Shio di 2019 (4)

SHIO adalah soal keteraturan. Selalu ada pola yang tersedia untuk dicermati, dan dibaca secara garis besarnya. Deviasi atau penyimpangan-penyimpangan, bahkan perbedaan yang timbul pun biasannya tetap berkaitan dengan catatan utama. Kadarnya saja yang berbeda. Kecuali jika terjadi perubahan seketika, baik yang dapat dianggap sebagai anomali, atau–dalam bahasa sehari-hari–takdir.

Seperti horoskop ala barat, urutan shio tidak akan pernah berubah. Juga sama-sama berjumlah 12. Bedanya, horoskop barat didasarkan pada rasi bintang dan posisinya di langit, sehingga perubahan selalu terjadi dalam rentang per bulan. Itu sebabnya Ophiuchus bisa hadir menjadi zodiak ke-13, meskipun tampaknya tidak dipakai juga.

Lambang binatang dalam shio memang berjumlah 12. Perubahannya berlangsung setiap tahun, mengikuti penanggalan Imlek. Sederhananya, antara para pemilik shio tikus pasti memiliki selisih usia sejauh 12 tahun. Namun, satu siklus shio sebenarnya berlangsung lebih lama dari itu. Yakni per 60 tahun, lantaran memiliki unsur berbeda-beda. Sebagai contoh, Imlek tahun 2019 bershio babi tanah, maka shio babi tanah baru akan terjadi kembali pada Imlek tahun 2079! Situasi kehidupan tentu sangat berbeda, begitu juga kecenderungan-kecenderungan peruntungan yang bakal terjadi. Katakanlah, teknologi kesehatan kian maju, kesejahteraan global kian meningkat, dan sebagainya. Ramalan pun tak akan pernah sama. Sekali lagi, yang ada hanyalah kecenderungan-kecenderungan.

Hari ini, mari kita tak usah berberat-berat pemikiran membahas tinjauan filosofis dan sosiokultural atas shio. Pasalnya, masih banyak yang bahkan salah mengira shionya sendiri. Sekali lagi, kuncinya adalah pergantian tahun Imlek. Biasanya berlangsung di akhir Januari hingga pertengahan Februari. Jadi, perhatikan tanggal lahir. Apabila ragu, gunakan saja penyesuai penanggalan, alias konverter.

Berikut sedikit bocorannya, silakan ditambah/dikurang 12 tahun.

Tikus1984, 1996, 2008…
Kerbau/sapi1985, 1997, 2009…
Macan1986, 1998, 2010…
Kelinci1987, 1999, 2011…
Naga1988, 2000, 2012…
Ular1989, 2001, 2013…
Kuda1990, 2002, 2014…
Kambing1991, 2003, 2015…
Monyet1992, 2004, 2016…
Ayam1993, 2005, 2017…
Anjing1994, 2006, 2018…
Babi1995, 2007, 2019…

Begitu seterusnya.


Ayam

Lingkungan sekeliling berpengaruh besar bagi peruntungan para pemilik shio ayam kali ini. Dikhawatirkan, situasi saat ini tidak ideal untuk segala aspek. Ingin maju, terhalang-halangan keadaan. Ingin bertahan, malah diusik. Pokoknya tidak menyenangkan, deh. Untungnya, faktor ini tidak sampai menyebabkan kerugian yang signifikan, tetapi efeknya, rezeki terasa semakin sukar dicari. Sabar, ya…

Suasana di tempat kerja bisa menjadi agak parah, sih. Karena terlalu sering “ditusuk dari belakang” oleh rekan sekantor, akhirnya berdampak buruk para reputasi profesional. Kita dianggap tidak kompeten oleh atasan, kita merasa tidak nyaman bekerja di sana, dan bisa berpikir untuk berhenti atau pindah tempat tanpa pemikiran dan persiapan yang matang. Salah satu langkah yang disarankan tetaplah bekerja dalam ketenangan, cermat mengamati, dan disikapi dengan sebaik mungkin. Karena kegelisahan bisa membuat terasa tak tentu arah. Ambillah sejenak waktu untuk melihat diri sendiri dengan jernih, jangan langsung menarik diri. Pada akhirnya, bagaimanapun juga, berpindah tempat kerja atau memulai bisnis baru akan kurang tepat tahun ini. Terutama jika pendorongnya adalah perasaan kurang nyaman di pekerjaan sebelumnya.

Bagi para cowok bershio ayam, ada kecenderungan bertemu dengan cewek maupun calon pasangan yang keras kepala dan kuat kemauan. Ini berpotensi jadi masalah. Sebab sedikit banyaknya, calon pasangan yang bisa menunjukkan kemandirian, atau sikap tidak bergantung pada pasangan, bisa menimbulkan rasa terusik. Ada ego yang terusik. Di sisi lain, teman dan keluarga dapat membayang-bayangi hubungan yang terjalin. Sementara bagi yang telah berpasangan, potensi berselisih agak meningkat di tahun ini. Sayangnya, bagi para cewek bershio monyet, barangkali belum akan berkesempatan ketemu partner kencan dalam sementara waktu.

Amit-amit jangan sampai terjadi, sih, cuma di tahun ini akan lebih banyak peluang sakit gigi, selain sakit hati. Begitu pula dengan peluang digigit binatang, mudah-mudahan hanya kelas serangga dan yang lebih kecil. Guncangan-guncangan yang diharapkan hanya berdampak kecil.

Anjing

Bisnis para anjing akan stabil di tahun ini. Akan tetapi, jangan memulai sesuatu yang baru dulu. Kecuali jika tujuannya untuk belajar, atau untuk waktu yang singkat. Kalau panjang-panjang, takutnya bisa berakhir kegagalan, dan menyebabkan beban tambahan yang mestinya bisa dihindari. Belum lagi peluang dikhianti partner sendiri, nyesek banget, kan? Paling parah bisa menyebabkan kebangkrutan yang sama sekali tidak bisa diprediksi.

Banyak hal yang sebenarnya bisa selesai dengan lancar, tetapi masalah-masalah sampingan tetap tak bisa dihindari. Kalau sudah begini, selalu diingat kalau backup plan bisa sangat diperlukan, dan menghindari efek gempuran.

Asmara para anjing rada suram, sih, tapi tetap dengan harapan baik bahwa semua itu tak akan terjadi, ya. Soalnya ada potensi berpisah, dan peruntungan asmara lanjutan yang tidak terlampau baik sesudahnya. Masuk ke tahap mencari-cari lagi. Melelahkan, memang. Bisa saja menemukan, dan mencoba kencan dengan orang dari lingkungan kantor atau tempat kerja. Hanya saja, kalau sudah ada rasa, jangan buru-buru. Amati kecocokannya, lalu biar dibangun pelan-pelan. Supaya mengurangi efek buruknya. Seperti, tidak akan ada terobosan asmara di kemudian hari.

Soal kesehatan, setidaknya lebih baik dari tahun sebelumnya. Tetap dengan perhatian pada kaki, tangan, dan organ gerak. Hindari cedera-cedera yang sebenarnya ringan, tetapi mengganggu aktivitas keseharian.

Babi

Para pemilik shio babi di tahun ini ibarat memasuki ruang penyimpanan emas, baru ruangannya sih. Semacam brankas gede, begitu. Tandanya, ada banyak pintu untuk mendapatkan peningkatan rezeki. Selain dari bisnis dan usaha, juga dari investasi, atau objek spekulasi. Khusus yang investasi dan spekulasi, naik turunnya relatif besar. Bisa-bisa lumayan mengejutkan. Di sisi lain, siapkan anggaran untuk kesehatan. Kayaknya ada peluang untuk tambahan pengeluaran terkait itu.

Kinerja perusahaan memang akan maju, dan boleh banget melakukan pembesaran dan pengembangan, atau menjajaki bidang baru. Terlepas dari itu, dinamika dalam karier dan pekerjaan akan relatif ekstrem. Bahkan bisa berbuntut masalah terhadap kolega dan partner.

Untuk urusan asmara pun juga naik turun. Bagi para cowok, urusan romantisme akan datar-datar saja, sedangkan bagi cewek akan sebaliknya. Dalam hal hubungan, masalah justru muncul dari komunikasi. Baik kepada pasangan, maupun kepada keluarga. Bisa sampai menimbulkan perselisihan. Di sisi lain, karena perubahan pola pergaulan atau kesibukan, teman-teman aktif di tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Ada yang muncul dan aktif ngumpul, ada yang tenggelam dan malah ngilang. Ya, dinikmati saja.

Akan cenderung banyak mengalami sakit, “untungnya” yang berskala kecil. Termasuk sembelit. Kemudian waspadai luka yang bisa dihasilkan dari logam. Khusus wanita, mudah-mudahan dijauhkan dari gangguan khusus kewanitaan.

Semoga semua hal-hal positif menjadi kenyataan.

恭喜發財, 豬事勝意!

Selamat Imlek! Semoga menjadi tahun yang penuh keberhasilan, kemudahan, kebugaran, dan kebahagiaan.

[]

Shio di 2019 (1): Tikus, Kerbau/Sapi, Macan.
Shio di 2019 (2): Kelinci, Naga, Ular.
Shio di 2019 (3): Kuda, Kambing, Monyet.

Advertisements

Leave a Reply