Panduan Menjadi Warga Negara Indonesia yang Bahagia

Berikut adalah panduan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik berdasarkan pengalaman dan pengamatan sepanjang hidup. Panduan ini dibuat bertujuan agar para pembaca bisa mendapatkan tempat dan kedudukan yang layak di masyarakat dan kemungkinan besar di akhirat.

1. Jangan Banyak Bertanya

Semakin sedikit bertanya, semakin mudah hidup di Indonesia. Semakin banyak bertanya akan banyak label yang melekat dan menyusahkan di kemudian hari. Misalnya: bodoh, kurang memperhatikan, kritis bahkan pembangkang. Ini tak baik untuk jenjang pendidikan dan karir.

Kalau ada pertanyaan, usahakanlah cari tahu sendiri dulu. Sekarang kan sudah ada Google Institute. Atau, bertanyalah hanya di ruang-ruang privat. Bertanya di depan umum di negara ini bisa dinilai sebagai serangan.

2. Jadilah Sama

Makanya kita suka sekali mengenakan seragam. Mau di sekolah, kantor, atau acara perkawinan. Tampil beda, itu bisa dinilai sebagai pembangkang. Tak perlu lah berusaha untuk jadi berbeda. Apalagi menonjol. Nanti banyak yang tidak suka dan akan berusaha meruntuhkan.

Kalau pun ingin berbeda, kulo nuwun dulu. Minta izin pada sebanyak mungkin orang agar mendapat restu. Setelahnya, baru bersama-sama berbeda.

3. Jangan Menjadi Diri Sendiri

Untuk apa menjadi diri sendiri kalau itu akan membuat kamu dikucilkan dan diasingkan. Bukan hanya akan mempersulit karir tapi juga kehidupan. Kamu mungkin dilahirkan unik dan berbeda. Tapi tolong, kubur dalam-dalam keunikanmu itu.

Kadang, kamu pun tak boleh menjadi diri sendiri demi karir orang tuamu, demi bisnis pasangan hidupmu, untuk kebaikan bersama.

4. Tampilkan Doamu

Baiknya pilihlah agama yang dipeluk oleh mayoritas penduduk Indonesia. Dan rajin-rajinlah berdoa sesuai dengan ajaran agama. Pun belum bisa sepenuhnya, kenakanlah pakaian yang sesuai dengan ajaran agama. Bukan hanya penerimaan, tapi juga pujian akan didapat.

Jangan lupa, pastikan sebanyak mungkin orang tau saat sedang berdoa. Bukan hanya untuk Tuhan. Ingat, Tuhan ada di mana-mana, dan besar kemungkinan ada di Twitter, Instagram dan Facebook.

5. Sesuai Kodrat

Lahir, sekolah, bekerja, menikah, mati. Ini adalah kodrat. Melawan ini berarti ada kesalahan. Dan bukan hanya kamu yang akan menanggung tudingan, tapi juga keluargamu. Jangan lupa untuk melaksanakan kodrat sesuai usia yang disepakati bersama.

Di setiap jenjang kodratmu itu, pastikan sebanyak mungkin orang yang ikut merasakan kebahagiaan. Ini perlu. Ingat, kamu tak boleh bahagia sendiri di negara ini. Kebahagiaan adalah milik bersama. Semakin banyak yang ikut berbahagia, semakin besar pahalamu.

6. Berpenampilan Menarik

Kalau ada uang lebih, lebih baik bedah plastik ketimbang menambah ilmu pengetahuan. Karena penampilan yang menarik dan simpatik, akan lebih membuka jalan ketimbang kecerdasan. Yang cakep bisa jadi pimpinan, yang cakap jadi anak buah yang cakep.

Ini pun akan menunjang kepopuleran di media sosial. Semakin sering selfie, bisa semakin banyak followers. Jangan lupa, follower adalah mata uang terkini. Lumayan bisa buat nambah-nambah jajan. Toh di negara ini, siapa yang ngomong lebih penting dari apa yang diomongkan.

7. Panjang Sabar

Terimalah kenyataan bahwa di negara ini semua butuh waktu. Bergerak cepat sendiri akan membuat lebih cepat lelah. Ingat, bergerak sendiri bisa dinilai sebagai pembangkang. Akan banyak orang yang akan merasa dirugikan. Sesuatu yang baru, butuh waktu.

Orang sabar disayang Tuhan. Orang sabar banyak berkah dan pahala. Kalau sudah tidak sabar, kendalikan hawa nafsu. Ingat selalu, mengendalikan hawa nafsu adalah salah satu bentuk ketaatan pada agama.

8. Jadilah Kaya

Atau setidaknya berpenampilan dan bergaya seperti layaknya orang kaya. Tak ada tempat bagi orang miskin. Apalagi kalau berharap untuk didengarkan. Orang miskin akan tersingkirkan. Halalkan segala cara untuk menjadi kaya atau berpenampilan kaya. Demi kelancaran usahamu.

Berpenampilan kaya pun akan mempermudah untuk bergaul dengan orang-orang yang lebih kaya, yang akan membuka banyak peluang meningkatkan kekayaanmu.


Silakan tambahkan sendiri kiat-kiat untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik di kolom komentar 🙂

BukuBaruMice

Iklan

9 thoughts on “Panduan Menjadi Warga Negara Indonesia yang Bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s