Jenius Adalah

Ini bukan review aplikasi yang saya sudah unduh cukup lama tapi belum juga seratus persen mengerti bagaimana menggunakannya. Ketika saya mencari kutipan yang saya kira dari Einstein, ternyata yang keluar malah nama Thomas Alva Edison yang mengatakan, bahwa “genius is 1 percent inspiration and 99 percent perspiration”.

Dan percayalah terhadap berember ember Anda akan berkeringat kalau cita cita menjadi jenius di bidang… let’s just say olympic weightlifting. Melihat para atlet melakukannya seolah begitu mudah. Tinggal membangun otot hingga besar dan kuat lalu angkat saja barbelnya. Kenyataannya satu gerakan saja melibatkan begitu banyak teknik dan mobilitas yang berbeda, dan untuk melakukannya dengan benar, baru kemudian bisa melatih dengan beban yang lebih berat lagi dan lebih berat lagi. Dengan melakukan teknik ini lagi dan lagi, dan melatih mobilitas setiap kali memegang sapu atau pel (di saat musim mudik seperti ini), akan membuat muscle memory, sehingga bisa dilakukan tanpa berpikir keras, sehingga beban bisa terus ditambah.

Kalau otak punya muscle memory, mungkin pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari melatihnya, sehingga ketika kita melakukan pekerjaan yang sudah terasa instinctive, kita bisa memikirkan hal hebat berikutnya yang bisa kita lakukan dan latih untuk muscle memory otak.

Kalau nurani punya muscle memory, mungkin ritual seperti solat, mengkaji kitab suci, berpuasa di waktunya juga gunanya untuk melatihnya. Melatih untuk selalu berpikir baik tentang orang lain – tanpa memandang ras atau agamanya. Melatih untuk tidak mengambil hak orang lain – betapa kita merasa kita lebih membutuhkannya. Melatih untuk berpikir bahwa kita harus selalu siap kehilangan apa yang kita miliki sekarang. Melatih untuk bersabar dan selalu bersyukur dengan apa yang kita bisa makan, minum dan utarakan dengan bebas.

Sayangnya kita tidak selalu sadar bahwa kita sedang berlatih, sehingga seringnya kita menyianyiakan waktu sehingga tidak ada muscle memory yang dibentuk; fisik, otak, apalagi nurani.

Maaf kalau post saya terlalu malam, dan ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri untuk yang merayakan. Semoga latihan kita menjadi sesuatu yang membuat kita menjadi manusia lebih baik, karena itulah arti kemenangan sebenarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s