How to Stay Sane (Living in this Country)

  1. Rapikan tempat tidur setelah bangun pagi. Terdengar sederhana, tapi patut dicoba. Ada rasa puas saat meninggalkan kamar dalam keadaan rapi. Tidak harus sampai sangat bersih, tapi cukup rapi. Selimut dilipat, bantal guling tertata seperti sedia kala.
    Once you complete this, it’s actually the first accomplished mission of the day.
  2. Menulis. Apapun. Lebih baik menulis kejadian yang terjadi kemarin. Meskipun itu sekedar naik kendaraan umum dari rumah ke tempat beraktivitas. Atau menu makan siang kemarin. Atau gosip yang beredar di kantor. Yang penting, menulis. Dan menulis di sini adalah menulis dengan tangan, pena dan kertas. Sejelek apapun tulisan tangan kita.

  3. Membaca. Apapun. Lebih baik buku fiksi. Commit atau tetapkan niat untuk membaca paling tidak 10 halaman tiap hari. Makanya, lebih baik bacaan yang menyenangkan. Bukan kitab suci, bukan diktat kuliah atau materi brief pekerjaan.

  4. Sarapan. Silakan skip makan siang, atau makan malam sekalipun. Tapi jangan sekali-sekali meninggalkan sarapan. Tidak pernah ada alasan terburu-buru sehingga tidak sempat sarapan.

  5. Bergerak. Tidak punya waktu buat olahraga? Commit atau tetapkan niat untuk berjalan kaki. Keluar dari meja kerja untuk makan siang, tidak melulu panggil OB untuk membelikan makanan. Memanggil kendaraan umum tidak persis di depan rumah atau kantor, tapi ada jarak sekian ratus meter dari tempat biasanya.

  6. Matikan televisi.

  7. Dengarkan musik. Pilih musik yang belum pernah kita dengarkan sebelumnya. Jangan buru-buru matikan di 1-2 menit pertama. Tahan sampai 5 menit. Tahan mendengarkan musik itu sambil beraktivitas. Memasak, merapikan rumah, membaca catatan kerja, apapun. Jangan ganti musik itu sampai 5 menit. Setelah itu, kalau masih tidak suka, baru boleh diganti.

  8. Berbicara dengan orang lain. Bukan lewat aplikasi di ponsel. Berinteraksi secara nyata. Setelah pesan gado-gado, lengkap dengan tambahan “pedas, tidak pakai pare, bumbu dipisah” dan lain-lain, coba mulai pembicaraan singkat. “Dari jam berapa bapak jualan?” “Biasanya abis jam berapa, sih?” Tidak perlu terlalu banyak bertanya. Satu atau dua pertanyaan sudah membuat orang lain berbicara. We all want to be asked and heard.

  9. Kurangi gula.

  10. Ini yang paling susah: love someone.

  11. Setelah semuanya poin di atas tercapai, tidur. Padamkan lampu. Matikan ponsel. Tidak perlu memberitahu Anda sedang tidur di media sosial. Just sleep.

sleep

Repeat.

Posted in: @linimasa

Tagged as: ,

24 thoughts on “How to Stay Sane (Living in this Country) Leave a comment

  1. Let’s love and be loved… halah… -bergaya motivator-

    Menulis itu susah sekarang. Membaca masih lebih gampang. Televisi udah gak punya. Mungkin perlu nambah, mengurangi keinginan dan menyadari kebutuhan

      1. The need to be praised, attention, satisfaction. Do u know that a baby has the ability to self-sooth themselves, until one day many of them losing it…

Leave a Reply