Robbed In Rio 2016

 

Olimpiade adalah mungkin perhelatan terbesar dan tertua yang ada di muka bumi ini. Gelaran empat tahunan ini bisa melibatkan puluhan ribu atlet dari seluruh dunia. Ratusan cabang olah raga dilombakan. Ratusan medali disiapkan. Ratusan negara terlibat di dalamnya. Hal ini menjadi penting sebuah negara untuk melepas para atlet andalannya untuk mengikuti perlombaan. Semuanya tergantung dari kemampuan dari atlet di sebuah negara tersebut. Olahraga melalui Olimpiade juga sudah lama menjadi alat propaganda. Di jaman Hitler berjaya, mereka sangat sadar akan hal itu. Di jaman Perang Dingin pun begitu. Hanya dua negara yang mendominasi raihan medali. Kalau tidak Uni Soviet ya Amerika Serikat. Selalu begitu. Kedigdayaan sebuah negara bisa diukur dari raihan medali. Tolok ukur majunya negara besar dan maju pun begitu. Walau masih banyak alat lain untuk mengukurnya.

rio9

Perhelatan yang embrionya sudah ada di kota Olympia, Yunani, pada abad ke delapan ini–yang kemudian dilembagakan pada tahun 1894 oleh Pierre De Coubertin dengan membentuk Komite Internasional Olimpiade. Komite ini membawahi banyak perhelatan olah raga lainnya. Seperti Olimpiade Musim Dingin atau Paralympic, atau yang lainnya. Tapi Olimpiade (musim panas) adalah yang paling populer.

rio

Setelah Beijing di tahun 2008, London di tahun 2012, tahun ini adalah kesempatan untuk Brasil yang menjadi tuan rumah. Walaupun banyak dihuni isu korupsi, virus Zika, keamanan, dan lain sebagainya. Perhelatan tetap dimulai tepat waktu. Dari tanggal lima hingga dua puluh satu Agustus 2016. Sudah berjalan sepuluh hari lebih dan sudah banyak atlet yang meraih medali. Termasuk Indonesia. Walau baru dua medali perak. Atau cuma dua? Untuk itu di sini saya akan coba ringkas rangkaian yang penting dan cukup bersejarah di Rio Olympic 2016 ini.

rio4

Michael Phelps.

The man. The myth. The Legend. Dua puluh tiga medali emas sampai hari ini dari total 28 medali. Dari tiga olimpiade. Di Olimpiade Beijing dia menggila. Delapan medali emas. Mengalahkan rekor Mark Spitz yang meraih tujuh. Dan memecahkan semua rekor yang pernah ada. Rekor yang tidak akan pecah sampai lima puluh tahun ke depan. Kalau di basket ada Michael Jordan. Di dunia renang Michael Phelps adalah tuhan. Mungkin di dunia olah raga. Sempat menyatakan pensiun tapi urung. Kemudian menyatakan pensiun lagi setelah Olimpiade Rio berakhir. Nanti kita bahas sisi lain dari superhuman ini. Kalo inget.

USAIN BOLT VISITA EL CRISTO REDENTOR

Usain Bolt

Terkenal dengan selebrasi ala Shinchan. Seperti nama akhirnya. Dia lari sangat cepat. Secepat petir menyambar BTS. Lightning Bolt julukannya. Tidak salah. Sprinter dari Jamaika ini menginspirasi rakyat negara karibia untuk menjadi olahragawan di cabang atletik. Paling banyak mendapat medali di cabang berlari. Dia melakukan sprint dan finish sambil tersenyum. Seolah tanpa usaha yang berarti. Atlet paling mahal dan sukses sepanjang sejarah olahraga atletik. Carl Lewis dari Amrik yang bisa mendekatinya. Kamu hanya bisa mendekati tapi tak bisa mendahului. Bahkan bus antar kota antar provinsi pun iri padanya.

GYMNASTICS-WORLD-OLY-2016

Simon Biles

Ini adalah olimpiade pertama dari atlet gimnastik putri dari Amerika ini. Tapi dia sudah mencetak sejarah dengan meraih empat medali emas. Total sembilan belas medali sudah dia raih. Rekor dua puluh tahun dari Shannon Miller pecah sudah olehnya. Usianya? Baru sembilan belas. Dia sudah ada di jajaran atlet papan atas. Siap-siap saja banyak produk menghampirinya untuk menjadikannya bintang iklan. Iklan sosis masuk daftar tunggu. Maaf.

rio11

Ryan Lochte

Seangkatan dan teman dari Michael Phelps. Namanya selalu ada di bayang-bayang Michael Phelps. Nasib. Padahal dia sudah meraih dua belas emas. Kalau tidak ada Phelps. Mungkin namanya yang akan melambung tapi apa daya. Kabar terakhir malam Minggu kemarin dia bersama teman-temannya ketika berada di dalam taksi, dia diberhentikan oleh sekumpulan perampok berbaju polisi. Mereka menyuruh semua yang berada di dalam taksi untuk keluar dan berbaring di badan jalan. Lochte menolak. Dia tidak merasa melakukan apa-apa. Pistol ditodongkan ke kepalanya. Lochte menyerah. Habis sudah uang mereka dikuras perampok. Selamat datang di City of Gods.

rio2

Joseph Schooling

Mengalahkan idolanya, Michael Phelps, di cabang renang gaya bebas 50 meter. Rekor Phelps pecah. Dia cuma dapet perak. Medali emas untuk Singapura sepanjang sejarah. Langsung jadi superstar. Jo akan merajalela di dunia renang beberapa tahun ke depan. Kenapa? Karena Jo selalu belajar. Seperti namanya.

Siapa lagi ya? Udah ya? Yang lain mah kan ya gitu. Seperti layaknya atlet laen. Kejutan masih bisa terjadi di beberapa hari ke depan. Misalnya Indonesia yang tidak akan dapat medali dari cabang olahraga bulu tangkis. Tapi udah dapet dua medali perak. Dari angkat berat. Triyatno mungkin bakal dapet lagi. Semoga. Demi Indonesia yang hari ini ulang tahun yang ke-71. Selamat ya. Semoga gak salah lagi milih menteri. Jangan sampai yang punya dua paspor. Di mana rasa nasionalismenya. Gila aja. Ugh.

 

Posted in: @linimasa

Leave a Reply