Makhluk Langka selain Platypus

Jika ada makhluk langka selain harimau Sumatra dan platypus (eh, apa itu malah sudah punah ya?), jika ditengarai di sekitar kita adalah makhluk yang memiliki kerendahan hati. Bukan rendah diri, tapi rendah hati. Memiliki humility. Kata dari seorang yang tidak diketahui identitasnya, kesombongan dan percaya diri itu batasnya sangat tipis, dan garis itu bernama kerendahan hati. Jika orang yang percaya diri senyum dengan tulus, orang yang sombong senyum ngenye’.

Cukup banyak ditemui, seorang yang membuat klaim dirinya ‘ahli’ dan tidak mau mendengarkan orang lain yang memiliki pengetahuan berbeda atau pendapat berbeda darinya. Karena kesombongan bahwa yang diketahuinya pasti benar, karena telah terbukti pada dirinya. Sementara jika orang lain hasilnya berbeda, pasti karena cara atau pengetahuannya salah. Padahal bahkan jika kita belajar sejak mulai keluar dari rahim ibu, sampai kita mati pun, mustahil rasanya memelajari dan mengetahui semua aspek bahkan dari satu disiplin ilmu yang sangat sempit. Rendah hati adalah selalu mau menerima kalau masih ada (banyak!) hal yang kita belum tahu, dan banyak cara untuk mengetahuinya, termasuk dari orang lain yang – mungkin – terlihat tidak lebih pintar dari kita.

Kalau kata Gus Mus, apa sih, sebenarnya yang disombongkan oleh manusia, sampai bisa berteriak teriak bilang orang lain salah? Jika kita mengetahui kebesaran Kosmos, kita ini hanya seperti sebutir kacang hijau. Gus Mus menyambung kembali kalau dia bicara dengan astronomer akan diprotes, bahwa kacang hijau itu terlalu besar. Tetapi menurut beliau, butiran debu itu terlalu sulit divisualisasikan karena tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kalau tidak bisa dilihat nanti orang lupa lagi, kemudian sombong lagi.

207abaac5de3ab7af2be8cdfd8f3544a

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s