Wawancara Yang Berbahaya

Di penghujung tahun itu biasanya ada film tahun ini atau album tahun ini. Hal yang biasa dilakukan oleh para kritikus film dan musik atau siapa saja yang ingin berkomentar. Nominasi Golden Globe sudah keluar dan pemenangnya akan diumumkan di awal tahun depan. Sekitar bulan Februari biasanya, berdekatan dengan NBA All-Stars dan Grammy Awards lalu ditutup dengan gelaran Oscar di bulan Maret.

Ada yang menarik yang terjadi di dunia perfilman Hollywood–selain dari tahun ini filmnya yang tidak setematik tahun lalu. Walau ada film yang patut diwaspadai itu seperti film Boyhood, Ida, Foxcatcher, Gone Girl, Selma, Birdman, Nighcrawler atau Under The Skin. Film Gone Girl itu bagus sekali sebetulnya. Berpotensi dapet nominasi atau bahkan bisa meraih banyak Oscar tahun depan. Setidaknya di kategori Best Director, Best Actress, Best Original Score dan Best Adapted Screenplay. Sayang tidak lolos sensor di Indonesia. Menurut sumber dari lapak sebelah katanya David Fincher tidak mau ada filmnya yang disensor sedikitpun. Ah, hilanglah harapan warga Indonesia melihat titit Batman di bioskop kesayangannya.

Selain itu yang patut disoroti di akhir tahun ini adalah film The Interview. Film komedi mengenai usaha pembunuhan Kim Jong Un yang dibintangi Seth Rogen dan James Franco ini ternyata memanaskan situasi politik antara Amrika Serikat dan Korea Utara. Film ini batal rilis di bioskop. Harusnya pas Natal kemaren sudah bisa dilihat di bioskop. Walaupun akhirnya mereka berkompromi dan menjualnya secara online. Filmnya lucu sekali. Kalo suka komedi dengan gaya 21 Jump Street atau sekuelnya 22 Jump Street pasti suka dengan film ini. Sudah bisa dibeli di iTunes, Youtube, XboxVideos dan Google Play dan di seetheinterview.com.

sonypic

Beberapa bulan sebelumnya, data rahasia Sony Pictures dijebol oleh para peretas yang menamakan dirinya sebagai Guardian of Peace. Banyak informasi penting dan rahasia dari karyawan Sony Pictures dan koleganya lepas ke tangan para peretas. Beberapa surel dari, ke, dan mengenai seleb papan atas Hollywood bocor ke publik. Tahukah anda bahwa ada wacana Idris Elba sebagai kandidat pengganti Daniel Craig sebagai agen 007? We can not have Black Bond for God’s sake. Not yet. Hollywood belum siap. Baru nyobain Chris Rock jadi host di Oscar dan Ricky Gervais di Globes aja para seleb Hollywood pada blingsatan. Gimana kalo James Bond item? Atau Superman rambutnya kribo? Mau? Ih.

Tuntutan dari para peretas ini adalah untuk tidak menayangkan film The Interview atau informasi yang mereka punya akan disebarkan ke publik dan akan mengancam akan melakukan aksi terorisme di hari penayangan film The Interview di New York City. Sony Pictures pun jiper. The Interview batal rilis di bioskop. Keputusan ini tentu sangat menampar Amerika Serikat sebagai land of the free and home of the brave dan juga negara adidaya (yang gak adidaya banget juga sih sekarang). FBI menuduh Korea Utara ada di belakang para peretas. Jaringan internet sempat dimatikan selama satu hari di Korea Utara. Korea Utara menyangkal bahwa mereka tidak melakukannya dan bahwa mereka mengklaim mempunyai pendukung di luar negara mereka. Saling tuduh. Tetap musuh.

Yabeginilah kalau Hillary, lalu John Kerry yang jadi Menlu Amerika Serikat. Ribet. Hubungan Korut dan AS tidak akan pernah harmonis. Selalu terjadi miskomunikasi. Padahal tidak begitu sulit mendekati Kim Jong-un itu. Dia masih muda, 31 tahun, penggemar berat NBA, gamer akut dan juga penikmat Eric Clapton. Sekolahnya di Swiss. Rokoknya Yves Saint Laurent. Coba kalo Menlunya Dennis Rodman, hal ini mungkin tidak akan terjadi.

Sebetulnya ya kalo dicermati dengan seksama di film The Interview, mudah saja menebak siapa yang meretas data-data penting dari Sony Pictures. Bisa jadi Guardian of Peace itu adalah kemungkinan besar die-hard fans Eminem. Gak percaya? Kenapa? Coba tonton deh filmnya. Di lima belas menit pertama sudah ada jawabannya.

Oya. Hampir lupa. Selamat tahun baru. Mari kita songsong Tahun Kambing Kayu.

Iklan

2 thoughts on “Wawancara Yang Berbahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s