Grammy 2016: Penghuni Empat Besar Dan Joey

Seperti layaknya sepakbola di Liga Inggris. Mereka yang masuk nominasi di kategori empat besar adalah idaman dari para musisi. Khususnya di helatan Grammy Awards. Hari ini, pagi hari waktu Indonesia gelaran Grammy untuk ke 58 kalinya akan dimulai. Gelaran kali ini akan diadakan di Staples Center, California. Kandang dari Los Angeles Lakers. Empat kategori bergengsi itu adalah Best New Artist, Best Song, Record of the Year dan Album of the Year. Tapi sepertinya di kategori ini masih akan diisi oleh muka lama. Kecuali di Best New Artist tentunya. Amerika Utara sepertinya stagnan perkembangan musiknya. Mungkinkah ini karena akibat EDM yang merajalela. Hingga saat ini susah sekali mencari band rock baru berkualitas yang berasal dari Amerika Serikat. Ada tapi satu yang mencuat.

grammys5

 

Album of the Year

Alabama Shakes – Sound and Color, Kendrick Lamar – To Pimp a Butterfly, Chris Stapleton – Traveller, Taylor Swift –1989, The Weeknd – Beauty Behind the Madness

Yang akan menang: Kendrick Lamar, To Pimp a Butterfly

Tidak ada album hip-hop yang lebih eklektik dari To Pimp a Butterfly. Album hip hop yang puitis dengan sentuhan soul, funk, free jazz, dan juga brass section. Agak sedikit jengah kali pertama mendengarkannya. Tapi jika didengarkan berulang. Ini album yang bagus sekali. Konon almarhum David Bowie pun menyukainya. Pengaruhnya bisa didengar di album terakhirnya, Blackstar. Album ketiga dari Kendrick Lamar ini adalah album yang paling banyak mendapatkan nominasi di ajang Grammy tahun ini. Ketika sebuah album mendapatkan persetujuan dari Presiden Obama dan juga membahas 2Pac di lirik lagunya maka hampir pasti dia akan mendapatkan grammy di kategori ini. Ganjalan terberatnya ada di album 1989 milik Taylor Swift. Karena walau bagaimanapun dia adalah Taylor Swift. Biduanita kesayangan Grammy. Tapi hati saya ini sebetulnya lebih menginginkan Alabama Shakes yang mendapatkan grammy di kategori ini. Musiknya keren. Vokal Brittany Howard itu bikin mendiang Janis Joplin minder. Ah, yang penting bukan Taytay deh.

D’Angelo – “Really Love”, Mark Ronson featuring Bruno Mars – “Uptown Funk”, Ed Sheeran – “Thinking Out Loud”, Taylor Swift – “Blank Space”, The Weeknd – “Can’t Feel My Face”

Yang akan menang: Mark Ronson featuring Bruno Mars, “Uptown Funk”

Di kategori ini adalah penilaian diberikan kepada proses rekaman keseluruhan. Melihat dari nominasi yang ada sepertinya kategori ini akan digaet oleh Mark Ronson dan Bruno Mars. Lagu ini segar. Dengan balutan retro-funk dan dia juga akan tampil di Grammy membawakan lagu ini. Selain itu kemarin lagu ini sempat tampil juga di Superbowl Halftime Show–mengingatkan bahwa dia bisa mengimbangi penampilan Beyonce di acara tersebut. Ganjalan lagi-lagi ada di Taytay atau mungkin The Weeknd.

Wiz Khalifa featuring Charlie Puth – “See You Again”, Ed Sheeran – “Thinking Out Loud”

Yang akan menang: Kendrick Lamar – “Alright”

Saya tidak melihat ada lagu lain yang sangat pantas untuk mendapatkan Grammy di kategori ini. Walaupun lagi-lagi Taylor Swift bisa saja mengkudeta Kendrick dengan lagu Blank Space-nya.

Best New Artist

Courtney Barnett, James Bay, Sam Hunt, Tori Kelly, Meghan Trainor

Yang akan menang: Meghan Trainor

Kategori ini bergengsi karena dari sini banyak dilahirkan artis besar. Whitney Houston, Mariah Carey, Adele adalah jebolan dari Best New Artist. Walaupun pribadi saya lebih menginginkan James Bay yang mendapatkan kategori ini. Tapi sepertinya Meghan Trainor yang akan menggondol trofi kali ini. Sepertinya semua orang tahu lagu All About The Bass. Lagu yang sekali denger bisa langsung lengket dan susah ilangnya. Earworm.

Untuk kategori lainnya yang akan mendapatkan Grammy kali ini mungkin ada Alabama Shakes dengan lagu Don’t Wanna Fight. Kategori Best Rock Performance ini Brittanny dan kawan-kawan akan bersaing ketat dengan Florence + The Machine dan Foo Fighters. Sementara di kategori Best Pop Solo Performance mungkin di sini The Weeknd akan mendapatkan Grammy pertamanya. Walaupun di sana ada Taytay, Ed Sheeran, dan Kelly Clarkson. Ellie Goulding juga bisa saja membuat kejutan. Sementara di kategori Best Pop Duo/Group Performance Bruno Mars akan bersaing dengan Maroon 5, Taytay, Wiz Khalifa, dan juga Florence + The Machine. Tapi sepertinya Bruno Mars akan menggondol dua Grammy tahun ini. Dan di kategori Best Pop Vocal Album saya ingin sekali Florence + The Machine mendapatkan Grammy. Namun sepertinya NARAS, sebagai juri dari Grammy lebih memilih Taylor Swift. Eurgh.

Musisi lainnya yang patut diperhatikan di ajang Grammy ini adalah Leon Bridges dengan album perdananya Coming Home yang mencoba mengembalikan tren soul ala Sam Cooke. Wolf Alice juga dari album perdananya di genre rock yang mengingatkan kita pada grup band dengan personil wanita di era 90an. James Bay juga boleh disimak. Apabila ada yang masih ingat dengan Hozier di tahun lalu–maka James Bay kali ini yang mengisi posisi tersebut. Bjork dan Tame Impala juga mendapatkan nominasi di ajang Grammy Awards tahun ini. Walaupun kemenangannya mungkin tidak akan mendapat perhatian. Dan mungkin mereka juga tidak begitu peduli. Untuk penyuka musik genre metal Ghost boleh dijajal. Sisanya ada Lamb of God, Slipknot, dan August Burns Red.

IMG_20160215_234004

Banyak penampil yang oke di gelaran kali ini. Lady Gaga akan tampil sebagai tribut untuk mendiang David Bowie. Johnny Depp dengan band-nya yang dihuni oleh Joe Perry dari Aerosmith dan Alice Cooper dengan nama The Hollywood Vampires juga akan memainkan tribut untuk mendiang Lemmy Kilmister, vokalis dan pendiri band legendaris Motorhead. Dan satu lagi yang paling penting. Ada satu nama yang tidak boleh dilupakan: JOEY ALEXANDER! Entah ini pertama kalinya WNI yang dinominasikan di Grammy Awards? Sepertinya iya. Dia adalah seorang anak ajaib berusia 12 tahun dari Indonesia kelahiran Denpasar, Bali–yang mendapatkan dua nominasi di kategori Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo dari album perdananya My Favorite Things. Betul ini adalah salah satu lagu dari sontrek film The Sound of Music. Joey memang penggemar berat John Coltrane. Coltrane melakukannya dengan trompet. Sementara Joey memainkannya dengan piano. Menang tidak menang saya adalah penggemar beratmu. Karena kamu sudah memenangkan hatiku. Eh.

Iklan

One thought on “Grammy 2016: Penghuni Empat Besar Dan Joey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s