Sam Smith Siapa Sih?

“I don’t know what this means. I don’t think it means anything.”

Itu adalah pernyataan dari Eddie Vedder, vokalis dari Pearl Jam ketika menerima penghargaan Grammy di tahun 1996 di kategori Best Hard Rock Performance lewat album ketiganya, Vitalogy. Pernyataan yang menimbulkan kontroversi karena kalau memang menolak kenapa harus datang ke acara tersebut? Sebetulnya Pearl Jam masih dalam keadaan berkabung karena mereka kehilangan teman baiknya, Kurt Cobain, dan juga mereka lebih menginginkan Alice In Chains yang mendapatkan penghargaan ini melalui album Grind. Pemilihan nominasi ini sungguh aneh. Album Vitalogy dirilis tahun 1994. Red Hot Chili Peppers juga bersaing di kategori ini melalui album Blood Sugar Sexx Magik yang dirilis tahun 1991. Lima tahun sebelum perhelatan! NARAS mungkin memilih kategori ini melalui sistem itung kancing. Kayak kurang bahan aja ah.

grammy57

NARAS kependekan dari National Academy of Recording Arts And Sciences, sebagai juri dari ajang penghargaan musik yang sudah ada sejak tahun 1959 ini diaggap terlalu konservatif dan juga out of date. Banyak sekali kejanggalan dari siapa yang dinominasikan dan juga kategorinya.

grammy3

Grammy diambil dari kata gramophone, seperti bentuk pialanya. Itu juga sebagai penghargaaan terhadap Thomas Alva Edison sebagai penemu phonograph yang dilanjutkan oleh Emile Berliner yang menyempurnakan penemuan tersebut menjadi sebuah alat pemutar musik/suara dengan media piringan hitam.

whoisbeck

Gambar di atas adalah parodi dari cover self-titled albumnya Beyonce, yang dianggap lebih pantas memenangi kategori paling bergengsi, Album Of The Year. Sedangkan pemenangnya tahun ini adalah Beck melalui album Morning Phase. Banyak yang kaget. Beck itu siapa? Saya yang balik kaget sebegitu termajinalkankah seorang Beck? Sampe Kanye West sebegitu capernya naek ke panggung sehingga Prince pun yang berdiri di belakang Beck merasa malu melihat kelakuan juniornya ini.

Beck itu sebetulnya “orang lama” di dunia musik. Beck sudah mendapatkan 16 nominasi di Grammy Awards dan lima berhasil dibawa pulang. Morning Phase (album ke-12 dari Beck) ini album yang sangat enak didengar. Tidak njelimet. Kalo suka dengan album ini coba dengar album Sea Change. Karena ada keselarasan dari segi tema dan musik. Beck memang seperti bunglon. Musiknya tidak pernah sama di setiap album. Tapi itulah Beck.

Kalau saja Kanye West melakukannya di kategori Song of the Year mungkin saya sependapat dengannya. Karena Hozier dengan lagu Take Me To Church lebih layak. Kalo tidak percaya dengar saja di sini atau simak kolaborasinya dengan Annie Lennox di Grammy kemarin di bawah ini:

Yang jadi pertanyaan, siapakah Sam Smith?

Iklan

17 thoughts on “Sam Smith Siapa Sih?

  1. Setauku Beck menang karena artistry nya sangat original. Diliat dari jumlah songwriters Beyonce, sudah jelas Beyonce kalah telak. Ada sekitar 15 penulis lagu di album Beyonce, sedangkan Beck menulis semua lagunya sendiri. Instrumen yang dimainkan keduanya juga beda jauh. Beyonce only sings. Beck plays guitar, violin, piano, ukulele, harp, flute, dan masih banyak lagi.

    So its a fair.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Wajar aja sih kalo banyak yang gak tau Beck. Saya aja tau Beck itu juga gak sengaja gegara baca Shonen Magz waktu zaman SMP (2004 atau 2005 ya?). Etapi saya kurang tahu sih ada korelasi apa ngga antara manga Beck sama Beck musisi yang kemaren menang di Grammys 😀

    Sam Smith! Ugh, I love him since I listened to him from the first time on DIsclosure’s “Latch” in 2012. Makanya waktu doski rilis album solo, saya excited banget! Tapi, waktu itu lagunya doski masih segmented sih, cuma populer di kalangan anak-anak hipster yang nge-fans sama Disclosure juga. Sempet rada ragu sih si Sam Smith bisa survive di tahun 2014 apa ngga, soalnya sayang banget albumnya oke punya lah ya. Eh, ternyata Stay With Me meledak di radio=radio. Leave Your Lover juga. I’m Not The Only One apalagi. Jadi mainstream deh sekarang \^^/

    Buat di beberapa kategori, saya setuju sih kalo Sam Smith yang menang. Kecuali di kategori pendatang baru terbaik, HAIM kayaknya lebih pantas bawa pulang pialanya secara terhormat 😀

    P. S.: Udah dua malam ini saya dengerin “Morning Phase”-nya Beck. Enak banget ini album.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Wajar lah kalo banyak yang gak tau Beck. Terakhir dia masuk chart kan jaman elu dan gw masih make seragam OSIS, bro. Anyway, gw rasa Morning Phase cukup layak menang. I like it better than Beyonce’s album, for the record. Pun intended.

    But seriously, bashing Sam Smith? The dude has real talent. Songwriting-wise and also as a singer. Hanya karena dia terkenal di radio-radio mainstream, merajai chart, dengan musik yang catchy, dia tidak layak menang penghargaan Grammy? Albeit the awards’ many shortcomings.

    How is it any less pretentious from mainstream music lovers bashing Beck or Arcade Fire?

    PS.
    Iraha ka Alfa Dago Pakar deui? Urang sono yeuh… :3

    Suka

  4. Kanye West siapa sih? Kalo Beck aku tau… 😉 Tapi menurutku sih ajang penghargaan macam Grammy dan sejenisnya itu benernya gak ada artinya… bisa bilang lagu A itu lagu rock terbaik, atau si Z itu penyanyi pop terbaik, dasarnya apa? Akhirnya juga gak lebih dari sekedar acara nonton music live, party dan kompetisi dandanan paling aneh dan baju paling minim….

    Suka

  5. Mungkin Sam Smith adalah utusan Dewa Kopi yang merasa di khianati karena musiknya lebih addicting dari Kafein. Setidaknya setelah di lakukan 14 kali percobaan dengan 3 sampel kopi dari merk yang berbeda-beda, dan Leave Your Lover yang diputar berulang selama kopi masih ada dalam cangkir. Maafin ya, maklum, sudah malam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s