Menjaga Reputasi Taylor Swift

Di tahun 2014, ditengah peluncuran album 1989, Taylor Swift memusuhi Spotify yaitu dengan menarik semua lagu dan albumnya di layanan musik streaming tersebut. Dia menganggap Spotify tidak menghargai musisi dengan menggratiskan layanan musiknya. Pada saat itu hanya Apple yang menyediakan lagu-lagu dari Taylor Swift.

tay

Di akhir tahun ini, ia meluncurkan album keenamnya yang berjudul Reputation. Kali ini dia mengambil sikap untuk tidak meluncurkan albumnya di layanan musik streaming. Ganjarannya album fisiknya terjual hingga jutaan kopi. Hal yang sangat jarang terjadi saat ini. Setelah tiga minggu menunggu maka Reputation bisa didengarkan di layanan musik streaming Apple Music, Spotify, dan yang lainnya. Strategi pemasaran lainnya adalah selain menahan album di layanan streaming, ia juga menjual majalah dengan bundel CD album Reputation di toko Target. Selain itu dia juga bekerja dengan Ticketmaster, dengan membeli bundel tersebut maka memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan tiket konsernya di Amerika sana.

Tidak banyak yang bisa melakukan ini. Taylor Swift sadar dirinya mempunyai posisi tawar yang tinggi. Dia tahu fans-nya sudah lama menunggu kehadiran album Reputation. Di Spotify saja, album Reputation sudah didengarkan ratusan juta kali. Dia menduduki posisi ke-28 sebagai penyanyi yang lagunya paling banyak didengarkan. Tahun ini dia adalah penyanyi yang rilisan fisiknya terjual paling banyak mengalahkan Ed Sheeran. Sementara video di bawah ini yang konon adalah balasan dari lagu Kanye West – Famous sudah ditonton lebih dari 760 juta kali sejak bulan Agustus 2017. Di akhir video ini juga terlihat banyak versi dari Taylor Swift. Dari versi yang paling anda suka sampai yang benci. Dari era country hingga saat ini.

Sebetulnya tidak ada yang baru di album Reputation ini. Bagi yang terbiasa dengan 1989 pasti akan mudah mencerna album ini. Album ini ringan, tidak rumit. Pop yang biasa saja. Aman. Tidak ada yang istimewa. Tetapi mungkin itu yang penggemar inginkan. Toh dia juga relatif tidak mempunyai saingan. Percuma jika mencela musik atau penampilannya. Karena itu yang ia inginkan. Dia menerima kritik dengan besar hati. Dan itu malah akan membuat reputasinya semakin terjaga.

Posted in: @linimasa

Tinggalkan Balasan