Half Time: Taylor Swift 1:0 Apple Music

Setelah Apple mengumumkan akan merilis Apple Music akhir bulan ini–dua hari yang lalu Taylor Swift membuat surat terbuka melalui situs tumblr-nya yang berjudul To Apple With Love. Intinya dia keberatan dengan kebijakan Apple Music yang akan memberikan free trial selama tiga bulan bagi mereka yang akan menggunakan layanan musik streaming mereka. Taylor Swift mengancam akan menarik album 1989 dan melarang Apple Music untuk menjajakan lagu dari album tersebut secara gratis. Menurut pembelaannya ini bukan untuk dirinya. Dia sudah tidak memerlukan uang dari streaming musik. Dia mewakili musisi-musisi yang baru masuk ke industri musik. Mereka tidak akan mendapat apa-apa selama tiga bulan pertama.

taylorswift3

Berita ini tentu saja membuat heboh dunia maya dan dunia nyata. Karena ini bukan pertama kalinya Taylor Swift mengancam. Dulu ketika album 1989 baru rilis–yang merupakan album kelima Taylor Swift–dia memutuskan untuk menarik semua lagunya dari Spotify. Sampai sekarang tidak ada lagu Taylor Swift dari album studionya. Karena dia menolak untuk menggratiskan lagunya. Tapi Daniel Ek tetap bergeming dan lebih memilih untuk tidak ada lagu dari Taylor Swift di Spotify, bahkan dia mengeluarkan surat balasan. Ini juga sebetulnya sebelumnya sudah dilakukan oleh Thom Yorke dan Nigel Godrich yang menolak untuk menggratiskan album teranyar dari Atoms For Peace melalui Spotify dan lebih memilih situs BitTorrent untuk menjual lagunya secara digital.

TaylorSwift

Namun surat terbuka itu ternyata sampai ke Senior Vice President for Internet Software and Services–Eddie Cue–melalui akun twitter-nya menyatakan bahwa dia mendengar keberatan dari Taylor Swift dan akan segera mengubah kebijakannya mengikuti keinginan dari Taylor Swift yang mana adalah tetap membayar royalti kepada musisi dan label walau Apple Music masih dalam masa free trial selama tiga bulan pertama. Ya memang Taylor Swift–suka tidak suka adalah termasuk 100 wanita yang paling berpengaruh versi Forbes sekarang ini. Tapi apakah Apple sebagai perusahaan terkaya nomer 12 di dunia ini harus mendengarkan keluhan dari seorang Taylor Swift dan menurut begitu saja? Mereka bisa saja tidak menggubris keberatan dari seorang Taylor Swift dan saya rasa tidak akan terjadi hal yang merugikan secara finansial bagi Apple. Spotify menolak dan mereka tetap bisa menambah pelanggannya secara signifikan. Apa yang Apple takutkan?

LONDON - JUNE 15:  Steve Jobs, Chief Executive Officer of Apple computers, launches iTunes Music Store in the territories of Great Britain, Germany and France, on June 15, 2004 in London. The iTunes store allows users to buy and download albums or individual songs from a library of 700,000 songs.  (Photo by Ian Waldie/Getty Images)
LONDON – JUNE 15, 2004: Steve Jobs, Chief Executive Officer of Apple computers, launches iTunes Music Store in the territories of Great Britain, Germany and France, on June 15, 2004 in London. The iTunes store allows users to buy and download albums or individual songs from a library of 700,000 songs. (Photo by Ian Waldie/Getty Images)

Ini apa artinya? Apple menyerah pada Taylor Swift? Ini adalah langkah mundur bagi Apple. Setidaknya buat saya. Taylor Swift lebih besar dari Apple. Ini hipotesa awal yang saya ambil. Apa yang terjadi kalo Steve Jobs masih hidup? Apakah dia akan melakukan hal yang sama? Saya rasa tidak. Ini preseden buruk buat Apple. Justin Vernon dari Bon Iver pun menyuarakan hal yang serupa melalui akun twitter-nya. Intinya Apple sekarang sudah tidak inovatif lagi. Tidak seperti dulu. Steve Jobs tidak pernah melihat layanan streaming musik sebagai ancaman. Dia juga tidak melihat adanya keuntungan yang signifikan dari layanan ini. Gak ada cuannya. Kalaupun dia setuju dengan kebijakan Apple Music tetapi dia pasti tidak akan menggubris apa yang dikatakan Taylor Swift. Google aja dilawan apalagi cuma Taylor Swift.

Sepenting itukah Taylor Swift buat Apple Music? Saya rasa tidak. Ide dari Taylor Swift mungkin masuk akal. Tapi Apple bisa bilang tidak. Tidak usah terlihat panik. Daripada parno itu para petinggi Apple saya kasih lagu deh buat menghibur diri, bisa buat Taylor Swift juga lagunya.

taylorswift7

Jadi skor sementara di paruh waktu adalah Taylor Swift 1:0 Apple Music. Bye.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s