Cerita Makanan

Minggu lalu saya merapikan album foto di ponsel. Setelah saya amati dengan seksama, ternyata sebagian besar diisi dengan foto-foto makanan. Dan setelah saya perhatikan lagi, ada beberapa makanan yang memiliki lebih dari tiga foto. Artinya saya makan berulang kali dan setiap kali memakannya saya merasa wajib untuk memotretnya. Inilah yang kemudian menjadi syarat untuk saya masukkan ke dalam daftar My Favorite Food. Beberapa ada yang saya temukan sendiri, ada dagangan teman, ada hasil membaca di internet dan sebagainya. Karena saya termasuk pemalas jalan, maka sebagian besar makanan yang di daftar ini saya peroleh berkat jasa GoFood.

1. Nasi Sego Madre

MADRE

Ternyata Nasi Sago Merah ini yang paling sering saya pesan. Di lidah saya, semuanya pas. Nasinya pulen dan lauk di atasnya pun nikmat. Ada yang Ikan Tuna Asap Rica-Rica dan Ayam Kampung Suwir Sambel Ijo. Dari segi harga pun sangat bersahabat. Satu bungkus Nasi Sego Madre ini dijual seharga Rp 25.000,- saja. Dibungkus daun dan dalam plastik yang membuatnya praktis buat dibawa ke mana pun. Selain Nasi Sago, Madre juga menjual asinan yang tak kalah nikmatnya.

Untuk memesannya, mesti sering-sering cek FB: Madre Homemade atau IG: @madrehomemade atau langsung kontak  WA 0816 1146718 / 0856 8892998

2. Pho Saigon Delight

2015-11-29 08.17.58

Saya penggemar berat makanan Vietnam. Terutamanya Pho. Rasanya yang menyegarkan membuatnya cocok buat dimakan kapan saja. Terutamanya pas lagi bingung mau makan apa. Yang paling sering saya pesan antar dari Saigon Delight. Kuahnya menyegarkan, dan tidak menggunakan MSG sehingga tidak bersisa di lidah. Selain memang Chefnya asli dari Vietnam, Saigon Delight juga menggunakan banyak dedaunan asli Vietnam yang tak bisa dijumpai di restoran Vietnam lain di kota ini. Kalau biasa memesan Pho Ayam atau Daging, coba Pho Vegetarian yang nikmat dan memiliki sensasi ringan yang berbeda. Banh Minya pun nikmat dan menyegarkan. Favorit saya? Banh Mi Cold Cuts.

Harganya memang sedikit mahal, satu porsinya sekitar Rp 70.000,- Tapi karena porsinya besar, saya bisa memakannya dua kali. Lokasi Restorannya berada di The Bellagio Mall Kav E4/, Jl. Mega Kuningan Barat, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Untuk delivery +62 21 30066192

3.  Bakmi Kangkung Si Jangkung

IMG_8871

Kalau sedang di Grand Indonesia seorang diri, dan bingung mau makan apa, pilihan saya selalu jatuh pada Bakmi Kangkung yang letaknya ada di Food Louvre ini. Saya lebih suka bihunnya ketimbang bakmi. Dan biasanya saya minta ekstra kuah dan lebih sedikit bihun. Dengan jeruk limau dan sambalnya, sambil minum es teh tawar, beban hidup sedikit terlupakan 🙂 Dan kalau masih kurang kenyang, Si Jangkung juga menyediakan Siomay yang tak kalah nikmatnya.

Lokasinya di Skybridge Food Louver, Grand Indonesia, Lantai 3, Jl. M. H. Thamrin No.1, Jakarta 10310.

4. Bakmi Yong Yam

IMG_6044

Bisa dibilang inilah makanan paling nyaman yang hampir saya pesan setiap Minggunya. Terutama sejak ada GoFood karena lokasinya yang agak jauh. Bakmi resep Singkawang ini keistimewaannya ada pada tekstur bakminya yang pas, tumisan daging manis dari karamelisasi gula serta sapi kontet cincang yang dipadatkan di atasnya. Biasanya saya menambahkan pesanan Pangsit. Karena dalam seporsi Pangsit itu juga ditambahkan cacahan daging sapi kontet padat yang bisa saya tambahkan sendiri saat makan. Harga Bakmi YongYam spesial ini, Rp 28.000,-. Kalau ditambah Pangsit Rp 25.000,- dan Gojek sekitar Rp 25,000 maka tak sampai Rp 100.000 saya bisa dua kali makan. Hari Minggu pun tinggal leyeh-leyeh seharian.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No. 116A, seberang Rs. Husada.

5. Oden – Papaya

IMG_7224

Oden semacam kuah campur dari Jepang. Kuahnya sendiri adalah kaldu yang dicampur Dashi, semacam penyedap rasa yang biasa digunakan di berbagai kuah Jepang. Isinya beragam, ada potongan labu, tahu, bakso ikan, telur dan lainnya. Favorit saya adalah yang siap saji dari Supermarket Papaja. Dengan harga di bawah Rp 50.000,- dan rasanya yang benar-benar menyegarkan, menjadikannya pilihan aman setiap saat. Kadang saya makan begitu saja, kadang saya tambahkan bihun atau konyaku noodle kalau ada dan taburkan sedikit cacahan daun bawang.

PAPAYA SUPERMARKET Jl. Melawai No.28, RT.3/RW.1, Melawai, Jakarta Selatan, T. +62 21 72793777

6. Nasi Pecel Ramidjan

IMG_2024

Saya belum banyak mencoba Pecel yang ada di kota ini. Yang membuat saya jatuh hati pada Pecel Ramidjan adalah rasanya yang halus dan sopan. Saya bukan penyuka pedas yang berlebih atau gurih berlebih. Makan di tempat atai delivery menggunakan GoFood membuat Pecel Ramidjan pilihan utama kalau saya rindu masakan rumahan. Biasanya saya selalu minta tambahan Brongkos dan Kreceknya. Saat memakan pun saya pisahkan karena saya tidak suka nasi Pecelnya banjir.

Pecel Ramidjan, Jalan Professor Joko Sutono SH No.3, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, T: +62 21 7208448

7. Cheetos Puffs Cheddar Cheese

IMG_0085

Saya penggemar cemilan atau yang seperti tertera di kemasannya, makanan ringan ekstrudat. Kegemaran saya selalu berganti dari waktu ke waktu. Tergantung apa yang terbaru dan tersedia di supermarket. Belakangan ini saya tergila-gila pada Cheetos Puffs Cheddar Cheese ini. Kalau ada yang sebelum ini suka dengan Puffs import dengan harga selangit, bisa mencoba versi lokal yang sama nikmatnya. Untuk menambahkan sedikit kenikmatan, saya menaburkan bumbu Italian, yang biasanya saya dapatkan dari IG: @si_mir

Jarang terlihat karena sepertinya laku keras. Dapatkan di Supermarket, mini market, hyper market terdekat di kota Anda.

8. Texas Fried Chicken

IMG_7928

Saya percaya, makanan tak bisa dinilai hanya dari enak atau tidak enak. Tapi lebih seringnya ada cerita atau sejarah yang menyertainya yang menjadikannya istimewa. Texas Fried Chicken adalah salah satunya. Dari saya SD, ayam goreng Texas ini menjadi favorit melebihi franchise dari luar yang juga tersedia saat itu. Ditambah lagi mereka menjual ati dan ampela gorengnya juga. Setiap kali saya makan di sini, saya selalu bernostalgia. Aroma pasar Blok M lokasinya dulu, suara-suara keramaian, suara ibu saya yang saat memesan dan membayar serta kegembiraan saat mengunyah kulit ayamnya, kembali dengan manisnya dalam ingatan.

Ada 3 cabang, yang paling sering saya kunjungi berada di Jl. Cikini Raya No. 60 A. Kalau ke sini, jangan lupa pesan es kopinya yang juga nikmat dan menyegarkan.

6. Affogato Pannacotta Etc.

IMG_6738

Kadang saya ingin ngopi tapi saya juga ingin makan dessert tapi saya tak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak. Beruntunglah di Pannacotta Etc., Affogato yang ditawarkan menggunakan Pannacotta sebagai gantinya es krim yang lazim digunakan. Jadi daripada memesan Espresso dan Pannacotta terpisah dan jadinya lebih mahal, pesan saja Affogatonya. Paket 2 in 1 yang bisa memuaskan kedua keinginan dengan satu harga. Psstt… ini adalah salah satu trick yang hanya tadinya hanya saya bagikan ke teman-teman terdekat.

Lokasi yang paling sering saya kunjungi yang di Pacific Place. Dengar-dengar, cabang yang di Senayan City sudah ditutup. Pacific Place Lantai 4, Jl. Jend. Sudirman, T :+62 21 57973540

10. Papaya Bakery

2015-12-26 08.07.41

Jujurnya saya tidak ingat apa nama toko kue yang terletak di dalam Supermarket Papaya ini. Dari selama ini mencoba, sepertinya hampir tidak ada yang tidak enak. Terutamanya bagi yang suka kue dengan tekstur ringan dan tak giung. Pilihan utama saya ada pada Coffee Jellynya. Rasanya kopinya benar seperti rasa kopi, bukan perasa. Tekstur jellynya pun pas. Sebenarnya kue-kue ini cocok buat dimakan sendiri atau hantaran. Dari tampilannya yang serius pun terlihat niatnya. Saran saya, selalu hanya membeli kue dari toko kue yang ramai. Karena itu berarti perputaran kuenya pun cepat dan kita selalu mendapat kue yang baru jadi.

Papaya Fresh Gallery, Jl. Melawai No.28, RT.3/RW.1, Melawai, Jakarta Selatan. T: +62 21 72793777

 

Iklan

12 thoughts on “Cerita Makanan

  1. Belum pernah ngerasain Bakmi Yong Yam. Lebih seringnya nyobain bakmi serupa yang banyak bertebaran di Singkawang, hahahaha

    Jadi kangen kampung halaman..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s