Mendengar Dengan Hati

Adakah yang suka dengan AC/DC di sini? Bukan Karjo lho. Ini band rock legendaris dari Australia. Mereka sudah ada sejak awal tahun 70an. Yang menjadi maskot dari band sekaligus pendiri adalah Angus Young. Gitaris ini memiliki ciri-ciri selalu memakai gitar Gibson dan memakai busana anak sekolah di luar negeri sana. Dia juga terkenal dengan duck-walknya. Gaya yang banyak menginsipirasi banyak gitaris sesudahnya. Sebut saja Eet Syahrani. Berita menyedihkan didapat ketika Brian Johnson, sang vokalis, tidak boleh manggung oleh dokter pribadinya karena pendengarannya terganggu. Jika dia keukeuh tetap manggung maka ia akan kehilangan pendengarannya secara permanen. Mereka mempunyai hutang belasan tur di belahan negara Eropa. Konsekuensinya? Mereka membatalkan sisa tur yang ada, atau mencari penyanyi pengganti. Mencari pengganti Brian Johnson adalah hal yang agak sulit ditiru. Mengingat jenis suaranya yang khas dan juga dia mempunyai persona yang tidak semua orang memilikinya.

acdc5

Berita ini sampai kepada Axl Rose, vokalis dari Guns N’ Roses, yang baru saja mengadakan reuni. Axl menawarkan dirinya untuk menjadi pengganti di sisa tur AC/DC. Axl mempunyai tipe suara yang agak mirip dengan Brian. Tapi Axl Rose adalah Axl Rose. Seorang frontman yang terkenal temperamental. Terkenal sebagai tukang ngaret. Biang kerok. Sangat moody.  Tapi AC/DC tidak banyak mempunyai pilihan. AC/DC menjadi menerima pinangan Axl Rose. Hasilnya maka fans AC/DC terbelah. Banyak yang mencibir keputusan ini. Ribuan tiket dikembalikan. Mereka menganggap Brian Johnson tidak tergantikan sebagai mana Angus Young yang juga tidak ada gantinya. Tapi the show must go on. Dan setelah saya lihat di beberapa footage di youtube pun suara Axl Rose tidak mengecewakan. Bahkan boleh dibilang bagus. Dia pun tidak banyak berulah.

acdc

Kabar ini juga ternyata sampai kepada Stephan Ambrose, seorang teknisi yang bergelut di bidang in-ear-monitor yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki masalah dengan pendengaran. Stephan seorang penggemar berat AC/DC dan ia menginginkan agar Brian tetap di AC/DC dan tetap manggung seperti sedia kala. Alat sejenis earphone ini bisa membantu mereka yang pendengarannya terganggu. Bisa dibayangkan jika anda selama belasan tahun pendengarannya terganggu dan ternyata dengan memakai alat ini pendengaran anda menjadi normal lagi?

Atau coba bayangkan jika yang selama ini hilang lalu seketika kembali ke pangkuan.

Posted in: @linimasa

Leave a Reply