Belum Ada Judul Bagian Dua

Setidaknya ada tiga waralaba di industri musik dan atau film yang tidak pernah kehabisan penggemar dan selalu menciptakan penggemar baru. Mereka adalah The Beatles, Star Wars, dan James Bond. Kalau ada lagi selain mereka tolong koreksi saya.

bond2

Jika Battle of Britain adalah ketika Inggris melalui Perdana Menterinya pada saat itu, Sir Winston Churchill, yang meminta bantuan militer kepada Theodore Rosevelt, Presiden Amerika Serikat saat itu karena serangan dari Hitler dengan Partai Nazi-nya yang ingin menguasai Eropa. MI6 dan CIA bahkan saling bertukar informasi. Maka James Bond adalah produk film yang diangkat dari novel karya Sir Ian Fleming. British Invasion ini berbarengan dengan The Beatles yang juga menyerbu industri musik Amerika Serikat dengan album perdananya Please Please Me. Dr. No dan Please Please Me dirilis pada tahun yang sama. Kebetulan? Saya kira tidak. Sudah 24 film Bond dihasilkan. Spectre adalah yang terbaru dan konon terakhir untuk Daniel Craig. Semua syarat telah terpenuhi oleh Spectre untuk menjadi film box office yang akan tayang hari Jum’at ini di bioskop Indonesia. Kekurangannya cuma satu. Theme song yang cupu. Tau kan sapaaa yang nyanyii? :p

beatles

Revolusi pop dunia dimulai oleh The Beatles. Walaupun saya tetap menganggap mereka sebagai rock star sejati. Dimulai dari era 60an awal ketika mereka masih imut dan digilai oleh semua perempuan dan juga laki-laki. Lalu pernyataan kontroversialnya yang mengundang kemarahan kaum Kristiani bahwa mereka lebih populer dari Yesus. Tapi mereka tidak pernah meminta maaf. Mereka malah balik bertanya. Kalau ada The Beatles konser pada hari Minggu mana yang akan mereka pilih? Pergi ke gereja atau menonton The Beatles? Tapi semenjak album Help! mereka memutuskan untuk tidak melakukan konser lagi. Kenapa? Karena penonton terlalu berisik. Saking berisiknya musiknya nyaris tidak terdengar. Seperti iklan mobil. Kalau tidak percaya tanya saja Meryl Streep. Dia pernah menonton konser The Beatles. Pengakuan jujur bahwa mereka memakai narkoba juga merupakan hal yang kontroversial pada saat itu. Tapi siapa sih musisi hebat yang tidak pernah menyentuh narkoba? Sampai sekarang produk The Beatles masih banyak yang mencari. Dan manajemennya pun tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Terakhir ini mereka baru saja merilis video musik dengan kualitas HD sampai 1080p. Belum dan sepertinya tidak ada sinyal untuk berhenti. Karena salah satu ciri orang tua yang baik adalah orang tua yang mengenalkan The Beatles kepada anaknya.

Star-Wars-The-Franchise-Poster

Star Wars sekarang sudah memasuki film ketujuh. Walaupun banyak yang hanya mengakui tiga film pertama sebagai karya puncak dari George Lucas. Tapi film yang mulai dirilis di tahun 1977 dengan judul Star Wars lalu menjadi dikenal sebagai Episode IV: A New Hope telah menjadi fenomena pop culture di seluruh dunia. Formula sederhana dari sang kreator, George Lucas ini yaitu science fiction luar angkasa ditambah sedikit dongeng dan intrik politik membuat film ini mudah dicerna dan disukai oleh segala kalangan. Segala hal yang berbau Star Wars dijamin akan diserbu. Dari novel, komik, serial TV, video game atau action figures pasti semuanya laku. Seburuk apapun filmnya nanti–saya tetap yakin The Force Awakens akan menjadi film paling laku di tahun 2015-2016. Kalau tidak ya mungkin ada di posisi nomer dua setelah Jurrasic Pratt.

Mereka tidak menawarkan hal baru ataupun istimewa. Semuanya daur ulang. Lalu apa yang membuat mereka bertahan selama ini?

Iklan

4 thoughts on “Belum Ada Judul Bagian Dua

  1. Semua pop culture product bisa jadi franchise. Dan semua franchise bisa masih terus relevan, sepanjang IP owner(s) tahu, bagian mana yang bisa dieksploitasi kapan, dan berapa lama. Berapa lama bisa berlaku buat kapan masa eksploitasi itu berjalan, dan kapan jarak yang harus diambil dari satu bagian eksploitasi ke bagian lain. Makanya, DC dan Marvel comics masih bertahan. Star Trek juga. Bahkan revitalisasi serial anak2 Nancy Drew juga sedang direncanakan. As long as it milks money, a franchise can still live.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s