Delapan Untuk Selimutan

Empat tahun lalu, saya pernah menulis di blog pribadi tentang film-film komedi romantis yang, menurut saya pribadi, underrated. Artinya, film-film ini mungkin tidak terlalu sukses secara komersial di pasaran, atau kualitasnya menurut kritikus pada saat pertama kali dirilis. Dan memang film-film ini kebanyakan slip under the radar waktu kemunculan perdananya.

Namun, seiring berjalannya waktu, film-film ini mendapat tempat di hati beberapa orang. Salah satunya, saya. Film-film ini terasa tak lekang oleh waktu. Semua film ini saya tonton beberapa tahun setelah dirilis. Malah ada yang setelah puluhan tahun.

Toh saat menontonnya, saya masih terkesima, sampai sekarang. Dan selayaknya genre atau jenis film komedi romantis, film-film ini membuat hati hangat. Uplifting and lovely. Membuat kita berharap, atau sekedar merasa klangenan saat menontonnya.

Film-film ini kemungkinan jarang Anda jumpai di daftar film wajib tonton di media manapun. Atau bahkan daftar-daftar semacam “great romantic comedies of all time”. Saya percaya, dan semoga Anda juga bahwa the films that touch our heart are not necessarily the great ones. They are those that can make us believe in love again, convincingly, and unknowingly.

Thus, they are underrated.

Empat tahun berselang dari saat daftar ini pertama kali dibuat. Membacanya lagi, saya mengangguk dan tersenyum, karena kenangan saya terhadap film-film ini masih sama. Daftar ini masih relevan untuk membuat saya, dan mungkin jutaan manusia sendirian tanpa pasangan lain di luar sana, bisa selimutan di depan televisi atau komputer malam hari, tersenyum sebelum tidur menonton film-film yang memang membuat bibir kita tersungging.

Tanpa berlama-lama lagi:

  • film untuk kita yang percaya bahwa hati pun punya pasangannya, dan kita tak berdaya saat hati kita mencari pasangan agar bisa hidup;
Return to Me (2000)
Return to Me (2000)
Summertime (1958)
Summertime (1958)
The Truth About Cats and Dogs (1996)
The Truth About Cats and Dogs (1996)
The Object of My Affection (1998)
The Object of My Affection (1998)
Little Manhattan
Little Manhattan (2006)
Keeping The Faith (2000)
Keeping The Faith (2000)
About a Boy (2002)
About a Boy (2002)
Definitely Maybe (2008)
Definitely Maybe (2008)

Semoga akhir pekan kita indah.

Iklan

22 thoughts on “Delapan Untuk Selimutan

  1. Genre film favorit: Romantic Comedy.
    Genre kehidupan nyata: Biographic Thriller Horror (Datar diselingi momen mencekam)

    Memang film cocok banget jadi sarana untuk merasa yang nggak pernah terjadi di dunia yang sebenarnya.

    Suka

  2. reblog ya mas nauval, udah nonton salah satu diantaranya, emang bener bikin … hmm gitu lah ya. trus sekarang mau nyari semuanya, karena buat saya yang tidak bisa bersama tapi berharap bisa hidup berdampingan sampai tua, kali aja habis nonton jadi lebih setrong.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s