Balada Tukang Tahu Gejrot, James Bond, dan Sam Smith

Sebetulnya menurut gosip yang beredar sebelum dia terpilih adalah Ellie Goulding yang akan mendapatkan kehormatan untuk membawakan lagu tema dari film waralaba James Bond terbaru. Ellie Goulding siapa sih? Itu lho yang lagunya seliweran di Path. Yang judulnya itu lagi itu lagi. Si anak bawang Sam Smith berulang kali membantah isu yang beredar. Pasar taruhan di Inggris sana bahkan menjagokan Radiohead. Bukan Sam Smith. Tapi saya curiga Thom Yorke akan menolak kalaupun Radiohead terpilih. Kenapa? Pertama, karena dia Thom Yorke. Kedua, karena dia bisa dan sangat mungkin akan melakukan itu.

Lalu setelah melalui dissenting opinion pilihan pun dijatuhkan ke Sam Smith. Begitu saya mendengar kabar ini saya langsung gelisah. Saya sedang di rumah makan Padang kesayangan. Nasi rendang pun saya tinggalkan. Jus mangga sisa setengah. Rokok Djisamsoe yang saya hisap pun mendadak rasanya seperti Djarum Coklat. Kenapa harus Sam Smith?? Saya hanya bisa menggerutu sepanjang perjalanan pulang ke rumah. Bahkan saking jengkelnya motor yang saya kendarai hampir menyerempet tukang tahu gejrot. Padahal saya tidak ngebut. Beruntungnya tukang tahu gejrot sudah mengantisipasi kondisi yang akan terjadi. Saya pun menepi. Lalu saya meminta maap kepada tukang tahu gejrot yang tidak tahu menahu mengenai masalah yang sedang alami. Lalu saya memesan tahu gejrot untuk menebus kesalahan saya. Biar ice-breaking juga. Lalu kami pun ngobrol dan saya tanya pendapatnya mengenai Sam Smith.

James Manurung, nama tukang tahu gejrot (nama yang edgy memang untuk tukang tahu gejrot) pun terperanjat ketika saya bilang kalo Sam Smith yang akan bawain lagu James Bond berikutnya. Hampir saja dia jatuh dari kursi ketika akan ngulek gula merah. “Ah masa sih, Kang? Sam Smith? Yang nyanyi Stay With Me tea?” ujarnya sambil sambil terus ngulek bumbu tahu gejrot. “Anjis! Butut si eta mah. Lagunya yang enak ngan tilu, Kang. Sisanya apeu. Naha nyak? Kayak gak ada penyanyi deui di Inggris teh.” Saya kaget ternyata dia lebih tahu Sam Smith daripada saya. Tapi sekaligus saya senang karena saya merasa punya teman berkeluh kesah di panas yang terik siang hari itu. Saya gali lagi lah lebih dalam mumpung ketemu teman sehati.

“Emang yang bagus siapa sih penyanyi jaman kiwari yang cocok gantiin Sam Smith, Mang James?” Siapa tau kan dia punya ide yang oke. Dia pun menghela napas panjang “Nyebutnya Hames, Kang. Bukan Jeyms. Kayak pemaen Madrid yang dari Kolombia. Saya mah lagi lagi suka Tom Odell, Kang” Suka gak? Cobain gera yang judulnya Another Love. Suka inget ke Billy Joel kalo dengerin dia teh.” ujarnya sambil menyodorkan satu porsi tahu gejrot yang siap untuk disantap. “Kalo si Lana Del Rey kumaha, Mang? Cocok teu si eta nyanyi James Bond?” Saya coba melempar ide sambil menusuk potongan tahu gejrot. “Bisa wae sih, Kang. Tapi kudu aya adegan di pantai dia mah. Lagunya rada melendoy nyak dia mah. Eta kumaha kurang lada teu tahu gejrotna?” Dia balik bertanya. “Cekap, Kang. Pas. Kalo London Grammar gimana, Mang?” Dia tersenyum “Eta mah paporit saya atuh. Geulis jeung sorana alus dih. Halimpu. Si eta pas kayaknya yah daripada si ontohod Sam Smith. Atau Florence+The Machine bagus tah. Baru ngeluarin album juga. Suka pake orkestra lagunya. Oh iyah itu Garbage yang The World Is Not Enough baru itu lagu James Bond, Kang. Mantep eta mah. Yang Duran-Duran juga enak tuh, Kang. Itu kan generasi saya. Yang versi a-ha juga saya suka. Roger Moore lah pokoknya James Bond terbaik mah.” Waaah. Saya kagum sama tukang tahu gejrot yang satu ini. Saya baru nyadar juga ternyata gaya rambutnya mirip dengan Simon Le Bon dari Duran-Duran. Jaman masih mullet. Dengan setelan John Taylor. Tukang tahu gejrot yang sangat flamboyan.

Kami pun berbincang sambil bersenda gurau di bawah pohon kesemek mengenai lagu James Bond dari era Louis Armstrong sampai Adele. Tak terasa matahari pun ternyata sudah bergeser ke bawah. Senja hampir tiba. Tak terasa empat porsi tahu gejrot sudah saya habiskan. Empat teh botol pun sudah saya seruput habis. Entah berapa batang Djisamsoe yang saya hisap siang itu. Djisamsoe yang kembali ke rasa aslinya. “Ya udah atuh, Mang, saya pulang dulu yah.” Saya pun berpamitan. “Oh iya, Kang. Saya juga ini mau beli beli whiskas buat si Cleopatra, kucing istri saya. Di Alfamart ada gak yah. Aya-aya wae ucing teh. Dikasih ikan asin gak mau!” Saya tergelak tak kuasa menahan tawa. “Ada Mang, itu sebelah Alfamart kan ada pet shop.” ujar saya sambil menunjuk seberang jalan. “Oh iya. Nuhun ah. Punya Line gak, Kang? Add atuh punya saya. Seneng saya mah sama Line. Bodor eta stiker Syahrini sama si Aliando. Koq bisa ada suaranya yah. Hahhahahahahaha.” Saya pun ikut ngakak. “Iya, Kang. Saya juga donlot da. Edan kitu nyak eta si Princess. Pelesir wae. Sok folow geura Instagramna. Ini nih ID Line saya.”

Setelah bertukar ID Line kami pun berpisah berlawanan arah. Oh iya di bawah ini adalah daftar lagu-lagu terbaik tema James Bond menurut Mang James Manurung, si tukang tahu gejrot. Tidak berurutan dan tidak bernomer, demi menjamin kerahasiaan siapa juara pertamanya. Cuma saya, pohon kesemek, Tuhan dan tukang tahu gejrot yang tahu.

Pierce Brosnan: Tomorrow Never Dies (1997).

Pierce Brosnan: The World Is Not Enough (1999).

Roger Moore: A View To Kill (1985).

Sean Connery: Goldfinger (1964).

Pierce Brosnan: GoldenEye (1995)

George Lazenby: On Her Majesty’s Secret Service (1969).

Roger Moore: The Spy Who Loved Me (1977).

Roger Moore: Live And Let Die (1973).

Judul film: Spectre (2015). Pemain: Daniel Craig, Lea Seydoux, Monica Bellucci, Christoph Waltz, Naomi Harris, Ralph Fiennes. Pengisi lagu? Sam Smith. Ew.

Bond

Udah ah. Saya mau ke WC dulu. Atit peyut. 

Iklan

15 thoughts on “Balada Tukang Tahu Gejrot, James Bond, dan Sam Smith

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s