Junk Food Di Hollywood

Begitu banyak sekali film Hollywood dengan waralaba-nya. Hanya menawarkan formula yang kurang lebih sama. Entah siapa yang memulai ini. Tapi seingat saya James Bond franchise adalah termasuk film yang paling awet. Sejak taun 60an agen 007 ini sudah menginvasi Hollywood melalui Sean Connery dan Dr. No. Ada prekuel, sekuel, spin-off, reboot atau entah istilah apalagi.

genisys

Syarat utama dalam membuat franchise film bisa awet adalah filmnya laku dan mengikuti selera pasar. Sesederhana itu. Formula ini masih dipakai oleh para penggiat sinema di Indonesia agar tetap menonton filmnya. Film horror dengan bumbu seks, aktris seksi, aktor ganteng. Jalan cerita tidak penting. Yang penting laku. Judulnya memang berbeda-beda begitu pula sutradara dan produsernya. Tetapi mereka menawarkan hal yang sama. Itulah kenapa film mereka pun layak dilabeli sebagai waralaba.

Fast And Furious adalah termasuk film franchise yang sukses. Sudah memasuki seri ke tujuh. Bahkan seri ke delapan pun dikabarkan akan segera digarap. Seri terakhirnya termasuk yang paling laris. Mungkin karena di sana ada mendiang Paul Walker bermain. Selain itu ada juga Transformers yang sudah melewati edisi ke empat. Entah ada terusannya atau tidak. Semoga tidak. Johnny Depp sampai sekarang tidak bisa melepaskan imej Jack Sparrow gara-gara Pirates of Caribbean. Beberapa film terakhirnya flop. Mari kita berdoa semoga Black Mass tidak bernasib serupa.

jurassic

Film franchise terbaru yang fenomenal dari segi pendapatan adalah Jurassic World. Baru tayang kurang lebih satu minggu film ini sudah mengantongi 500 juta dollar. Rekor baru. Kenapa film ini begitu banyak penontonnya? Karena dinosaurus? Chris Pratt? Nostalgia? Saya belum nonton film ini. Tapi karena semua orang nonton film ini saya jadi males. Jalan ceritanya juga pasti gitu-gitu aja. Dinosaurus kabur dari taman terus merangsek sampe ke kota. Yakan?

Sepertinya Jurassic World ini akan melewati raihan The Dark Knight dan The Avengers dari segi pendapatan. Karena relatif tidak ada saingan. Mad Max: Fury Road pun sudah mulai turun dari beberapa bioskop. Age of Ultron sudah mangkat ke Asgard. Satu-satunya yang bisa menghentikan melajunya film ini mungkin Terminator: Genisys yang dikabarkan rilis bulan Juli ini. Kenapa begitu? Karena para penonton pasti kangen melihat akting Arnold Schwarzenneger di film ini. Di dua film sebelumnya hanya ada Christian Bale, Sam Worthington dan satu lagi siapa itu cewek yang jadi penjahatnya saya lupa di Rise of The Machine. Terakhir Arnold tampil di Terminator adalah di Judgment Day di tahun 1993? Saya ingetnya koq Axl Rose lagi lari-lari pake hot pant putih sambil nyanyi You Could Be Mine. Lupa. Maklum masih TK dulu pas nonton film itu.

Tapi sepertinya tren ini tidak akan pernah berhenti. Malah akan memicu film lain untuk dibuatkan franchise-nya. Kalau begitu maka saya tantang Robert Zemeckis untuk membuat franchise lanjutan dari Back To The Future dan Ridley Scott untuk membuat franchise lanjutan dari film Blade Runner.

Setuju? Atau ada ide lain?

Iklan

2 thoughts on “Junk Food Di Hollywood

  1. Sudah dimulai dari tahun 1930-an dan 1940-an dengan franchises seperti Tarzan, pasangan detektif dalam The Thin Man, dan beberapa lainnya.

    Semua franchise akan didaur ulang pada waktunya, so never rule out the possibility of seeing Back to the Future again. Mungkin juga The Goonies, atau bahkan Pitch Perfect nanti, 30 tahun lagi.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s