#RekomendasiStreaming – Saluran Yang Menemani dan Mengedukasi Kita

Kalau biasanya tulisan #rekomendasistreaming mengulas tentang serial atau film yang tersedia di aplikasi video streaming, kali ini saya mengajak anda menelusuri satu channel di Youtube.
Channel ini bernama Film Companion.

Film Companion sebenarnya berawal dari media digital yang, seperti namanya, membahas soal film. Media ini didirikan oleh Anupama Chopra, satu dari sedikit jurnalis film perempuan di India, karena dia merasa perlu menyuarakan opininya tentang film secara independen.

Dari media digital, Film Companion berkembang menjadi Youtube channel yang menurut saya, respectable. Kenapa respectable? Karena hampir semua video di saluran ini kontennya dirancang dan dikurasi dengan baik. Teknik pengambilan gambarnya nyaman dilihat di layar kecil. Konten, baik itu berupa wawancara atau ulasan, selalu disampaikan straight to the point.

Tentu saja, karena saluran ini berasal dari Mumbai, India, kebanyakan membahas tentang film Hindi, dan film-film regional dengan bahasa lokal di India. Toh semuanya dilakukan dalam bahasa Inggris, sehingga kita pun bisa menikmati.

Kadang-kadang memang ada interview dengan aktor, aktris, sutradara Hollywood yang sedang melakukan kunjungan promosi ke India, atau saat tim Film Companion pergi ke festival-festival film di luar India. Namun yang menarik memang saat kita bisa tahu lebih dalam seluk beluk cara kerja perfilman di India. Ini membuat video-video yang di-upload seputar ulasan atau wawancara tentang film-film terbaru dari India selalu enak ditonton.

Dari sekian banyak tema yang sudah dibuat oleh tim Film Companion, ada satu jenis tema yang paling menarik minat saya.
Tim Film Companion membuat rangkaian video dengan judul Cheat Sheet. Cheat Sheet ini mengajak kita untuk melihat sisi lain dari pembuatan film yang mungkin sebagian besar dari kita belum familiar.

Seperti misalnya proses di balik sulih suara atau dubbing sebuah film:

Atau tentang proses pembuatan musik yang menjadi latar belakang adegan, sekaligus mengisi adegan tertentu dengan musik tersebut:

Demikian pula tentang seluk-beluk membuat prosthetic make-up atau dandanan khusus yang menciptakan efek tertentu, seperti muka orang yang terpukul atau mengalami kecelakaan:

Sampai ke cara bagaimana proyektor film bioskop bekerja sampai kita menonton film tersebut di layar lebar:

Dan yang jadi favorit saya adalah tentang mengurus katering makanan untuk seluruh anggota kru produksi waktu syuting film!

Seru ‘kan?

Lebih seru lagi kalau mau ada yang membuat contekannya versi lokal, karena mengintip “isi dapur” sama serunya dengan menonton dan menikmati hasil akhirnya.

So yes, somebody out there, steal these ideas!

Selamat menonton.

Advertisements

Leave a Reply