Bertahan Merelakan

Vina berjuang mempertahankan hidup suaminya. Harta. Tenaga. Waktu. Semua untuk menyembuhkan kanker yang sudah menggerogoti 80% hidup suami tercinta. 20% lainnya adalah mukjizat dan pilihan. 5 tahun 2 bulan kemudian, suaminya meninggal. Perjuangan Vina berlanjut untuk melunasi hutang dan mencari pekerjaan.

Aldi berkeras Ibunya sedang berjuang. Ia menolak resolusi dokter melepas mesin dan selang-selang penyangga kehidupan. Setelah 2 tahun 8 bulan terbaring koma, 2 minggu lalu tante Diana terbangun. Makan teratur dan jalan-jalan ke Plaza Senayan dalam dorongan kursi roda.

Wanda dan Ryan 12 tahun pacaran. Putus sambung karena perkelahian dan perselingkuhan. Mereka memutuskan bertunangan dan merencanakan pernikahan. Daftar tamu dan pesanan tersusun rapi. Gedung sudah tersewa. Sayang, 3 minggu sebelum tanggal pernikahan, mereka pisah. Tanpa bisa dirundingkan ulang.

Wati menikahi Joko karena cinta. Melahirkan 2 putra yang kini berumur 3 dan 4 tahun. Ndak ada yang salah dari kehidupan mereka kecuali Joko sering pulang malam dan memukul Wati dikala senggang. Cinta membisikkan Wati untuk setia, sampai kedua anaknya meninggal di tangan Joko.

Sudah 1 tahun 6 bulan aku bertahan dengan Gebi, supirku. Bulan pertama ia berhutang 3 juta. Untuk bayar kontrakkan, katanya. Bulan-bulan berikutnya sering ndak masuk dengan aneka alasan. Sampai seminggu lalu ia datang terlambat dalam keadaan mabuk setelah dua minggu ijin sakit mata.

Entah mudah atau sukar. Hidup adalah konsekuensi dari serangkaian pilihan yang kita putuskan. Dan yang kita butuhkan adalah sesederhana mengetahui kapan terus bertahan dan kapan harus merelakan.

Iklan

10 thoughts on “Bertahan Merelakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s