Mental Agar Tidak Ment(h)al


Judul di atas harap dibaca dengan pelafalan yang berbeda. Kata pertama, dibaca “méntal” yang berarti lawan kata fisik, lalu yang kedua dibaca “mên-thal” yang dalam bahasa Jawa artinya kalau jatuh. Kalau penggunaan simbol huruf “e” terbalik atau keliru, tolong diperbaiki ya. Dan kalau masih bingung, harap pegangan dulu sebelum cari tahu. Soalnya masalah mental ini… Baca Selengkapnya

Mereka-reka Mimpi


Kita semua punya mimpi. Atau paling tidak, kita semua pernah punya mimpi. Mimpi yang tidak hanya sekedar hadir saat kita tidur terlelap. Mimpi di sini lebih berbentuk cita-cita, keinginan, asa, harapan, yang semuanya kita inginkan bisa terjadi secara nyata dalam hidup. Kita sudah terbiasa punya mimpi sejak kita masih kecil. Mimpi punya mainan yang paling… Baca Selengkapnya

Rasa Bangga itu Pasti Tersirat


Ada cerita menarik dari seorang teman. Cerita lama, yang terjadi waktu dia berlibur hampir satu dekade yang lalu. Waktu itu, dia mengambil cuti lama untuk pergi ke beberapa negara di Eropa. Cukup pantas rasanya dia melakukan perjalanan ini, setelah kerja beberapa tahun di sebuah perusahaan barang konsumsi. Dan dia terlihat sangat menyenangi pekerjaannya ini. At… Baca Selengkapnya

Dor!


Berhubung saya masih sepertiga jet-lagged, jadi kali ini saya biarkan teman-teman saya yang bercerita ya. Satu Me: “Deg-degan gak waktu pacar nembak elo dulu?” KL (teman, 33 tahun): “Deg-degan lah, gila!” “Berapa lama dari deket sampe akhirnya berani ngomong?” “Kayaknya 3 mingguan deh.” “Lumayan lah ya. Ngomongnya gimana?” “Kalo gak salah waktu itu dia ngajak… Baca Selengkapnya

Satu Lagi


Mau curhat. Emang selama ini enggak? Pokoknya dengerin dulu. Oke. Banyakan bahasa Inggris-nya. Sok atuh. Go ahead dong ah. Brisik. Yeee. Buruan. Akhir-akhir ini sering muncul pertanyaan di kepala gue, whether I am relevant or not. Maksudnya? Hmmm … Gimana ya. Kurang lebih seperti ini. You know how the world has been lately, kan? How… Baca Selengkapnya

Tukar Jadual dan Penjara yang Terbawa Kemanapun Kita Pergi


Ketika ada satu dan lain hal yang menjadikan kita berhalangan untuk hadir, maka kita membutuhkan orang lain. Misalnya saja Lei yang tak kuat lagi menahan derita untuk meluangkan waktunya menulis di hari jumat, maka ia bertukar jadual dengan saya. Maka hari ini dan setiap jumat kedepan saya akan mengisi pagi Anda. Salam jumpa. 😉 Ketika… Baca Selengkapnya

Kaka


Media massa seharusnya tak berpihak pada rezim, partai, atau kepentingan manapun. Birokrasi juga. Ia mesin bagi sebuah kendaraan. Siapapun sopirnya sekarang ia harus terus bergerak. Non partisan, tapi manut pada majikan. Beberapa tahun lalu atau mungkin belasan tahun lalu, ketika anak pertama saya masih kecil, dan saat ibunya pergi kuliah, saya memandikan anak saya di… Baca Selengkapnya