Video Musik Dan Lagu Terbaik Tahun 2015

Berikut ini adalah musik video terbaik dan lagu terbaik di tahun 2015. Daftarnya cuma satu. Karena ini juaranya. Untuk nominasinya akan saya coba urai minggu depan. Kenapa juga cuma satu? Karena harus ada penjelasan kenapa video dan lagu ini menjadi pilihan saya. Penjelasannya agak panjang. Biar sedikit menyeluruh.

bowie3

Video musik ini muncul di tengah keriuhan ketika Justin Bieber mengeluarkan album terbarunya “Purpose” yang memecahkan rekor album paling banyak didengar di layanan streaming musik. Adele pun baru saja mengeluarkan singel “Hello” yang videonya memecahkan rekor dengan viewer terbanyak sepanjang sejarah. Belum lagi Coldplay juga merilis singel “Adventure of a Lifetime” yang mendapat sambutan positif. Sepertinya ada kesengajaan dari manajemen David Bowie untuk merilis ini bersamaan dengan mereka yang ada di jalur mainstream. David Bowie tidak peduli dengan semua itu. Dia David Bowie. Bukan Drake.

Video musik ini diambil dari singel terbarunya dari album ke-28 yang gosipnya akan rilis Januari tahun depan. Video musik yang berdurasi lebih dari sepuluh menit ini banyak bercerita tentang banyak hal. Simbolis dan filosofis. Di umurnya yang menjelang 70 tahun ini David Bowie belum berhenti untuk melakukan terobosan. Dari segi musik ataupun artistik. Dia selalu menggarap serius. Segala sesuatunya harus selalu terkonsep. Dia sudah melakukannya sejak tahun 70an. Dia selalu berevolusi. Terakh

Video ini disutradari oleh Johan Renck. Beliau sudah banyak menyutradarai video musik dari musisi papan atas seperti Madonna, Beyonce ataupun Beach House. Dia juga penggemar David Bowie. Dia sempat mengalami star-struck ketika Bowie memintanya untuk menyutradarai video Blackstar. Bowie pun banyak terlibat di penggarapan video ini. Renck pun tidak keberatan karena dia memang harus menyamakan perspektif apa yang diinginkan Bowie di videonya. Banyak kejutan yang muncul di video ini. Karena video ini banyak memunculkan jawaban dari misteri yang belum terjawab. Seperti misalnya klarifikasi bahwa Major Tom resmi sudah mati. Tapi Bowie tidak. Dia bertransformasi menjadi Blackstar. Major Tom adalah karakter fiksi dari lagu “Ashes of Ashes”, “Hallo Spaceboy”, dan juga “Space Oddity” yang dirilis akhir tahun 1960an (dan terinspirasi dari film 2001:Space Odyssey dan juga lagu Elton John – Rocket Man). Tapi di sisi lain video atau film pendek ini juga menimbulkan pertanyaan baru. Ini memang yang diinginkan oleh Bowie. Kalau musik video biasa saja sih ya ngapain bikin. Itu mungkin yang ada di benaknya.

Bukan kali pertama ia melakukan kontroversi atau keanehan di musik videonya. Terakhir di album “The Next Day”, ia pun membuat video musik yang dibintangi oleh Marion Cotillard dan Gary  dengan judul yang sama. Video musik ini sempat menimbulkan kontroversi karena adanya simbolisasi Bowie yang digambarkan sebagai Yesus. Video ini sempat dilarang tayang di Youtube dan layanan video lainnya. Tapi itulah David Bowie. Out of this world. 

bowie

Dari segi lagu pun yang berdurasi lebih dari sepuluh menit–ketika pertama kali mendengarkannya saya kaget. Ini lagu yang surreal, aneh, tapi sekaligus indah. Tidak membosankan. Sepuluh menit rasanya terlalu pendek. Di empat menit pertama sedikit futuristik. Mengingatkan pada Radiohead di album Kid A. Yang jelas playlist lagu untuk yoga bertambah satu dengan kehadiran lagu ini.

Kalo lagu favorit kamu dan video musik tahun 2015 apa? Mau tau dong. Kirim ya ke kolom komen.

 

Iklan

4 thoughts on “Video Musik Dan Lagu Terbaik Tahun 2015

  1. itu beneran sepuluh menit luar biasa ya videonya david bowie. kayanya memang lagi musim bikin mv cerita pendek atau pake chapter2an gitu kaya florence + the machine http://youtu.be/XgeKHTcufLY atau troye sivan di blue neighbourhood trilogy http://m.youtube.com/playlist?list=PLCruzMXby65lIfcjny_jGx_dDDFj5Il1-
    kalau mv yg disuka sih runaway-nya galantis, fire-nya toys http://youtu.be/7lqIVy5aFTY sama ini https://m.youtube.com/watch?v=gVEY6Z2Dn08

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s