We Need To Talk About Kevin

Mulai hari ini karir Kevin Spacey akan meredup. Seperti kita tahu, Anthony Rapp melaporkan kalau dirinya dilecehkan secara seksual oleh Kevin Spacey 30 tahun lalu. Yang menjadi permasalahan berat adalah Rapp ketika itu masih berusia 14 tahun. Itu menjadikan Kevin Spacey seorang pengidap pedofilia.

kevin2

Peristiwa ini sebetulnya sudah terjadi di film American Beauty yang dibintangi oleh Kevin Spacey. Walaupun tidak sama persis. Film ini yang membuat Kevin mendapat Oscar keduanya dalam kategori Aktor Terbaik. Setelah sebelumnya mendapatkan Oscar di film The Usual Suspect dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik. American Beauty menceritakan potret keluarga Amerika. Di mana kebobrokan suatu keluarga diperlihatkan secara satir. Kevin Spacey bermain apik sekali di sini. Seingat saya Kevin Spacey sudah dua kali memerankan seorang biseksual. Terakhir di serial House of Cards yang terkena imbasnya sehingga akan berakhir di musim keenam.

Pedofilia di banyak negara masuk sebagai tindakan pidana, bukan preferensi seksual. Pedofilia tidak akan mendapatkan tempat di dunia kita berpijak. Entah maya atau nyata. Atau bahkan di penjara. Black Mirror di salah satu episodnya bercerita bagaimana seorang pedofilia harus menderita sepanjang hidupnya.

kevin

Tapi melihat pemberitaan di social media masih terbelah. Banyak media besar lebih mengedepankan pengakuan Kevin Spacey sebagai gay, dibandingkan sisi pedofilianya.  Di permintaan maafnya kita lihat Kevin Spacey sedang berperan sebagai Frank Underwood. Khas politisi. Diplomatis. Kita patut tunggu reaksi dari Hollywood mengenai hal ini. Ketika Harvey Weinstein karirnya dipastikan habis karena begitu banyaknya korban–maka kasus Kevin Spacey ini saya melihat akan diselesaikan secara kekeluargaan. Kompromi. Kita tahu standar ganda selalu diterapkan di berbagai situasi. Jika Woody Allen masih bisa berkarya, saya rasa Hollywood akan memperlakukan hal yang sama.

Advertisements

One Reply to “We Need To Talk About Kevin”

Leave a Reply