanya memixing 2 atau lebih lagu, kemudian memainkan kembali dengan teknik yang dimilikinya.

    INTINYA , Kembali lagi kepada peminat nya masing” ,
    anda suka rock,blues,jazz,pop,metal under graund ? tidak ada masalah
    saya suka EDM dan musik” rock-metal juga tidak ada masalah…

    Suka

  37. Artikel yang sangat mendukung musik EDM, tapi dihancurkan oleh komen2 fans EDM yang mengira ini menghina EDM hanya dari judul artikel. Paling mantep emang goyang aja deh pake musik EDM, ga usah mikir sama sekali, iya ga bruh bruh yang rusuh?

    Suka

  38. Waduh… waduh… kenapa pada rusuh gini. Baca semua artikelnya, jangan cuma judulnya.
    Pertama, baca judulnya
    Kedua, baca artikelnya sampai habis
    Ketiga, tinggalin komen
    Makanya jadi orang yang teliti!.

    Disukai oleh 1 orang

  39. smua apa yg telah dbuat mreka ato para musisi termasuk dj yg bisa membuat lagu smua itu patut kita hargai suka ato tidak suka itu smua adalah hak kalian tapi kalian juga tidak berhak menghina ato menjelekan itu smua karna itu karya seni yg amat sangat susah dbuat dan patut kalian hargai……..

    Suka

  40. Gw liat banyak komen kasar yg salah paham gara2 musik favoritny di hina di bagian JUDUL saja..

    Hal ini malah bisa jadi menunjukan banyak penyuka EDM adalah org tak berpendidikan dengan bukti males baca..gagal paham..dan bermulut kotor..

    Ayolah jgn buat genre fav kalian ini jadi jlk gara2 kalian sendiri..

    Disukai oleh 2 orang

  41. biasakan mendengar dan lebih mentelaah jan hanya tau luarnya saja, kalo mau edm seni yaa coba denger uplifting trance. saya sendiri juga membenci apa yg dimaksud hacep oleh anak muda sekarang tapi ada benernya sih lagu edm sekarang terutama house lebih mencari komersil semata dengan memasukkan nada unik dengan kick dan bass yg megah yg menurut saya kurang kreatif dan monoton saja. makasih

    Disukai oleh 1 orang

  42. Kita gak boleh asal komen pendapat orang lain hanya demi meluapkan amarah kita,setiap orang bebas menyampaikan pendaapatnya tentang apapun karna itu hak mereka , buat para pencinta edm gk ush kebawa emosi mungkin yang nulis artikel ini kurang suka sama edm dan kurang pengetahuannya tentang edm, buat pencinta edm calm down aja kasih tau orang orang yg menganggap sebelahmata tentang edm supaya mereka tau apa sih sebenernya edm itu dan kalo gini caranya kalian sama aja ngejelek jelekin edn karna komentar kalian jafi hater atau orang yg gk suka edm semakin berfikir “ih pencinta edm gitu bgt ya bahasanya jelek nih pasti gara gara musik edm” kan gk enak kalo gitu sebaiknya yaaaa sharing aja sama orang yg udh jelek jelekin edm biar mereka tau yang sebenarnya dan berhenti memandang sebelah mata tentang edm, sekali lagi jika ada kata yg slah mohon maaf Im only human 🙂

    Suka

  43. Kalo mau komentar harap baca dulu sampe tuntas, jangan hanya baca judulnya kemudian terbawa emosi, saya pencinta edm, menurut saya edm itu music yang bisa bikin orang happy, memang kebanyakan orang menganggap sebelah mata tentang aliran musik itu sendiri dikarnakan edm identik dengan DJ, dunia malam, drugs and drunk, menurut saya itu kembali kepada diri sendiri masing masing edm gk bisa disalahin sebagai penghasut orang ngedrunk atau hal negatif yg lainnya, edm hanya aliran musik yang tujuannya bikin orang happy, namanya juga electro dance music gituuu ya tujuannya bikin orang menari nari sesuka hati supaya pendengarnya happy, jadi edm itu bukan suatu aliran music sebagai penghasut orang ke hal hal yg negatif masa iya di acara edm kyk misalnya dwp panitia dwp atau mungkin djnya bilang “woyy ayo make narkoba ayo mabokk” gak mungkin kan kecuali dj atau panitianya ngasih instruksi kepada penonton buat bawa narkoba,sekalinya ada penonton yg bawa narkoba itu karna kemauya masing masing seperti yang saya bilang kembali kepada diri masing masing,,pokoknya intinya edm itu dimata saya hanya aliran musik yang berusaha membuat pendengarnya feeling happy , pendapat orang beda beda , jika ada kesalahan kata atau menyinggung mohon maaf 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  44. EDM itu menurut gue musik yang paling enak di dengar, ngilangin stress hacep bgt lagu lagunya. Lah elo? Emg bisa bikin EDM?? Ngatain murahan segala? Emg lo musisi? Siapa sih lo, kan cuman blogger linglung yg cuman bisa ngejudge doang ! Taek.

    Suka

    1. EDM = Dari Otak -> Komputer -> Otak
      Musik = Dari Otak -> Instrument -> Hati

      Sebenernya lagu Hardrock,Metal,dll. yang jerit2 ga jelas juga punya makna., EX: Lagu B.Y.O.B dari System of a down,
      Pemerintahan Amerika mengatakan kepada warga Iraq bahwa mereka datang untuk membebaskan warga Iraq dari trani dan pemerintahan fasis. Tetapi pada kenyataannya dalam kasus ini Amerika adalah fasis yang sebenarnya.
      Kesimpulannya mereka meluapkan pikiran mereka dalam bentuk lagu Metal.

      Music EDM seninya dimananya? Seni dari pikiran yang ada dan diluapkan maksudnya. bukan seni untuk merancang lagunya, atau teknik2nya. Saya masih meRESPECT Zedd,Avicii,Calvin Harris , tapi kalo sudah sampai Skrillex,Martin Garrix,Deadmau5 itu saya bingung mereka ngapain dan apa yang di tuju.

      Suka

    2. Komentar anda adalah bukti bahwa penyuka edm tidak pandai membaca, budayakan membaca suatu artikel sampai habis. Ga cuma anda doang seh, daritadi saya baca komenan penyuka edm rata2 ga baca sampe abis artikelnya. Anda yg linglung bukan penulis artikel di blog ini

      Suka

  45. emg sama geblek sound sound an nya… coba deh lw donload packs nya di inet ada semua, dulu kemane aja loo loo pada… belom lahir ya?? sekarang aja baru ribut edm.. anak bocah baru belajar dugem ya??ato baru dibolehin emak loo mabok?? yang suka anak edm nih anak anak kecil biasanya baru belajaran software taun 2011 an paling… drdl juga udah ada daftpunk kaleee…

    Suka

    1. gw uda suka EDM dari 2007 njing!. Gak ada genre musik seenak EDM. Led Zeppelin,OASIS,QUEEN,The beatles,Rolling stones,Pink floyd,metallica itu SAMPAH SEMUA,haha. EDM CONTROLLING THE WORLD and DEAL WITH IT!

      Suka

      1. Baca komen lo,gw jd jijik sama lo,lo sebut band2 hebat diatas kaya lo dan musik EDM lo lebih besar dari mereka,mana ada artis EDM bisa live tunggal ditonton ratusan ribu orang kaya stones,metallica,queen,,pernah denger seorang DJ live tunggal di stadion dgn 350 sampai 500rb penonton? GAK ADA…apa ada artis yg bawain musik EDM melegenda sebesar beatles,stones,metallica,queen? GAK ADA. Tapi,hormatilah para musisi legendaris yg punya karya besar dan buat musisi sejati,mari hormati musik EDM yg sedang merangkak naik. Oh ya artis2 EDM pendapatannya lbh besar dr madonna,springsteen,dll ga benar adanya,kekayaan para musisi itu msh jauh diatas para EDM.

        Suka

        1. WOY NOORMAN SIALAN…

          GUE YG SEJUTA KALI LEBIH JIJIK BACA KOMEN LO…

          SEBELUM KOMEN CEK DATA DULU SOMPLAK…
          DENGERIN BAIK2 YAH..

          ROLLING STONE TUH MEMANG BAND ROCK YG BISA KONSER TUNGGAL TERBESAR DI COPACABANA BEACH RIO JANEIRO BRAZIL DENGAN PENONTON SATU STENGAH JUTA (1,5) JUTA ORANG..

          TP ITU BELUM SEBERAPA DENGAN KONSER JEAN MICHEL JARRE..

          TAU JEAN MICHEL JARRE ?? DIA TUH JUGA MUSISI EDM, TRANCE DAN PROGRESSIVE YG PRNAH KONSER TAHUN 1997 DI MOSCOW…DENGAN PENONTON TIGA SETENGAH JUTA (3,5) JUTA ORANG ..

          GUE ULANGI..TIGAAAA SETENGAH JUTAAAA ORAAANNGGNN
          PAHAM LO ??
          CEK AJA CEPAT…

          Suka

          1. WOY LU ANJING YG PAKE NAMA AKU B3NCI NOORMAN GOBLOK
            GUA YG LEBIH BENCI LU 99999999999999999999999999999999999999TRILIUN JIJI LIAT KOMEN LU BABI.
            LU TAU GA ROD STEWART? DIA PENYANYI BERGENRE POP ROCK,IDOLANYA TUH MIC JAGGER TAU GA LU ANJING, DIA NGADAIN KONSER DI COPACABANA ,BRAZIL DENGAN PENONTON TERBANYAK YG MASUK GUINNES BOOK OF RECORD DENGAN 4,2 JUTAA YG NONTON YG NGALAHIN JARRE JARRE YG KATA LU 3,5 JUTA DI MOSCOW, LAGIAN SAAT ITU CUMA BUAT NGERAYAIN ULANG TAUN KOTA MOSCOW,JADI WAJAR AJA 3,5 JUTA ORANG YG NONTON LEBIH FOKUSNYA KE NGERAYAIN ULANG TAUN MOSCOWNYA AJA, JARRE TU CUMA MENGIRINGI SAMA MERAYAKAN TAU GA LU BEGO,,, LAGIAN JARRE JARRE ITU SIAPA SIH, DIA KALAH TEDKENALNYA SAMA ROD STEWART,COBAIN,MORRISON,JAGGER,ROBERT PLANT,LENNON,MCCARTNEY,NOEL,LIAM,MADDONA,BRUCE SPRINGTEEN,ELVIS,JIMI HENDRIX,JANIS JOPLIN….
            BEGO BANGET LU BUAT SUKA SM MUSIK EDM YG JELAS JELAS LIRIK LIRIK LAGUNYA GA BERMAKNA,NADA NADANYA TERKESAN ANEH ,DAN TERDENGAR SEKILAS BEAT SAMA TUNE NADANYA SAMA MESKIPUN JELAS SUARANYA BERBEDA,, TAPI LAMA LAMA EDM 10 TAUN LAGI ANCUR KARENA MONOTON………….
            MUSIK TU HARUS DARI HATI ,JIWA YG DIATUR OTAK BUAT DICIPTAINNYA
            COBA AJA MASIH ADA KURT COBAIN,JIM MORRISON, SAMA JOHN LENNON,, EDM TENGGELAM NJENG KALAH TENAR, MEREKA BERTIGA UDAH GA ADA AJA MASIH TENAR,,….
            LAGIAN MUSISI ITU MENCIPTAKAN LAGU PAKE ALAT MUSIK YG DIGESEK,DIPETIK,DIPUKUL,DITIUP,DIGETAR,DITEKAN KAYA PIANO ,,, EDM ITU BUKAN PAKE ALAT MUSIK, TAPI PAKE TEKNOLOGI YG DI PENCET PENCET DIPUTER PUTER GA JELAS SAMBIL DJ ANJINGNYA JOGET JOGET SO ASIK, GENRE INI KEBANYAKAN DISUKAI SAMA ORANG ORANG YANG GAMAU KETINGGALAN ZAMAN,ORANG ORANG YG GA NGERTI MUSIK,ORG ORG YG CUMA MAU IKUT RAME RAMEAN,IKUT IKUTAN SM ORG YG KEBANYAKAN SUKA,,SUARANYA ANEH KAYA YG SEGALA ADA JUGA DISUKAI ADUHH ANEHNYAAA,
            OH IYA SATU LAGI, LU TAU THE TIELMAN BROTHER GA LU NJENG ? BAND PERTAMA DI DUNIA DARI INDONESIA YG GENRENYA ROCK AND ROLL YG DIIDOLAI ELVIS SM BEATLES ? KALAU GA TAU LU BEGO SM TOLOL LU ANJING, EDM AJA GENRE YG DARI LUAR NEGRI LU TAU,MASA ROCK AND ROLLNYA INDO, SEKALIGUS BAND PERTAMA DI DUNIA ……….
            KALAU SOAL BAKAT, EMG UDH MAINSTREAM KALAU ORG ORGNYA EMG ORG ORG DARI ZAMAN DULU,,…

            LONGLIVE ROCK AND ROLL
            EDM 10 TAUN LAGI JUGA ANGUS

            Disukai oleh 1 orang

  46. iya nih,yang ngomen pada gak baca secara detail. Ini artikel malah mendukung EDM geblek!. makanya dibaca dulu yg bener,jangan asal bacot aja

    Suka

  47. Ini yang pada komen sebenernya pada baca artikelnya nggak sih? Apa cuman baca judulnya doang?

    Bukannya isi artikelnya malah mendukung musik EDM dan membantah judulnya? Jadi bingung deh, pada nggak malu apa…

    Suka

  48. mungkin masbro yg nulis artikel ini suka musik dangdut. Gak bisa terima kenyataan kalo edm semakin menjamur. edm lebih asik daripada musik rock,pop,jazz,reggae. piss off!

    Suka

    1. gw suka musik classic rock tp gw gak setuju sama artikel sampah ini.hormati genre lain dong!,ente ngatain genre edm sampah, menurut gw gak tuh. Gimana kalo genre musik ente dihina orang lain,pasti marah kan? ,menurut gw musikalitas ente dangkal beneeerrrr,ewwww

      Suka

  49. Ya elo ngeritik EDM soalnya musik genre lo uda tenggelam oleh keHEBATAN EDM! uda akuin aja kalo lo iri dengan EDM yg semakin ngeHITS 5 taun terakhir. Sorry to say kalo bilang DJ gak berbakat,emang lo bisa bikin musik EDM?,ato jangan2 lo malah gak bisa main alat musik apapun.wkwkwk

    Suka

      1. setelah lihat postingan ini gue malah tambah suka sama musik edm thanks!
        LOL postingannya iyalah gk bakal suka soalnya denger aja belum……sama aja lu nonton filn china tapi gk ngerti china terus pasti gk sukakan?

        Suka

  50. DJing tidak butuh bakat khusus? Anda bisa DJ?
    Murahan dan komersil? fanbase-nya besar lho, sudah dengar lagu saya?
    Mengundang memakai Narkoba? itu sih urusan pribadi
    EDM bukan musik? sekarang, definisi musik itu sendiri apa sih?
    Semua EDM terdengar sama? udah ke Dokter THT?

    Anda bisa bikin musik EDM?

    Suka

    1. Ooh gini toh orang indonesia itu ?
      Keren banget lo min, salut banget sama lo. pada bego semua yang komen negatif, pada males baca semua
      Btw, gua juga Raver dan gua setuju sama Faishal

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s