Sengkarut (Part 1)

Gara-gara pikiran dan perasaan, manusia kerap diperdaya ilusi waktu ciptaannya sendiri: melekat dengan masa lalu, tidak benar-benar hidup di masa kini, dan merisaukan masa depan.

Okelah, melekat dengan masa lalu itu perkara nostalgia. Bisa bikin mesem-mesem sendiri, menghela nafas, termangu, menyesal, marah, sedih, dan sebagainya. Tapi jangan lupa, peristiwanya sudah lewat. Hanya menyisakan kenangan dan bayangan laksana hantu. Bisa muncul tiba-tiba, kemudian–kita persilakan–mengaduk-aduk perasaan.

Lalu, tidak benar-benar hidup di masa kini? Entahlah. Yang jelas, saat ini Anda sedang memandang layar komputer, laptop, smartphone, atau papan digital, dan membunyikan susunan alfabet yang Anda lihat menggunakan bahasa Indonesia dalam pikiran. Untuk sementara, fokus pengindraan Anda terpusat ke mata dan otak. Tidak menyadari masuknya angin sejuk ke rongga hidung, diikuti embusan angin agak hangat yang ke luar dan bergesekan dengan bulu halus di tepi lubang yang sama.

Nanti siang, sekitar pukul 11.00, kita pun mulai bertanya dalam hati: “enaknya makan di mana ya?” Ternyata, langit mendadak gelap. Mendung tebal sekitar pukul 11.20, dan naga-naganya bakal hujan deras. Dalam hati berceletuk: “alamat batal deh ini.” Padahal masih ada 40 menit menuju pukul 12.00, waktunya istirahat makan siang.

Pikiran menganalisis, menyusun kesimpulan dari parameter-parameter, disuguhkan dalam bentuk silogisme. Dari silogisme tadi, pikiran mulai memainkan peran. Menyatakan suka/tidak suka, dan rentetan respons emosi lainnya. Sebuah teamwork yang ajeg antara pikiran dan perasaan.

Di antara tiga dimensi waktu (masa lalu, masa kini, masa depan), hanya masa depan yang misterius. Sebab belum dilalui, masih berupa perkiraan, mengawang-awang. Namun banyak manusia gandrung berusaha pengin tahu. Nah, itu sebabnya, posting-an piket pekan ini barangkali cuma tai kebo. Tunduk dengan mekanisme pasar, tulisan kali ini bicara soal… shio.

Apabila sepakat dengan saya, bahwa pembahasan tentang nujum itu benar-benar tai kebo, sebaiknya langsung lanjutkan aktivitas Anda. Hehehe.


2015 ini tahunnya “Kambing” (羊), ya setelah Imlekan nanti, 19 Februari. Unsur tahunnya “Kayu” (木). Namun tetua Tionghoa menyebutnya tahun 乙未, berdasarkan kaidah astronomi Imlek. Ndak tahu apa artinya. Tapi secara harfiah berarti “Tahun Kedelapan (未)-Kedua (乙)”.

Akan tetapi, mohon maaf sebelumnya, saya bukan peramal, bukan ahli Suanming (算命) atau suhu nujum ala Tionghoa. Isi artikel ini adalah hasil membaca kecenderungan. Bukan wangsit dari Xuantian Shangdi (玄天上帝), atau dewata lain dari kahyangan empat penjuru langit. Soalnya shio atau kondisi hidup seseorang berdasarkan klasifikasi astrologi, dan hampir semua aspek kehidupan dalam perspektif Tionghoa kuno (mulai dari delapan arah mata angin, sampai organ-organ utama tubuh manusia), didasarkan pada “Hukum Lima Unsur”. Susunannya: kayu-api-tanah-logam-air.

ElementShio yang berupa 12 hewan hanyalah istilah untuk membagi siklus astronomi penanggalan bulan menjadi 12. Tahun Imlek mendatang adalah Tahun Kambing Kayu. Sementara shio Kambing sendiri memiliki unsur dasar api. Siklus ini akan berulang setiap 60 tahun.

Umumnya, ramalan akan menunjukkan shio-shio apa saja yang hoki, yang lumayan hoki, yang stabil, yang menuju stabil, dan yang tidak stabil. Sesuai “Hukum Lima Unsur” tadi, rumusnya sederhana: (1) kayu menghidupkan api, api menghasilkan tanah (abu), dalam tanah ada logam, mineral (logam) memperkaya air, dan air menghidupkan kayu; (2) kayu mengalahkan tanah, tanah mengalahkan air, air mengalahkan api, api mengalahkan logam, logam mengalahkan kayu. Lantaran pakem ini, makanya masih ada orang Tionghoa yang percaya kalau pemilik shio Kerbau sangat cocok dengan shio Tikus, Ayam, Babi, Ular, dan bakal berantem gede dengan shio Kambing, Kuda, Anjing. Dalam konteks pacaran dan pernikahan. Saya sih ndak percaya. Tapi kalau Anda pengin lihat kompatibilitas jodoh shio-shio lainnya, Google gih. Ada daftarnya.

Catatan selanjutnya, urusan hoki/ndak hoki ini hanya akan terjadi 100 persen bila si empunya shio menjalani kehidupan dengan default. Itu sebabnya hanya ada kecenderungan, sebagai konsekuensi dari kemungkinan. Misal: ada yang seharusnya rugi Rp 200 juta, eh ternyata bisa cuma rugi Rp 200 ribu. Begitupun sebaliknya. Semua bukan hal pasti. Lebih pelik lagi, setiap individu mesti di-screening, semua serba dihitung. Mulai dari detik, menit, jam, hari, tanggal, bulan, tahun lahir. Belum lagi nama yang diberikan, baik nama Tionghoa maupun nama internasional. Semuanya terwakili salah satu dari lima unsur. Mbingungi. Pokoknya, mari aminkan hal-hal yang baik, dan usahakan menghindari hal-hal yang buruk.

Now, shall we begin? Kurang lebih begini…

Tikus

鼠

Dibuka dengan hal-hal baik. Pekerjaan, karier, obsesi idealistis, atau sederhananya urusan Anda bakal berjalan lancar. Bahkan mencapai kesuksesan melebihi bayangan. Kelancaran ini terjadi karena Anda bakal dikelilingi para Guiren*) (貴人), dan bisa jadi mereka adalah orang yang tidak diduga sebelumnya. Baik identitasnya, perannya dalam kehidupan Anda, maupun bentuk bantuan yang mereka berikan. Secara khusus, para Guiren itu akan mendorong Anda mengenali mana yang baik dan buruk, benar dan salah, tenggang rasa pada Anda, dan mereka selalu berbicara blak-blakan. Mungkin rasanya ndak enak, namun ada masanya di tahun ini, Anda bakal angguk-angguk mengerti. Meskipun begini, tetap bersiap untuk menghadapi momen yang menguras isi tabungan. Kalau belum terbiasa menabung, coba dari sekarang. Mengingat di Tahun Kambing Kayu, agak ngos-ngosan cari rezeki (bisa jadi ngos-ngosan tadi yang bikin karier berjalan lancar, tapi begitu dapat duit, eh langsung ambyar). Kalau Anda masih jomblo, baguslah. Tapi kalau sebaliknya, harap hati-hati. Jangan lupa minum air putih yang cukup, biar enggak bermasalah dengan urusan pipis.

Kerbau/Sapi

牛

Tahun ini masih rada kurang enak sih. Sisa dari tahun Kuda. Kalau yang tahun lalu sudah menghadapi “konfrontasi besarnya”, tahun ini sudah bisa merasakan sejumlah kepuasan dari situ. Tapi kepuasan tiap orang berbeda, ada yang puas karena merasakan hasil, tapi ada juga yang puas karena telah belajar dan bertumbuh. Sedangkan bagi yang belum merasakan gelombang besar tahun lalu, bisa jadi mengalami di tahun ini. Ibarat puncak kurva, nanti bakal mereda setelahnya. Terutama yang melibatkan kompetitor, entah head-to-head atau pergeseran tren. Selajur dengan ini, hanya Anda yang mengerti harus bagaimana. Krisis atas orang-orang yang bisa mendukung urusan Anda. Krisis Guiren. Lain lagi, berusahalah agar jangan sampai rugi secara finansial. Siapkan jaring pengaman. Namun kalau masalah tadi dipikirin terlampau keras, ada potensi gangguan gas perut. Jadi kuncinya adalah tetap bersikap tenang, main aman, dan ambil keputusan dengan hening. Di sisi lain, kalau ada yang terasa mengganjal, tahun ini Anda harus berani protes lantang. Jangan cuma walkout doang, seperti yang biasanya Anda lakukan. Tunjukkan kalau ada alasan di balik ketidaksetujuan Anda. Asal santun, biar enggak dijebak.

Macan

虎

Dari beberapa pemilik shio Macan yang saya kenal, rata-rata menjalani 2014 dengan biasa-biasa saja cenderung memprihatinkan. Di tahun ini, ada peluang untuk rebound. Keberadaan Guiren cukup kuat tahun ini. Bukan maksudnya kita bergantung pada orang lain, tapi keberadaan mereka mampu membuat kita melambung lebih tinggi. Minimal enggak seburuk sebelumnya. Tahun ini, penuh dengan kompetisi. Kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri, baik sesama kolega, maupun dalam lingkungan yang baru. Hanya saja, mesti lebih bijak mengambil prioritas. Apakah ingin tetap idealistis, atau bersikap lebih fleksibel. Kalau berhasil, woles dulu. Traktir-traktir sedikit bolehlah, biar tidak kecele berat berikutnya. Ada rencana berinvestasi? Lebih awas memilihnya ya. Ndak tahu, bakal ada produk investasi (atau yang mirip investasi) apa lagi yang meledak tahun depan. Selanjutnya, buat yang sudah berpasangan, jangan gampang terpengaruh omongan atau gambaran hubungan orang lain dong. Rumput sebelah rumah memang lebih hijau, tapi tanah, pola penyiraman, dan pupuknya kan beda. Bagaimana mau sama? Lah wong di sebelah itu lapangan golf kok. Masalah tahun kemarin ndak usah diperbesar. Kalau perlu, tegas saja. Yang jelas, semoga bagian ini bisa dihindari, jangan sampai kena gangguan empedu atau hati. Kurangi merokok, kurangi ngebir, kurangi begadang. Kalau cuma berak bocor, gara-gara kebiasaan doyan jajan di pinggir jalan.

Kelinci

兔

Siap-siap senyum sepanjang tahun. Soal karier, rezeki, kesehatan, ketenteraman hidup, dan keberadaan Guiren cenderung bagus semua. Asal enggak bikin yang aneh-aneh. Jangan mentang-mentang banyak duit, eh boros, atau malah ngedeketin cabe-cabean buat selingan. Selebihnya enggak perlu banyak dijelaskan ya, biar ntar ngalamin sendiri. Misalnya, hubungan kerja dengan kolega bagus, approval dari Pak/Bu Bos juga mudah didapat. Tapi jangan habis baca begini langsung menggampangkan segalanya dan merendahkan rekan kerja. Ya bersikap seperti biasa sajalah. Kalau Ada banyak kesempatan untuk mempertahankan gaya hidup sehat, kalau yang terbiasa menjaga kebugaran. Artinya, urusan sehari-hari lancar, bisa hepi-hepi kuras endorfin lewat olahraga. Serta mempertahankan kesehatan mental dengan jalan-jalan.

Naga

龍

Konsisten dengan apa yang dijalani. Enak/tidak enak harus dituntaskan sampai akhir. Memang Anda rawan dapat tuduhan yang jelek-jelek, pertentangan yang tidak ngenakin, tapi tetap bertahan dan buktikan bahwa Anda bertanggung jawab dengan beban yang ada saat ini. Ibarat naga yang sedang terbang melewati awan cumulonimbus, teruskan saja, sampai ketemu titik rentan dan bisa dibuyarkan. Ketemu langit dan bulan yang cerah, seperti di malam ini. Ketidaknyamanan berikutnya, ada kecenderungan bakal membayar lebih banyak untuk sesuatu yang lebih sedikit. Entah karena tuntutan ekonomi, atau kesalahan. Rezeki memang rebut-rebutan, jadi kalau ada untung, pasti ada rugi. Kemudian, bagi yang baru jadian, tahun ini merupakan pembuktian, apakah perasaan suka yang muncul setahun lebih itu benar-benar kuat, atau bakal kandas. Tiba-tiba bisa berantem. Buat yang melepaskan pasangan sebelumnya demi pasangan yang baru, ya siap-siap saja. Siap menyesal, atau bisa berusaha tegar. Kalau sudah dipusingkan dengan urusan asmara, dan upaya untuk membuktikan konsistensi, harus tetap istirahat normal. Jangan memforsir tubuh. Ndak tahu apakah ada hubungannya atau tidak, tapi berhati-hati dengan insiden yang bisa berhubungan dengan area wajah, kaki, tungkai. Bisa dalam bentuk cedera, atau luka. Entah sebagai korban, atau sebagai penyebab.

Ular

蛇

Kurang lebih, kehidupan ular akan bagus di Tahun Kambing Kayu. Akan ditunjukkan bahwa pilihan karier saat ini sudah tepat. Sebab secara alamiah, Anda akan berusaha maksimal dan profesional. Gebrakannya, Anda akan “bersalsa” dengan pekerjaan. Menikmatinya. Asal bukan profesi yang berhubungan dengan kejahatan ya. Bakal jadi bandit kelas kakap, bahkan Sociopath. Seiring dengan menikmati pekerjaan, arus kas akan berjalan dengan alamiah dan lancar. Dengan catatan, jangan melepaskan peluang yang ada. Anda memang tidak akan rugi apabila kehilangan peluang tersebut, namun kesempatan itu akan membuat pengelolaan kekayaan berjalan lebih kencang. Termasuk peluang bagi para jomblo, ihwal target Anda cenderung vulnerable tahun ini. Vulnerable bukan berarti nikung! Akan tetapi, cowok/cewek inceran sudah bisa ditembus hatinya. Tetap pertahankan upaya PDKT yang berjalan selama ini. Tidak usah berlebihan, atau malah jual mahal. Lakukan sesuai naluri. Semoga berhasil. Di samping itu, mesti ekstrajaga kesehatan tahun depan. Ada yang tersumbat, tapi susah diterobos. Juga ada kecenderungan alami gangguan pada peredaran darah, mungkin urusan cardiovaskular juga, serta masalah kekeringan dan panas. Disarankan untuk cek kesehatan. Biar terhindar dari kondisi gawat darurat.


Sudah enam shio, panjang juga. Sampai berlanjut di kesempatan berikutnya ya. Kalau ndak sabar, monggo Googling saja ramalan untuk shio-shio lainnya. Kemungkinannya sih ada tiga: hasilnya sama, berkebalikan, atau malah berbeda. Apabila begitu, jangan bingung, ambil saja yang paling baik dan berusahalah untuk diwujudkan. Toh yang menulis ramalan punya shio sendiri juga. Jangan asal percaya. 🙂

To be continued

[]

*) Astrologi Tionghoa membahas tentang enam aspek. Selain karier, harta, asmara, kesehatan, dan ketenteraman hidup, juga ada Guiren. Diartikan secara harfiah sebagai “Orang Berharga”, Guiren bisa menjadi penolong. Namun mereka tetaplah orang biasa, yang juga memiliki Guiren-nya masing-masing. Konsep ini erat kaitannya dengan kehidupan sosial. Guiren bisa berasal dari keluarga inti, sanak famili, teman dan kerabat, musuh, bahkan orang asing sekalipun.

Posted in: ringan

Tagged as: , , , ,

9 thoughts on “Sengkarut (Part 1) Leave a comment

Leave a Reply