Who Are You?

Di sini ada pasti banyak yang menyukai serial CSI. Atau mungkin juga tidak. Tapi yang jelas serial ini sudah di mulai dari awal tahun 2000 untuk CSI: Crime Scene Investigation. Serial ini bisa dilihat di 200 wilayah dan meraih dua milyar penonton di seluruh dunia. Serial franchise ini juga sudah dibuatkan novel, games dan dan komiknya. Saking terkenalnya serial ini juga banyak yang memparodikan. Atau membuat cross-over dari serial ini. Quentin Tarantino bahkan pernah menyutradai salah satu episod yang berjudul Danger Grave. Kalo yang mau nonton rikues aja di kolom komen.

Ada yang menarik untuk dibahas mengenai serial ini. Mereka semua menggunakan lagu yang sama untuk semua franchise-nya. Bahkan untuk serial terbarunyapun CSI:Cyber mereka melakukan tradisi yang sama. Memakai lagu dari The Who. Ada perdebatan sengit di fan base mereka–lagu dari The Who yang mana yang akan dipakai untuk serial spin-off terbarunya. Banyak pula yang baru mengenal The Who melalui serial ini. Oiya hampir lupa, Roger Daltrey, vokalis dari The Who pernah bermain di salah satu serial ini yang berjudul Living Legend. Saya lupa episod berapa. Tapi kalo ada yang tertarik nanti saya kasih file-nya. Episod yang paling saya suka di serial ini.

Yang menarik dan saya belum menemukan jawabannya adalah kenapa lagu The Who? Padahal tentunya Jerry Bruckheimer sebagai penggagas serial ini mempunyai banyak pilihan. Tapi saya coba menebak kenapa mereka pake lagu The Who. Berikut uraiannya:

1. Jerry Bruckheimer (dan saya) fans The Who

2. Lagu dari The Who pas dengan cerita dari serial CSI

3. Lagu The Who populer di Amerika Utara dan sekitarnya.

4. The Who band legendaris dan CSI ikut menjadi serial legendaris

5. Pengen aja pake lagu The Who.

CSI: Crime Scene Investigation memakai lagu “Who Are You?”. Dari lagu ini yang dari judul cukup pas untuk dijadikan theme song. Karena pada dasarnya serial CSI adalah mencari siapa yang pelaku kejahatan dari setiap kasus yang mereka temukan. Siapa pelakunya?

CSI: New York memakai lagu “Baba O’ Riley”.

“I don’t need to fight.. to prove I’m right.” Ini mungkin salah satu penggalan lirik Baba O’Riley yang nyambung dengan serial ini. Karena Gary Sinise selalu menemukan siapa pelaku kriminal yang berada di wilayah kekuasaannya.

CSI: Miami memakai lagu “Won’t Get Fooled Again”. Serial yang mengingatkan saya pada Silk Stalking (ada yang masih inget?). Mungkin karena settingnya sama, di Miami dan juga karena jenis kejahatannya yang mirip, yaitu crime of passion. Dari judulnya sudah kentara ya “We won’t get fooled again.” Jangan coba-coba bikin kejahatan di sekitaran Miami atau David Caruso akan mendatangimu. Tentu saja dengan kaca matanya.

CSI: Cyber memakai lagu “I Can See For Miles”. Spin-off terbaru dari CSI ini lebih menekankan pada kejahatan di era internet yang semakin marak dengan Patricia Arquette sebagai bintangnya. Kenapa lagu ini? Walaupun liriknya tentang laki-laki yang disakiti pacarnya, tapi liriknya masih bisa relevan dengan serial ini. Mau ngeboong atau punya alibi sehebat apapun pasti ketauan. Biasanya selalu ada plothole di setiap kejahatan apapun. Hanya sedikit orang yang bisa melakukan perfect crime. 

If you think that I don’t know about the little tricks you’ve played
And never see you when deliberately you put things in my way
Well, here’s a poke at you
You’re gonna choke on it too
You’re gonna lose that smile
Beacuse all the while
I can see for miles and miles
I can see for miles and miles

csi2

Nah, sekarang ada yang tau kenapa serial Friends pake lagu The Rembrandts – I’ll Be There For You? Atau kenapa True Detective musim kedua pake lagu Leonard Cohen – Nevermind?

Nevermind! 🙂

Posted in: @linimasa

6 thoughts on “Who Are You? Leave a comment

  1. Request dong:

    Episode Danger Grave dan Living Legend.

    Kalo ribet, boleh tolong kasih tahu di CSI mana dan season berapa episode-episode tersebut.

    Terima kasih

Leave a Reply