Shio di 2019 (3)

SEBUAH polemik superklasik: Tak perlulah bertanya tentang akurasi atau ketepatan ketika berbicara tentang peruntungan shio, maupun versi-versi zodiak lainnya. Selain sia-sia, juga bisa membuat kita kecewa jika sebegitu percayanya.

Seperti dalam tulisan pertama soal ini, saya lebih suka menyebutnya sebagai sekumpulan kecenderungan. Tanpa kepastian dan tanpa kewajiban untuk terlaksana, yang ada hanyalah berupa gambaran potensial. Sebab dari seribu perhitungan, akan ada seribu kemungkinan. Tidak sedikit di antaranya yang justru saling bertentangan.

Mana yang harus dipercaya?

Tidak ada. Itu menurut saya. Mending disikapi layaknya selingan, hiburan, atau sekadar pengingat agar tetap waspada dan berhati-hati dalam menjalani kehidupan.

Sebagai bukan peramal, ahli nujum, suhu, atau medium kegaiban, saya tidak punya kemampuan menerawang masa depan. Narasi peruntungan shio yang dibagi di sini bersumber dari almanak.

Almanak “Tongshu”. Semacam primbon tahunan dan buku pintar metafisika. Selain berisi kalender Imlek dan Masehi setahun lengkap dengan detail karakteristik setiap harinya, juga memuat soal arah baik/buruk, waktu baik/buruk (untuk menikah, meresmikan rumah, potong rambut, dan lain-lain), mengenali pertanda di rumah, serta masih banyak lagi. Terbit setiap tahun, dan bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan sembahyang Tionghoa.
Salah satu contoh almanak Tionghoa.

Biasanya, buku almanak (通書) diterbitkan setiap tahun dengan pakem-pakem berbeda. Cukup tebal, karena peruntungan shio bukanlah konten utama satu-satunya.

Kini, sejumlah materi utama dalam almanak, ditambah beberapa metode dan konsep ramalan sudah tersedia secara daring. Pengelolaan data memudahkan proses pembacaan pola dan penghitungan probabilitas dasar. Formulasinya sudah ajek. Namun, tetap belum mampu mengkalkulasi keberuntungan/kesialan secara presisi.

Makanya, sekali lagi, jangan dipercaya buta, apalagi sampai melekat. Santai saja.

Kuda

Rezeki dan harta akan berdatangan bagi para pemilik shio kuda di tahun babi tanah. Selain berupa peningkatan posisi dan gaji, investasi yang dijalankan beberapa waktu terakhir ini akan mulai memberikan hasil. Lalu, karena semua hal berjalan baik dan membuahkan reputasi positif, lingkar sosial dan pergaulan juga akan bertambah. Otomatis biaya sosial juga bertambah. Situasi ini tidak sampai mengganggu keuangan sih, tetapi tetap perlu diperhatikan juga. Kalau hura-hura dibayarin mah oke-oke aja.

Lebih jauh lagi, peluang untuk memperluas bisnis bisa jadi pertimbangan. Sementara untuk para pekerja, lagi-lagi tetap harus menjaga komunikasi. Meskipun sedang cemerlang-cemerlangnya di tempat kerja, jangan sampai bersikap arogan dan merasa paling benar sendiri. Tidak ketinggalan, kegemilangan dalam pekerjaan bisa membuahkan tanggung jawab lebih besar, mesti gigih.

Nah, urusan asmara juga penuh warna. Orang-orang yang kamu temui, dan berpotensi ditaksir, adalah mereka dengan tipe-tipe idamanmu. Banyak alternatif untuk menentukan pilihan, asal dibawa santai dan tidak gegabah. Satu masalah, saking bagusnya peruntungan asmara di tahun babi tanah ini, kamu bisa tergoda dan jatuh dalam hubungan segitiga. Bisa kamunya yang menjadi subjek, atau malah kamunya yang jadi objek. Karena rasa suka kan idealnya terjadi dua arah. Iya kalau kamunya juga masih sendiri, bagaimana kalau si dia ternyata tidak sendiri? Mana yang mau diikuti? Masuk dan jadi bagian dalam kehidupan asmara orang lain, walau dia tipe idaman banget, dan berpotensi drama; atau hidup tenteram dan menjatuhkan pilihan ke figur lain yang mungkin tak kalah berkualitasnya.

Pikiran tenang, badan juga senang. Jauh dari penyakit dan gangguan kesehatan. Cuma, karena banyak aktivitas sosial dan keseruan yang dilalui sepanjang tahun, hati-hati bisa alami kelelahan. Atur waktu dengan baik, stay balanced. Jangan sampai istirahat kurang, asupan makanan pun tidak jelas. Salah-salah, peruntungan kesehatan di tahun mendatang malah jadi kacau.

Kambing

Pertama, akan ada peningkatan, baik gaji atau penghasilan, tetapi tidak sesuai ekspektasi. Jadi, sebagai solusi, mungkin lebih baik mengelola harapan atau mencoba mengamati yang didapatkan, untuk kemudian berusaha menerima. Kalaupun tidak cocok, sebaiknya dipikiran pelan-pelan guna mendapatkan solusi terbaik. Apabila bermain insturmen spekulatif, mesti tahu kapan harus berhenti. Jangan sampai menyesal kemudian, karena yang dimenangkan pasti akan hilang juga. Masalahnya, ketika itu terjadi bisa memengaruhi simpanan yang telah dimiliki selama ini. Bukannnya berkontribusi positif, malah merugikan lebih jauh. Selebihnya, harap jangan salah langkah ketika berurusan dengan pemerintahan. Pastikan semua syarat dan ketentuan sudah dipahami. Lebih baik berurusan yang aman.

Karier akan menanjak selangkah demi selangkah. Terutama bagi yang bekerja di sektor pelayanan publik, atau di pemerintahan, sebab ada peluang untuk mengemukakan gagasan dengan lebih jelas, dan sesuatu yang inovatif. Apalagi jika bisa diterapkan maksimal dan baik, pasti akan mendapatkan apresiasi dan pengakuan. Pokoknya, kalau butuh bantuan jangan diam-diam saja.

Soal asmara agak bergejolak, nih. Perasaan yang sudah ada, bisa kehilangan kepekatannya, dan akhirnya malah digelayuti rasa kesendirian. Tidak baik, lho, terlalu banyak memikirkan yang tidak-tidak tentang pasangan kita. Belum tentu yang dipikirkan itu benar adanya. Siapa tahu hanya ketakutan tak berdasar, atau malah karena dikipasi oleh orang-orang lain. Patut diwaspadai. Karena bisa memperbesar masalah, atau meningkatkan pertikaian. Selain itu, juga cenderung mudah berselisih dengan orang lain.

Sekali lagi, jangan overthinking, bisa bikin tidur terganggu. Nanti bisa merembet ke masalah kesehatan yang lain. Karena kurang tidur kan mengkondisikan gangguan kesehatan, termasuk daya tahan tubuh. Usahakan hindari bepergian ke tempat-tempat jauh, atau keluar malam hari.

Monyet

Tampaknya, tahun babi tanah adalah tahunnya para pekerja kreatif. Dari beberapa shio sebelumnya, bintang kecemerlangan dalam karier dan kemampuan personal jatuh pada orang-orang yang berkecimpung di bidang tersebut. Begitu pula bagi para pemilik shio monyet yang aktif di sektor itu. Meskipun demikian, tetap ada potensi masalah dan hambatan, jadi akan sangat baik jika mempersiapkan kedua tangan (baca: rencana cadangan) untuk mengantisipasi segala kondisi. Tidak ada salahnya juga meminta bantuan teman atau kerabat yang lebih tua, serta jangan terlampau berharap pada usaha sampingan, ya. Dibiarkan saja dahulu, tetapi jangan bergantung.

Mood dalam pekerjaan agak menurun, lantaran merasa selalu berjuang sendiri dan tidak ada yang mendukung atau membantu. Padahal bisa jadi karena komunikasi terhadap atasan maupun bawahan yang kurang maksimal, sehingga menyebabkan kendala serta ketidaknyamanan di berbagai aspek. Selain itu, pokoknya fokus bekerja, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya, tak perlu terpengaruh pandangan orang lain yang mungkin malah menyulitkan kita sendiri.

Para pemilik shio monyet akan cenderung susah bertemu calon pasangan yang diharapkan. Kalaupun engage dengan seseorang, entah bagaimana pasti akan melihat sisi-sisi negatifnya, situasi yang malah bikin tidak bakal bersama. Belum lagi kendala asmara dari pandangan keluargalah, sikap yang kurang dewasalah, dan sebagainya. Sedangkan bagi yang sudah berpasangan, akan cenderung jarang bertemu karena kesibukan masing-masing.

Ingat, ya. Kalau tidak peduli dengan penampilan sendiri, siap-siap saja bakal dihujani kritik orang-orang. Sebab, salah-salah bisa berpengaruh pada suasana hati. Badan yang sehat-sehat saja, nanti malah terikut kena dampaknya. Jika terasa ada gangguan-gangguan kesehatan, mending diperiksa dahulu dengan tenang. Apabila stres dan berbeban pikiran, berjalan-jalan itu perlu, lho. Atau bisa juga coba geluti hobi baru.

Semoga semua hal-hal positif menjadi kenyataan.

[]

Shio di 2019 (1): Tikus, Kerbau/Sapi, Macan.
Shio di 2019 (2): Kelinci, Naga, Ular.

Advertisements

2 thoughts on “Shio di 2019 (3)

Leave a Reply