Dibuang Sayang Dan Yang Terlupakan (Trilogi Oscar Jilid Pertama)

Amerika Dan Laki-Laki Berkulit Putih.

Mungkin penghargaan Oscar tahun 2015 paling tidak disukai oleh mereka yang menjuluki dirinya sebagai modern feminis dan pejuang anti seksisme. Kemarahan membuncah di internet khususnya di media sosial ketika seluruh nominasi Oscar ini diumumkan. Lihat gambar di bawah. Adakah yang berkulit hitam? Klik di sini untuk melihat semua nominasi Oscar ke-87 yang akan digelar pada tanggal 22 Februari 2015 di Dolby Theatre, Los Angeles, California. Penghuni Oscar adalah 94% berkulit putih dan 77% adalah laki-laki. Dengan rata-rata usia di 60an. 2% berkulit hitam. Latin lebih sedikit lagi persentasenya.

oscar87

Bagaimana mungkin Oscar mengabaikan begitu saja film LEGO yang begitu bagus dari segi cerita, pengisi suara ataupun segi lainnya. Film yang sukses secara komersial ini juga sudah mendapatkan banyak nominasi dan penghargaan di hampir semua ajang penghargaan film. Kecuali Oscar. Kenapa? Apa karena pembuatnya bukan Pixar? Atau karena secara tidak langsung sudah mempromosikan produk LEGO yang notabene bukan dari Amerika Serikat? Mungkin itu penyebabnya. Di Golden Globes pun film LEGO kalah oleh How To Train Your Dragon 2. Dilaporkan produk LEGO laku keras setelah penayangan film ini di bioskop. Beberapa outlet Lego di berbagai negara kehabisan stok. Migawd.

oscar87-1

Gone Girl dan Unbroken adalah dua film yang lahir dari rahim dua ibu yang ditelantarkan oleh Oscar tahun ini. Gone Girl yang diadaptasi dari buku Gillian Flynn (seorang ibu), dengan judul sama hanya menyisakan satu nominasi aktris terbaik, Rosamund Pike. Tidak yakin juga dia akan menang di sana. Ada dua wanita bernama Julianne Moore dan Marion Cotillard yang siap menghadang. Sedangkan Unbroken adalah film mengenai perempuan yang disutradarai oleh perempuan. Sutradara film tersebut adalah istri dari Brad Pitt. Tidak ada nominasi buat Ava maupun Jolie.

Black Live Matters?

Selma adalah nama kota bersejarah di Alabama yang menghasilkan Voting Rights Acts of 1965 yang ditandatangani oleh Presiden Lyndon B. Johnson. Undang-undang itu lahir melalui jalan yang panjang dan berdarah. Puncaknya ketika 600an orang yang sedang berunjuk rasa dengan berjalan kaki dari Selma ke Montgomery diserang oleh polisi. Unjuk rasa tanpa kekerasan ini dipimpin oleh King, Bevel, SCLS. Malcolm X juga ada di sana. Banyak korban berjatuhan sehingga kejadian ini dijuluki Bloody Sunday. Yak betul. Kejadian ini menginspirasi U2 membuat lagu Sunday Bloody Sunday. Sutradara Selma adalah seorang perempuan berkulit hitam bernama Ava DuVernay. Produsernya pun seorang perempuan berkulit hitam bernama Oprah Winfrey. Film Selma hanya mendapatkan dua nominasi. Film Terbaik dan Lagu Terbaik. David Oloyewo sebagai King tidak mendapat restu dari Oscar di kategori Aktor Terbaik.

oscar87-5

Oya. Happy Martin Luther King, Jr. Day!




teaser bagian 2: Alan Turing, Stephen Hawking, James Brown, Margaret Keane, du Pont, Martin Luther King Jr. dan Chris Kyle.

Iklan

5 thoughts on “Dibuang Sayang Dan Yang Terlupakan (Trilogi Oscar Jilid Pertama)

      1. Artikel Flavorwire betul di poin no. 1. Juga di artikel2 lain di berbagai media film. Film seperti “Selma” perlu momentum untuk ditonton dan diapresiasi. Agak heran juga karena film ini ke-pede-an gak lewat jalur festival. “12 Years a Slave” mulai membangun momentum di Toronto. Demikian juga sebagian besar nominasi Best Picture lainnya. A message film seperti “Selma” susah untuk langsung reach out via cinema. Harus ada preliminary buzz lewat pre-cinema screenings beberapa minggu bahkan bulan2 sebelumnya. It feels too rushed.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s