Crazy Rich Asian itu Yusaku Maezawa

Baru pagi ini SpaceX, perusahaan roket Elon Musk, mengumumkan Yusaku Maezawa sebagai penumpang pertama yang berani membayar sekitar $60 juta dollar pulang pergi agar bisa mengelilingi bulan. Siapakah Yusaku Maezawa ini sebetulnya? Yusaku adalah milyarder dari Jepang, pemilik Start Today dengan anak perusahaannya Zozotown. Menurut Forbes, Yusaku membunyai kekayaan tiga milyar dollar. Zozotown adalah online mall terbesar di Jepang yang bergerak di bidang fashion. Dia termasuk ke dalam 20 orang terkaya di Jepang.

IMG_20180918_113710_672

Selain itu dia juga pecinta seni. Ketika anda pecinta seni dan kaya raya, maka tindakan selanjutnya adalah menjadi kolektor lukisan. Ini hal yang wajar dan biasa. Ketika Muhammad Bin Salman, pewaris tahta kerajaan Saudi, memiliki koleksi lukisan Yesus dari Leonardo DaVinci, yang merupakan lukisan termahal di dunia, maka Yusaku mempunyai koleksi lukisan Basquiat seharga $110 juta dan lukisan Pablo Picasso seharga $80juta. Kantornya dikelilingi karya dari Andy Warhol dan Isamu Noguchi.

basquiatyusaku

Jika di film Crazy Rich Asians, kita melihat orang yang super kaya, memilih untuk menghindari publisitas. Maka itu tidak terjadi pada Yusaku Maezawa. Yusaku masih mempunyai media sosial, Instagram & Twitter, dan keduanya aktif. Itu pilihan dan tidak ada yang salah apabila anda mempunyai menjadi “high profile atau low profile”. Yusaku mengumumkan melalui Instagram bahwa dia akan pergi ke bulan. Apakah dia sombong? Atau jujur? Tapi bukankan media sosial dibuat untuk itu? Crazy Rich Asians di mata saya itu Yusaku Maezawa. Selain kaya, mereka juga melakukan hal yang tidak biasa. Dan pergi ke bulan dengan $60 juta itu sepertinya biasa saja dibanding dengan membeli lukisan ratusan juta dollar.

Yusaku juga seorang penikmat musik. Dia dulunya juga mempunyai band punk bernama Switch Image. Dia sering menghadiri konser-konser di belahan dunia. Start Today, parent company dari Zozotown, namanya diambil dari judul lagu dari band New York hardcore Gorilla Biscuits. Dia adalah penggemar berat dari band tersebut. Dia juga piawai bermain drum dan pernah ngejam bersama mereka.  Ya wajar kalo kamu kaya raya mau melakukan hal apa saja pasti bisa. Start Today juga maknanya luas. Mirip dengan Just Do It kepunyaan Nike.

Kita sekarang melihat kalo sekarang sudah ada “pergeseran kekayaan”. Menjadi kaya dan orang Asia adalah hal yang biasa. Yang mau saya tekankan di sini adalah janganlah kita rendah diri menghadapi bule. Karena mental inferior ini masih dimiliki bagi sebagian rakyat Indonesia. Kita sekarang sudah mempunyai Nadiem, pemilik Gojek yang baru saja melebarkan sayapnya ke Vietnam, melalui Go-Viet. Kita juga tau Jack Ma, pemilik Alibaba Group, yang sering berkunjung ke Indonesia, adalah orang terkaya di China.

Jadi janganlah minder kalo liat bule. Biasa aja. Yang penting mulai dari hari ini. Start today!

Advertisements

Leave a Reply