Oscar 2018: Gary, Jonny, Sufjan, Mary dan Gael Garcia

Minggu depan awal Maret sudah dimulai perhelatan Oscar 2018. Tidak akan ada banyak kejutan. Jimmy Kimmel masih jadi pembawa acara tahun ini. Seperti tahun lalu. The Shape of Water masih merajai dengan 13 nominasi. Dunkirk dengan 8 nominasi. Sementara Three Billboards Outside Ebbing, Missouri meraih 7 nominasi. Dunkirk banyak nominasi di kategori teknis layaknya film perang. Kategori Editing, Sound Mixing, Sound Editing dan Production Design sepertinya akan direbut film ini.

oscar

Seperti yang pernah saya ceritakan di sini Film Terbaik ini sepertinya akan dimiliki oleh Three Billboard Outside Ebbing, Missouri. Kenapa? Momennya pun sepertinya pas karena beberapa hari yang lalu penembakan di sekolah di Florida menggunakan “strategi” yang sama yaitu dengan memasang iklan di tiga truk yang isinya meminta pemerintah untuk memperketat pengawasan penjualan senjata api. Di beberapa penghargaan lain pun film ini muncul sebagai film terbaik. Hollywood pun sedang dilanda badai pelecehan seksual dan perkosaan. Film ini pun sangat feminis. Bisa mewakili.

director.jpg

Sementara untuk kategori Sutradara Terbaik ini pun sepertinya akan diraih oleh sutradara Meksiko, Guillerme Del Toro di film The Shape of Water. Di berbagai ajang penghargaan beliau banyak mendapatkan trofi. Kejutan bisa terjadi bila Oscar ternyata memilih Christopher Nolan di film Dunkirk. Hal ini mungkin terjadi jika Oscar menginginkan kejutan kepada penonton. Oscar kerap kali melakukan hal demikian. Del Toro pun sepertinya tidak akan keberatan jika Nolan mendapatkan penghargaan ini. Dunkirk bukan film mudah. Film perang dengan hampir tidak ada dialog ini seperti menonton film bisu.

gary

Tahun ini pun adalah tahun yang tepat untuk Gary Oldman meraih Oscar pertamanya. Sudah waktunya Gary Oldman naik podium. Akting beliau di banyak film memang mengagumkan. Gary Oldman bisa menjadi siapa saja. Dari Sid Vicious sampai Drakula. Dari Winston Churchill hingga Mason Verger. Dia adalah bunglon. Perannya lebih komplit dari Daniel Day Lewis yang banyak memerankan pria dari jaman baheula.

Frances McDormand akan meraih Oscar keduanya di kategori Aktris Terbaik. Aktingnya terlalu kuat. Seperti di film Fargo ketika dia meraih Oscar pertamanya, aktingnya sangat natural. Saingan terberatnya di kategori ini adalah Sally Hawkins di The Shape of Water.  Memainkan wanita yang bisu dan bercinta dengan seorang “manusia ikan” tentunya memerlukan akting yang luar biasa.

Lawan main Frances McDormand di Three Billboards.. adalah Sam Rockwell yang akan memenangkan Oscar pertamanya di kategori Aktor Pembantu Terbaik. Aktingnya sebagai polisi yang rasis sangat memukau. Relatif tidak mempunyai saingan yang berat di kategori ini. Sementara untuk kategori Aktris Pembantu Terbaik pun maka Allison Janney di film I, Tonya yang akan mendapatkannya. Menjadi seorang ibu yang ambisius dan abusif terhadap anaknya sendiri agar menjadi atlet yang mumpuni layak diganjar Oscar. Saingan terberatnya Laurie Metcalf yang menjadi ibu yang sabar terhadap anaknya yang diperankan oleh Saoirse Ronan di film Lady Bird.

deakins.jpg

Sementara di kategori sinematografi, seperti layaknya Gary Oldman yang sudah selayaknya mendapatkan Oscar, maka Roger Deakins adalah nama yang sudah sepatutnya mendapatkan Oscar di film Blade Runner 2049. Ia berkali-kali mendapatkan nominasi tapi belum pernah mendapatkan satu Oscar pun. Padahal hasil karyanya sudah tidak harus diperdebatkan lagi. Tahun ini atau tidak sama sekali. Sudah berapa kali Roger Deakins mendapatkan nominasi Oscar? EMPAT BELAS KALI.

jonny pta

Di Oscar tahun ini juga ada dihuni pendatang baru dia adalah Jonny Greenwood, dia adalah gitaris dari Radiohead, yang merambah menjadi komposer dan mendapatkan nominasi pertamanya di kategori Original Score. Dia sedang mengikuti jejak Trent Reznor, pentolan Nine Inch Nails yang meraih Oscar di film The Social Network. Dia adalah kompatriot Paul Thomas Anderson. Semua film PTA sejak There Will Be Blood musiknya digubah oleh Jonny Greenwood. Jonny pun menyatakan akan hadir di perhelatan ini, ditemani istrinya.  Walaupun tampaknya Alexander Desplat yang akan mendapatkan Oscar tahun ini.

Oh iya. Dikabarkan Sufjan Stevens akan mengisi slot di perhelatan Oscar tahun ini. Dia mendapatkan nominasi di kategori Lagu Terbaik lewat lagu Mystery of Love dari film Call Me By Your Name yang sayangnya harus bertemu dengan lagu Remember Me dari film Coco yang mungkin akan lebih disukai Oscar. Mary J. Blige dan Gael Garcia Bernal juga akan tampil di Oscar tahun ini.

Pilihannya sama semua kan ya? Atau ada yang beda?

Advertisements

4 thoughts on “Oscar 2018: Gary, Jonny, Sufjan, Mary dan Gael Garcia

  1. Pingback: Oscar Yang Ketebak – linimasa

Leave a Reply