Bikin Sendiri Surga Duniamu

Berbuka puasa rasanya seperti Surga dunia. Setetes kesejukan yang jatuh ke kerongkongan yang kering. Makanya banyak restoran dan cafe yang menawakan tajil. Bahkan beberapa memberikannya secara gratis kalau kita memesan makanan juga. Well, pasti udah ada hitung-hitungannya sih…

Padahal banyak sajian pencuci mulut atau tajil itu bisa dibikin sendiri dengan mudah. Pasti banyak yang berpikir jatuhnya lebih mahal. Tapi kalau dihitung dari kuantitas, kualitas dan kepuasannya, tak ada yang bisa menandingi. Dengan kata lain, kita bisa bikin Surga dunia kita sendiri.

1. Lychee Ice Tea

Sering banget kita kesel kalo di pesan ini di cafe, dikasih Lychee yang cuma sebutir. Mentok 3 butir. Itu pun dengan harga yang bikin lebih kesel. Padahal, bisa bikin sendiri loh!

Caranya, beli sekaleng Lyche yang biasanya sudah bercampur dengan sirup. Dan Nu Green Tea Less Sugar. Buka kalengnya Lychee, sisihkan. Buka Nu Green Tea dan tuang ke gelas (yang kalau mau dicampur es batu silakan saja) setengah gelas. Ambil buah Lycheenya sesuka hatimu. Mau sepuluh butir juga sampe penuh tuh gelas silakan hahahahah. Icip. Kalau dirasa kurang manis, tambahkan saja cairan sirup dari kaleng Lychee.

Dari sekaleng Lychee kurang lebih terdapat 15 butir Lychee. Bayangkan, berapa banyak gelas Lychee Ice Tea yang bisa dibikin sendiri. Lebih murah? Pastilah. Apalagi kalau belinya patungan.

LYCHEEiceTEA

2. Coco Ketan

Sajian ini bisa didapat di gerai Haagen Dasz, tentunya dengan harga yang lumayan. Padahal bikin sendiri sangat mudah dan rasanya bisa jadi lebih enak.

Caranya, beli saja bubur ketan hitam yang pasti mudah didapatkan di bulan puasa ini. Beli es krim Vanila merk apa saja sesuai selera. Kerok es krim dari wadahnya, letakkan di atas bubur ketan hitam. Coco Ketan pun siap dimakan. Kalau ada dana lebih, bisa taburkan remahan Oreo di atasnya, atau kacang-kacangan sesuai selera.

DSC02891

3. Jus Jeruk Es Batu Nanas

Selain rasanya yang seru, sajian ini juga cantik tampilannya. Membuatnya pun mudah. Hanya memang perlu sedikit waktu lebih.

Di saat sahur, tuangkan jus Nanas ke dalam cetakan es batu. Jus Nanas bisa dari merk apa saja. Kalau tidak ada jus Nanas, bisa juga Jambu Biji atau rasa apa pun yang agak asam. Masukan ke dalam lemari pendingin. Silakan memulai hari.

Menjelang waktu buka, tuangkan jus Jeruk ke dalam gelas. Bisa dari sirup atau bubuk seperti NutriSari. Tuangkan setengah gelas saja. Keluarkan lah jus Nanas yang sudah menjadi es batu. Tuangkan ke dalam jus Jeruk. Tunggu sebentar sambil diaduk-aduk agar es batu Nanas sedikit mencair. Rasanya menyegarkan dan unik karena campuran dari dua jus pilihan rasa sesuai selera.

Silakan berkreasi sendiri dengan kombinasi rasa buahnya.

SEDIKIT RAHASIA DAPUR…. Es batu jus Nanas yang dicampur dengan Sprite kalau di cafe atau resto sering diberi nama Fruit Punch :). Jadi dengan es batu jus buah di kulkas, ada beragam sajian segar yang bisa dibikin sendiri.

4. Affogato Dalam Mulut

Kalau di cafe, Affogato biasanya disajikan dengan es krim vanila di atas secangkir espresso panas. Rasanya pahit-pahit manis menyegarkan dan bikin melek.

Lagi di jalan dan waktunya berbuka? Beli es krim Magnum (yang Almond lebih cocok). Kemudian segera kunjungi saja gerai Sevel atau McD terdekat. Kopi hitam dari dua gerai ini, rasanya lumayan. Buka es krimnya, makan es krimnya segigit, tahan di mulut, teguk kopi hitam panasnya. Es krim vanila dan coklat dari Magnum akan melebur di dalam mulut dengan rasa kopi. Bisa dilakukan sambil berdiri di pinggir jalan menyaksikan langit senja Jakarta yang belakangan lumayan dramatis.

Kalau ditanya “buka pake apa?” silakan jawab “Affogato dong!”

IMG_2183

5. Pukis Karamel

Kue Pukis mudah dijumpai. Mungkin banyak yang sudah bosan dengan rasanya. Padahal dengan sedikit tambahan, cinta lama bisa kembali bersemi.

Menjelang berbuka, saat orang antri di restoran atau food court, kunjungi supermarket atau Sevel. Carilah selai Karamel. Kalau tidak ada Karamel, bisa juga selai coklat atau bahkan susu kental manis. Ukuran kecil saja. Beli Pukis. Saat masih hangat, tuangkan selai di atasnya. Kalau belum puas juga, taburkan kacang di atasnya. Bisa kacang apa saja, hancurkan sedikit saat masih dalam kantongnya. Buka kantongnya dan taburkan deh di atas Pukis berselai tadi.

6. BanaChoc

Ide yang ini didapat saat berkunjung ke bazaar hipster Ibukota. Dengan nama yang unik dan kemasan ketje, sajian ini dijual dengan harga yang lumayan. Bikin sendiri? Gampang pake banget!

Beli pisang *deuh…* buka kulitnya dan iris memanjang atau melebar. Gak punya pisau? Iris pake sendok. Gak punya sendok? Iris pake penggaris. Gak punya penggaris, gak usah diiris deh. Kemudian ambil sesendok selai coklat. Yang agak mahal Nutella. Tuangkan di atas pisang. Jangan kebanyakan yaaa… Kalau ada remahan kacang, silakan taburkan di atasnya. Silakan menikmati rasanya jadi hipster Ibukota.

7. Coconut on Coconut

Seorang teman yang sedang berada di Amerika yang pertama kali memposting di Pathnya. Air Kelapa muda yang dimakan dengan es krim Kelapa. Yuk bikin sendiri!

Es krim kelapa muda kalau di Indonesia sering disebut Es Dung-Dung. Kalau ke supermaket ada tuh yang jual dari Walls. Rasanya lumayan. Nah tinggal cari yang jual Air Kelapa Mudanya deh. Minta sama daging kelapanya juga. Bawa pulang dan masukkan keduanya ke dalam kulkas. Air kelapa muda di bawah, es krim dung-dung di atas.

Beduk buka pun berbunyi, tuang Air Kelapa Muda ke gelas. Tuang es krim Kelapa di atasnya, aduk aduk sedikit biar es krimnya melarut. Pake sedotan, nikmati secuil surga dunia. Kalau ada Nata de Coco, bisa juga tuh dicampur ke dalamnya.

Eh, sebelum dinikmati jangan lupa difoto buat disebarkan di media sosial. Silakan berbangga hati sambil bilang “akhirnya bisa nyobain yang lagi ngetrend di Amerika”.

8. Manisan Apel Jeruk

Mau tantangan yang lebih? OK, sajian berikut ini bisa bikin kamu dikagumi teman-temanmu. Bikinnya memang agak sedikit menantang. Sedikiiit…. Cuma perlu sedikit kemampuan untuk memarut.

Parutlah Apel. Bisa Washington atau Manalagi atau Apel Hijau Malang. Parut lebar apelnya. Parutan memanjang loh ya. Parutan tersebut masukkan ke dalam jus Jeruk. Kalau rajin bisa hasil perasan sendiri. Kalau malas bisa pakai jus Jeruk kotakan atau sachet. Sajikan dingin atau tambah es batu.

Sepertinya ini bukan resep. Tapi sekedar ide. Yang bisa jadi sudah ada di benak pembaca atau bahkan banyak pembaca yang sudah tahu lebih dahulu. Tulisan ini adalah hasil dari kegemasan banyaknya makanan yang dijajakan saat ini, sebenarnya murah dan mudah. Tapi kemasan dan suasana yang menyertainya menjadikannya mahal.

Seperti menu minuman di sebuah cafe hipster tertulis Arnold Parmer

2015-06-15 13.49.59

Yang mana adalah jikalau bagaimanapun bilamana adalah… Ice Lemon Tea 🙂

Kalau pembaca punya ide lain, silakan sampaikan di kolom komentar ya…

Posted in: @linimasa

24 thoughts on “Bikin Sendiri Surga Duniamu Leave a comment

  1. makasih mas idenya, barusan tadi sore buat “ice cream banana split” tapi karena “banana-nya” udah mau busuk jadi “ice cream banana chop”… hehehe.. enak koq sumpah..

  2. kamu awesome deehh,

    kalo mau bikin shangria, campurin jus anggur 100ml, soda, 100 ml, sama grenadine syrup satu sendok, pakein es.
    grenadinenya mahal ya?
    yaudah jangan pake,
    jangan lupa potongan buah nya yaa,
    pisang ga termasuk yaa.

    kayaknya sih gitu

  3. Lychee Ice Tea (nyeduh teh sendiri, lebih murah), Afogato (es krim vanilla, bukan magnum), banachoc, udah pernah bikin sendiri. Yang lain coba ahhhh….bisa di share ke Group Jakarta Low End Living nih…#eaaaakkkkk

  4. Food hack nya seruu… saya biasanya kalau lagi males dan pengen yang manis manis tinggal bikin kue di dalam cangkir aja. Cuma perlu tepung, kakao, canola oil, telur sama baking powder terus tinggal di microwave 2 menit jadi 🙂 X))

Leave a Reply