Kerajaan Bernama Empire

empire (1)

Apa jadinya jika King Lear atau Godfather dipadukan dengan serial Glee dan atau Dynasty? Anda akan mendapatkan serial TV bernama Empire. Iya serial yang baru satu musim (dan musim kedua kabarnya bulan September akan rilis) ini memang dibuat seperti itu. Cerita serial ini berpusat kepada musik hip hop dan R&B dan label perusahaan rekaman bernama Empire Entertainment.

Empire Entertainment adalah label raksasa yang dimiliki oleh seorang mogul bernama Lucius Lyon yang entah kenapa mengingatkan saya pada Suge Knight pemilik Deathrow Records. Suge Knight adalah orang yang ditengarai (tapi tidak pernah terbukti) sebagai otak dari pembunuhan rapper Notorious B.I.G. dan Tupac Shakur. Masih ingat perseteruan rapper East Coast dan West Coast di era 90an? Apabila tidak mengikuti untuk lebih mudah mungkin bisa bayangkan Lucius Lyon ini sebagai Jay-Z saja.

Lucius Lyon divonis mengidap penyakit ALS dan usianya sudah tidak lama lagi. Di sini masalah mulai timbul. Karena dia harus mewariskan tahtanya ke anaknya. Dari tiga anaknya hanya ada satu yang akan menjadi pewaris. Inilah kenapa saya bilang serial ini mirip film Godfather. Siapa yang akan mewarisi tahtanya? Apakah Santino yang mudah naik darah, Fredo yang sedikit terbelakang atau Michael yang tidak mau terlibat dengan urusan keluarganya? That’s my family, Kay. It’s not me.

Serial ini mudah dicerna. Tidak njelimet. Ringan. Penyuka opera sabun pun pasti menyukai serial ini. Ini kenapa saya sebut ada sedikit bau Dynasty di serial ini. Naskahnya tidak terlalu kuat memang. Terkadang cheesy. Tapi bukankah itu kenapa kita suka opera sabun?

Tapi kekuatan sebenarnya dari serial ini adalah lagu-lagu yang mereka suguhkan. Lagunya baru. Tidak seperti Glee atau Pitch Perfect yang mendaur ulang lagu lama. Produser musik dari serial ini adalah Timbaland. Dia adalah otak di belakang beberapa lagu Justin Timberlake, Madonna, Britney Spears, *uhuk* Agnes Monica dan masih banyak lagi. Sontrek dari serial ini pun laris manis. Sempat menjadi album nomer satu di Amrik. Karena memang lagu-lagunya bagus. Lebih bagus dari album hip-hop dan rnb yang rilis di tahun ini. Beberapa saya unggah lagunya dan bisa didengarkan sambil baca tulisan ini.

Oya, satu lagi kenapa serial ini menjadi layak tonton. Cookie, istri dari Lucius Lyon ini layak mendapat pujian. Atau setidaknya mendapatkan nominasi di Emmy atau Golden Globe. Aktingnya mencuri perhatian. Ceplas-ceplos khas negro. Asik. Kayak Sam L. Jackson di filmnya Quentin. Cuma ini versi cewek.

Selain itu banyak seleb yang menjadi cameo di Empire. Di musim pertama ini terlihat ada penampakan dari Courtney Love, Naomi Campbell, Jennifer Hudson, Cuba Cooding Jr., Gladys Knight, Mary J. Blige, Snoop Dogg, Patti LaBelle, Untuk musim kedua nanti kabarnya Chris Rock, Alicia Keys, dan Lenny Kravitz sudah bisa dipastikan akan menjadi cameo juga.

empire3

Gimana?

Iklan

One thought on “Kerajaan Bernama Empire

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s