Sleep Now In The Fire

Saya sebenernya lagi males nulis. Ide tulisan sih ada. Tapi koq ya males aja. Padahal ada waktu untuk itu. Tapi tadi malam saya memilih untuk jalan-jalan karena ngidam makan tongseng sambil nunggu Arsenal lawan Liverpool. Sekarang pun saya belum tidur ini. Untung Liverpool maennya bagus. Walaupun hasilnya draw. Wajarlah. Lawannya Arsenal. Maen di Emirates pula. Yang penting gawang Mignolet masih perawan. Padahal sudah tiga pertandingan.

Karena pertandingannya berlangsung dini hari, maka saya coba isi waktu luang saya untuk nonton film (yang biasanya gak pernah sampe beres). Tapi bingung nonton apa ya. Setelah liat folder di komputer, eh nemu film dokumenter Capitalism: A Love Story karya Michael Moore. Akhirnya nonton lagi itu aja. Biar tematik juga. Mata uang seluruh dunia sekarang kan lagi ajrut-ajrutan kan gara-gara China. Black Monday cenah kalo kata para jurnalis di sana. Tapi saya lebih suka Monday Mayhem. Lebih terkesan brutal.

Isi filmnya ya gitu. Keserakahan para petinggi-petinggi institusi keuangan yang memanipulasi data dan menyebabkan krisis di Amerika tahun 2000an akhir yang juga melebar ke seluruh dunia. Michael Moore memang setau saya isi filmnya seperti itu. Menelanjangi sisi buruk dari Amerika Serikat. Entah mengenai senjata api seperti di Bowling For Columbine atau mengenai Perang Teluk di Fahrenheit 9/11.

Ada satu lagi karya Michael Moore yang sangat relevan dengan situasi keuangan di dunia sekarang ini. Video musik ini berlokasi tepat di depan New York Stock Exchange di tahun 1999. Direkam secara langsung. Agak mirip dengan pertunjukan terakhir The Beatles Rooftop Concert. Dadakan. Kayak secret gigs gitu. Kejadian ini sempat membuat ricuh karena dilangsungkan di jam kerja dan Zack De La Rocha sebagai frontman dari band Rage Against The Machine juga sempat memaksa masuk ke gedung NYSE. Wall Street dikabarkan ditutup pada hari itu karena gerombolan massa yang berkumpul di sana bisa berpotensi memicu kerusuhan. Judul lagunya Sleep Now In The Fire. Setau saya ini sebetulnya bukan video musik aslinya. Banyak yang diedit. Tapi kurang lebih muatannya sama.

“There is no other pill to take, so swallow the one that makes you ill,”

Iklan

4 thoughts on “Sleep Now In The Fire

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s