Apa Arti Sebuah Doa

1446093513-737989-786845

Menurut Anda, apakah dunia ini akan menjadi lebih baik, jika ‘habluminallah’ dan ‘habluminannas’ diterjemahkan seperti ini:

Kita berdoa melalui tindakan dan apa yang kita lakukan terhadap orang lain. Kita berdoa agar diberi kebaikan yang tak bertepi, dengan cara berbuat baik tanpa syarat  ke orang di sekitar. Berdoa memohon kekayaan, dengan membagikan harta (yang berlebihan, dan semampunya) kepada orang yang membutuhkan. Mengucap minta diberikan situasi yang lebih baik di dunia ini, dengan mengusahakan dunia yang lebih menyenangkan untuk manusia di sekitar kita. Mendoakan agar kita mendapat penghasilan yang cukup dan teratur, dengan meyakinkan bahwa orang-orang yang bekerja untuk kita mendapatkan upahnya tepat pada waktunya, dan dalam jumlah yang adil. Kita melakukan apa yang kita lakukan, dan menjadi manusia seperti seperti ini, karena kita percaya bahwa doa ada di dalam apa yang kita lakukan pada orang lain, bukan dalam kata-kata yang keluar dari mulut kita. Kita lakukan apa yang kita lakukan, karena kita tahu bahwa apa pun yang kita lepas di dunia ini akan kembali lagi kepada diri.

Lalu kita melakukan ritual seperti sembahyang, berpuasa, atau apa pun, bukan untuk meminta sesuatu dari sang pencipta. Bukan juga untuk mengumpulkan reward yang kita harapkan bisa redeemable di akhirat nanti. Tetapi kita melakukannya karena, (kalau kita benar-benar ingin ingat) kenikmatan yang kita dapatkan luar biasa banyaknya, dan kita perlu cara khusus untuk mengekspresikan rasa syukur ini. Seperti ucapan ‘terima kasih’, tetapi lebih heboh, gitu.

Tak jarang saya merebahkan diri di tempat tidur yang terasa begitu nyaman, karena di samping saya ada anak yang sedang tidur terlelap, di atas saya ada atap rumah, dan di kulit saya terasa sejuk udara kamar saya, tiba-tiba saya merasa begitu beruntung. Saat itu juga terucap rasa terima kasih kepada semesta atas semua yang saya rasakan di momen itu. Perasaan seperti itu terkadang terasa begitu kuat, sampai hampir tak mungkin dilewatkan. Tetapi jika kita sering tak mengindahkannya, semakin lama, semakin mudah rasanya untuk dilupakan.

Mudah-mudahan banyak yang setuju.

when-a-ginger-prays_c_3120825

Iklan

4 thoughts on “Apa Arti Sebuah Doa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s