Air Mani

Suku Sambia di Papuanugini punya tradisi unik menginisiasi anak laki-laki mereka menjadi pria dewasa. Mereka wajib menelan air mani (semen) orang dewasa lewat oral sex. Mereka percaya maskulinitas ditularkan lewat air mani pada generasi mudanya. Semakin banyak pemuda menelan air mani, semakin gagah dan kuat nantinya. ——Tolong hubungi penulis segera kalau praktik ini ada di Jakarta, ya?

Di dunia modern ini ada juga yang percaya air mani punya khasiat khusus, selain mengakibatkan kehamilan. Beberapa menyebutnya cairan awet muda karena menghilangkan kerutan dan menghambat penuaan. Penghilang stress. Sampai dikaitkan dengan penyembuhan macam-macam penyakit.

Sampai tulisan ini terbit, aku belum menemukan satupun kawan perempuan yang mau menelan air mani pasangannya. Berbeda dengan kawan laki-laki, setidaknya ada 4 dari 10 homoseksual yang ndak keberatan menelan air mani. Satu orang dari mereka bahkan pernah menelan air maninya sendiri. Cuplikan ini ndak melibatkan laki-laki heterosexual karena, um, ya masa sih?

Bolehkah Menelan Air Mani?
Ya boleh lah! Tapi sebelum melakukannya, bahkan sebelum terlibat dalam oral sex, sebaiknya yakin dulu kalau lawan sex kita bebas penyakit yang bisa ditularkan secara seksual. Semua virus dan bakteri penyebab penyakit seksual ikut dalam air mani. Termasuk Hepatitis B dan HIV. Jadi, sejauh kita belum yakin betul kondisi kesehatan lawan seks kita, baiknya jangan.

Ketimbang boleh ndak boleh. Pertanyaan yang lebih relevan sebetulnya: mau ndak? Banyak yang menganggap menelan air mani menjijikan. Ada yang langsung muntah sebelum ditelan. Ada juga yang suka. Meski belum sampai ketagihan, tapi mereka lakukan secara berkala. Menelan air mani bisa juga karena ndak sengaja sewaktu melakukan oral sex. Sama seperti apapun yang masuk mulut kita, tergantung selera aja deh.

Komposisi Air Mani

image
Komposisi Air Mani dari 70 ejakulasi. Sumber: Wikipedia

Mani sebagian besar terdiri dari air. Ia juga mengandung asam amino dan protein, gula seperti fruktosa dan glukosa, mineral seperti seng dan kalsium, vitamin C, dan beberapa nutrisi lainnya. Sel sperma sendiri cuma kurang dari 1% total air mani. Sama seperti makanan lainnya, air mani yang masuk dalam jalur pencernaan kita akan diproses tanpa diskriminasi. Hasil pencernaan ini masuk dalam aliran darah dan didistribusikan pada organ-organ dan fungsi biokimia tubuh yang membutuhkan. Butuh sekitar 70 kali ejakulasi untuk mendapatkan daftar komposisi yang signifikan diatas. Artinya, sekali-dua kali mengonsumsi air mani belum begitu bermanfaat secara gizi.

Terus, Rasanya Gimana?
Rasa air mani mungkin bervariasi. Kualitas alkali air mani memberikan kesan pahit. Kandungan mineral dan enzim anti imun berkontribusi pada rasa asin. Zat seng yang sangat tinggi mengakibatkan rasa tajam menusuk dengan kesan metal yang kuat. Seng dan protein juga menjadi faktor utama aroma air mani yang tajam. Komposisi Fruktosa dalam air mani menyumbangkan rasa manis.

Bagi yang terbiasa dengan istilah olfaktori: rasa air mani relatif pahit-umami-menusuk tergantung makanan sehari-hari. Bukan asin, seperti yang dipercaya banyak orang selama ini. Untuk orang awam; merentang dari hambar sampai amit-amit.

Secara ilmiah, klaim Suku Sambia atau mitos modern soal menelan air mani ndak terbukti. Air mani terlalu kecil manfaat proteinnya ketimbang susu atau telur. Terlalu minim mineral jika dibandingkan dengan sayuran hijau atau ganggang laut. Dan terlalu absurd kalau dibilang menurunkan maskulinitas.

Tapi, ada satu fakta yang menarik: semua orang sepakat bahwa butuh cinta yang begitu besarnya hingga seseorang mau menelan air mani pasangannya.

Iklan

6 thoughts on “Air Mani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s