Mengelilingi Sekeliling

Salah satu kebiasaan yang saya lakukan ketika bepergian, baik untuk liburan atau pekerjaan, dan harus menginap di hotel atau tempat penginapan sejenis adalah meluangkan waktu di pagi hari untuk berkeliling di sekitar area hotel tersebut. Biasanya kegiatan ini saya lakukan di pagi hari, sehari sesudah check-in.

Di desa Bantul, hari terakhir 2014. (Photo by Nauval Yazid)
Di desa Bantul, hari terakhir 2014. (Photo by Nauval Yazid)

Jadi, kalau misalnya hari Kamis ini saya masuk hotel, berarti besok pagi, di hari Jumat, setelah bangun pagi dan sebelum sarapan, saya akan berjalan kaki keluar dari kamar dan dari hotel untuk berkeliling melihat apa saja yang ada di sekitarnya

Kebetulan saya juga bukan pengejar momen matahari terbit atau sunrise, kecuali kalau memang tempatnya memungkinkan, seperti pergi ke Gunung Bromo atau Tiger Hill di kota Darjeeling, India. Apalagi kalau di menginap di tengah kota besar dengan gedung bertingkat, mana kelihatan?
Maka tujuan berkeliling di sekitar area hotel adalah untuk melihat suasana pagi hari, sebelum toko-toko buka, ketika petugas pengangkut sampah mulai parkir dan melakukan tugasnya, saat orang-orang yang mungkin tinggal di area perumahan sekitar hotel bergegas menuju tempat kerja, dan tentu saja tempat-tempat sarapan yang pelan-pelan ramai dipadati pengunjung.

Kafe hipster di depan hotel di Budapest. (Photo by Nauval Yazid)
Kafe hipster di depan hotel di Budapest. (Photo by Nauval Yazid)

Biasanya saya habiskan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk berkeliling mengelilingi area tempat penginapan ini. Saat pagi hari buat saya adalah waktu yang tepat, karena cahaya matahari pagi bagus buat hasil potret di kamera (tujuan traveling adalah supaya bisa menghasilkan foto banyak, bukan? Oh bukan ya?), dan toko-toko belum buka, sehingga saya bisa puas melakukan window shopping tanpa harus berebutan dengan banyak orang.

Minggu pagi di Praha. (Photo by Nauval Yazid)
Minggu pagi di Praha. (Photo by Nauval Yazid)

Membebaskan pikiran dari kungkungan kamar hotel, seluas apapun, itu perlu. Kamar hotel atau tempat penginapan adalah rumah kita sementara saat bepergian. Tapi kadang kita terlalu bertumpu pada rumah sementara ini, sampai kita melupakan pekarangan yang mengelilinginya.

Temuan-temuan di sekeliling ini kadang membuat perjalanan jadi mengesankan.
Ketika saya memesan kamar di sebuah hotel di Budapest, saya hanya mencari yang di tengah kota, tanpa tahu bahwa ternyata hotel tersebut berada di tengah perkampungan kaum Yahudi yang hipster, dan ada synagogue (tempat ibadah orang Yahudi) persis di depan hotel.
Lalu tanpa saya sadari, sebuah hotel kecil di Yogya yang pernah saya inapi tahun lalu ternyata letaknya persis di seberang sebuah toko kacamata yang memakai nama saya sebagai nama tokonya. Kapan saya pernah bikin toko kacamata ya?
Dan tentu saja ketika harus mendaki lebih dari 500 anak tangga untuk mencapai kamar hotel di Pokhara, Nepal, maka rasa letih itu menjadi bagian dari pengalaman yang tak terlupakan, terlebih saat menyadari pemandangan yang ditawarkan.

Di atas kaki bukit di Pokhara, Nepal. (Photo by Nauval Yazid)
Di atas kaki bukit di Pokhara, Nepal. (Photo by Nauval Yazid)

When we travel, we just need to look around.

Posted in: @linimasa

Tagged as: ,

9 thoughts on “Mengelilingi Sekeliling Leave a comment

  1. Aku juga suka! Biasanya sambil lari biar bisa cover more ground karena biasanya acara padat. Mudah2an selalu bisa begini. Lovely pictures pal!

  2. Ah! Gue pun senang begini. Jadi inget, suatu pagi gue ke Starbucks di Sukhumvit Bangkok, diantara yang mau ngantor, melihat beberapa mbak-mbak penjaja sex lagi menunggu. Kirain menunggu kendaraan untuk pulang, ternyata menunggu tamu! Aw aw.. Soi Nana sudah ‘aktif’ sejak pagi. Another kind of breakfast mungkin ya 🙂

  3. Sama… Kalo lagi travelling/berada di tempat baru, yang pertama aku lakukan itu adalah jalan-jalan lihat suasana di pagi hari. Seru… masih gelap ternyata sudah banyak kesibukan… ada pasukan penyapu trotoar, beberapa mobil penyapu jalan, orang2 mencuci atap bus stop dan papan iklan, terus ada orang2 mabuk yang baru pulang dari pub 😛 Btw itu foto Minggu pagi di Praha cantik banget….

Leave a Reply