Terbaik

Tahun 1993, dunia dikejutkan saat pemain tenis nomer satu dunia saat itu, Monica Seles, tiba-tiba ditusuk pisau. Kejadiannnya berlangsung saat Monica duduk beristirahat di tengah-tengah pertandingan. Siapa pelakunya? Ternyata seorang pria yang mengaku sebagai fans no. 1 Steffi Graf. Dia tidak ingin Steffi Graf, yang memang rival terberat Monica waktu itu, kehilangan tahta di puncak klasemen pemain tenis dunia.

Seluruh dunia pun geger saat itu. Pertandingan dihentikan. Monica menjalani perawatan yang lama. Salah satu bagian yang cukup banyak diliput media adalah saat Steffi langsung menghentikan semua kegiatannya saat itu, dan terbang menemui Monica di rumah sakit tempat dia dirawat. Konon kabarnya, begitu melihat Monica sadar, mereka berdua langsung menangis. Steffi memeluk Monica, dan berkata berulang kali, “It doesn’t have to be like this”.

Momen kecil, di mana keduanya meletakkan ego masing-masing sebagai kompetitor, hanya dua orang yang saling menguatkan. Atau bisa juga diartikan sebagai momen di mana keduanya sadar, bahwa keduanya tidak bisa menjadi petenis terbaik dunia tanpa kehadiran satu sama lain. Mereka yang terbiasa hidup dengan berkompetisi sehat, sadar dan tahu bahwa hidup tidak berarti tanpa adanya pesaing.

business-Competition

Demikian pula untuk hal lain.
Kita bisa bilang jahat, karena ada yang mulia.
Kita bisa bilang buruk, karena ada yang baik.
Kita bisa bilang nomer satu, karena ada yang menjadi nomer dua, nomer tiga dan seterusnya.
We can never be alone in being the best.

Di film Unbreakable, film terbaik M. Night Shyamalan setelah The Sixth Sense, sepanjang film kita diajak dalam permainan tebak pikiran, siapa sebenarnya karakter yang dimainkan Samuel L. Jackson ini? Apa yang dia inginkan dengan selalu berada di bayang-bayang sekitar kehidupan Bruce Willis?

Unbreakable
Unbreakable

Semoga kalimat berikut ini bukan spoiler: akhirnya kita tahu, bahwa Samuel L. Jackson adalah sisi yang tidak terpisahkan dari Bruce Willis. Satu ada, karena yang lain ada. Bak dua sisi mata uang.
Penjahat kesepian kalau tidak ada orang yang dijahati. Pelaku pemberantas kejahatan akan linglung kalau tidak ada obyek yang harus dibasmi.

Beberapa bulan lalu, saya bertemu dengan salah seorang seniman terkemuka di sini. Dia bilang kalau dia sedang menjajaki kemungkinan bekerja sama dalam sebuah event besar. Katanya waktu itu, “Event ini besar. Ingin jadi yang terbesar. Potensinya ada. Kontennya pun digarap dengan baik. Meskipun begitu, event ini tidak baru. Ada event-event serupa di kota lain, tapi tidak besar. Meskipun tidak besar, tapi jangan lupakan eksistensi mereka. Kamu tidak bisa menjadi yang terbesar tanpa yang kecil-kecil.”

Besar dan kecil. Rendah dan tinggi. Kiri dan kanan. Depan dan belakang.

Karena dua sisi yang berbeda selalu berjalan bersama. Jangan ditinggalkan.

Iklan

15 thoughts on “Terbaik

    1. Apa semua orang bisa selalu sama terus karakternya dibuat seragam dengan orang lain? Eventually, they want to break out, to be different from others. Dan jadi berbeda, bisa jadi berarti berlawanan dari karakter yang sudah dibentuk selama ini.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s