Good Riddance

Terus terang saya kesulitan menemukan padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk judul tulisan kali ini. Padanan kata yang berupa satu idiom atau istilah, maksudnya. Kalau penjabaran arti istilahnya sih, ya bisa saja diartikan sebagai “rasa lega karena telah menghilangkan bagian buruk atau yang tidak diinginkan dalam hidup.”

Misalnya saja, ada kepala departemen tempat kita bekerja yang tidak disukai sebagian besar bawahannya. Tiba-tiba saja, beliau dipindah tugaskan ke kantor cabang yang lain di luar kota. Maka tentu saja sebagian besar pegawai tersebut akan bilang, “good riddance!”

Demikian juga pula kalau misalnya kita berhasil mengosongkan separuh isi lemari pakaian. Entah terinspirasi dari buku-buku Mary Kondo atau video-video tentang hidup minimalis, entah mau dijual di garage sale atau didonasikan ke lembaga-lembaga yang membutuhkan, melihat lemari kita punya space kosong lagi mau tak mau membuat kita sontak mengucapkan, “good riddance!”

Ungkapan ini memang paling pas diucapkan banyak orang di awal tahun. Saat new year’s resolution masih hangat-hangatnya. Saat kilas balik yang kita lakukan di akhir tahun lalu masih terasa bekasnya.

Tak heran kemarin tempat saya berolah raga dipadati banyak orang, lebih ramai dari biasanya. Rupanya banyak sekali yang tidak sabar ingin segera kembali mempunyai tubuh yang lebih fit setelah liburan panjang.
Tak heran juga ketika saya iseng melihat jumlah ‘teman’ di beberapa akun media sosial yang jadi berkurang. Rupanya mengurangi interaksi di media sosial sudah menjadi kesadaran banyak orang sekarang. Demikian pula dengan beberapa teman yang mendeklarasikan bahwa mereka menutup akun di beberapa platform media sosial, dan memilih untuk terkonsentrasi hanya di satu atau dua platform saja.
Tak heran juga ketika ada beberapa orang dekat yang memilih untuk mengurangi intensitas komunikasi dan memperlebar jarak. Tidak masalah, karena setiap pertemuan akan berujung perpisahan, baik yang kita ciptakan maupun yang tidak bisa kita elakkan.

Pada akhirnya semua yang kita buang dengan sengaja dan penuh kesadaran adalah “good riddance”.

Lalu apa yang Anda akan buang di awal tahun ini?

Advertisements

7 thoughts on “Good Riddance

  1. Banyak banget, sebagian buku, sebagian wardrobe, sebagian sepatu. Sampe bingung taro di mana. Tapi kok ya beli terus.

Leave a Reply