2018: Cermin Hitam Yang Tak Begitu Gelap

Yang saya suka dari Black Mirror adalah karena mempunyai cerita yang sendiri dari setiap seri yang ditayangkan setiap musimnya. Sudah masuk ke musim keempat. Black Mirror semenjak musim kedua diambil alih oleh Netflix. Mereka memutuskan untuk membuat film dengan enam judul berbeda setiap musimnya. Ini yang membedakan mereka dengan serial lainnya. Serial dengan hanya enam film setiap musimnya adalah masa depan serial itu sendiri. Serial Inggris sudah lama melakukan itu. Sementara Amerika Utara berkutat dengan jumlah yang banyak sepuluh hingga empat belas episod. Terlalu panjang ketika kita mempunyai banyak pilihan.

 

arkangel

Charlie Brooker pun sebagai penggagas cerita ini sekarang lebih bervariasi dalam setiap film yang ditayangkan. Banyak yang bilang kalau sekarang Black Mirror kurang gelap. Lebih ramah terhadap penonton. Di episod Arkangel, dimana Jodie Foster bertindak sebagai sutradara, ia lebih mengedepankan bagaimana kita membesarkan anak di era digital seperti sekarang ini. Tidak salah. Tapi itu bukan episod favorit saya.

metalhead

Tapi Metalhead adalah sesuatu yang baru. David Slade sebagai sutradara memilih memakai pita hitam putih dalam film ini. Film dengan bergenre post apocalyptic. Temanya bagaimana selamat dari kejaran robot logam berbentuk anjing yang bisa menembak dan mengeluarkan bom paku. Robot ini sangat pintar, jahat, dan kuat. Dan cuma mempunyai satu instruksi. Bunuh.

black museum

Satu lagi favorit saya adalah Black Museum. Ini yang terjadi ketika dunia medis dimasuki teknologi yang canggih. Semua dokter menginginkan semua pasiennya untuk sembuh. Teknologi juga bisa mendekatkan kita dengan yang kita sayangi agar kita tetap bisa berkomunikasi. Ini yang disajikan oleh Black Museum. Tapi kadang kita lupa kalau teknologi juga mempunyai dampak yang buruk.

crocodile

Charlie Brooker memang mengakui kesulitan mendapatkan cerita yang segar apalagi setelah terpilihnya Donald Trump sebagai presiden. Karena itu adalah Black Mirror yang menjadi kenyataan. Membuat enam film berkualitas dalam satu tahun dengan tema yang selaras adalah hal yang sulit tapi bukan tidak mungkin. Musim ini juga Black Mirror mempunyai episod yang buruk berjudul Crocodile. Film ini keluar dari benang merah dari Black Mirror. Ada teknologi yang digunakan dalam film ini. Tapi teknologi itu tidak banyak mempunyai peran di episod ini. Crocodile hanyalah sebuah episod Black Mirror dengan genre crime drama. Seperti nonton CSI. Iya seperti itu. Di mana uniknya? Bahkan saya gak ngerti kenapa judulnya Crocodile. Ada yang tahu?

Kalau kamu judul favoritnya yang mana? Boleh ambil dari musim sebelumnya juga. Oya satu lagi. Lagu apa yang selalu muncul di setiap musim di salah satu episod Black Mirror? Klik play di bawah ini untuk tau jawabannya.

 

Advertisements

5 Replies to “2018: Cermin Hitam Yang Tak Begitu Gelap”

  1. White Christmas, Memory of You, Be right Back dan yang baru Hang the DJ dan Black Museum. Metalhead is the most terrifying of the season, and Arkangel is a bit annoying.

    1. Kenapa sih semua orang suka Hang The DJ? 😮

  2. 1. San Junipero
    2. The History of Us
    3. Hang the DJ

    Black Mirror anthem: Irma Thomas

    1. Lupa lagi yang History of Us. Coba melipir dulu.

      1. Ternyata judul yang benernya: The Entire History of You. Haha, monmaap keserimpet sama filmnya Bruce Wilis 😀

Leave a Reply