Old & New

Mulai pertengahan tahun 1980-an sampai awal 1990-an, ada satu pilihan cara untuk merayakan malam tahun baru. Pilihan itu adalah menonton film di bioskop. Bukan hanya satu film, tapi ada dua film. Nama programnya “Old & New”.

Ada dua film yang diputar mulai tanggal 31 Desember, biasanya mulai sekitar jam 10 malam, dan berakhir pada tanggal 1 Januari keesokan harinya, biasanya pada sekitar jam 2 atau 3 pagi.
Tentu saja, hitung mundur atau countdown dilakukan menjelang jam 12 malam, atau setelah film pertama berakhir. Kalau film pertama belum berakhir, dihentikan dulu sejenak, agar proses pergantian tahun tidak terlewatkan.
Alternatifnya, acara nonton film dimulai dari jam 12 malam, atau setelah countdown selesai, dan berakhir menjelang Subuh.

Terasa panjang?
Itu karena ada break di tengah-tengah pergantian dua film. Masa rehat ini digunakan untuk mengadakan kuis biasanya. Maklum, kita membayar lebih untuk menonton film-film di program “Old & New” ini.

Scan iklan koran program Old & New tahun 1988. (Terima kasih untuk teman-teman di http://dunianostalgia80-an.blogspot.com/2008/06/iklan-bioskop-old-new-88.html yang menyediakan image ini.)
Scan iklan koran program Old & New tahun 1988. (Terima kasih untuk teman-teman di http://dunianostalgia80-an.blogspot.com/2008/06/iklan-bioskop-old-new-88.html yang menyediakan image ini.)

Hitungannya tidak hanya harga dua kali menonton film di pemutaran reguler, tapi sedikit lebih banyak dari itu. Selain dapat snack dan minuman ringan, kita akan mendapat kesempatan memenangkan door prize.
Makanya, promosi program ini dilakukan jauh-jauh hari. Iklan acara, pilihan kombinasi film, berikut hadiah-hadiah yang dijanjikan.

Bioskop kelas A dengan harga tiket yang lebih mahal kadang-kadang berani menjanjikan hadiah kendaraan bermotor, atau tiket pesawat.
Bioskop lain bisa hadir dengan hadiah yang lebih beragam, mulai dari Tabanas (tabungan nasional), payung, kalender atau langganan majalah selama beberapa bulan.

Lumayan, buat modal menyambut tahun yang baru. Paling tidak, “modal” yang didapatkan tidak hanya sekedar menonton 2 film gres, yang biasanya baru akan dirilis di bioskop beberapa bulan kemudian, atau hampir setahun kemudian.

Berangkat ke bioskop dengan kenangan tahun lama, pulang dari bioskop membawa harapan di tahun yang menjelang.

Mengawali tahun baru bersama puluhan dan ratusan orang lain dalam communal experience, dan bersama-sama menikmati tontonan seru itulah yang membuat program ini sangat populer di masanya. Stasiun televisi bisa dihitung dengan jari sebelah. Internet belum ada, dan distraksi lain tidak terdengar.

Lambat laun, seiring dengan beragamnya stasiun televisi baru, berkurangnya daya tarik bioskop waktu film Indonesia “mati suri”, pelan-pelan program ini hilang. Kalaupun ada program khusus di luar penayangan reguler, biasanya lebih kepada format festival film, atau film marathon, meskipun yang terakhir ini lebih sering diadakan di luar negeri.
Marathon “The Dark Knight Trilogy” karya sutradara Christopher Nolan, atau marathon film “The Lord of the Rings Trilogy”, dan lain-lain. Tapi tidak satu pun yang dilakukan pada saat pergantian tahun.

Tahun baru dilakukan dengan cara masing-masing. Mau tidur, turun ke jalan, yang jelas jangan lupa untuk update di akun media sosial masing-masing.
January, please be nice.
May this year be better than last year.
#NewYearWishes dan #NewYearResolution dipastikan akan menghiasi timeline media sosial di mana saja.

* ** *** **** ***** ****** *******

Meninggalkan yang lama, menyongsong yang baru.
Melihat ke belakang sesekali saat merencanakan masa depan.
Making memories with some things old, while embracing some things new.

Itulah semangat acara dan kegiatan apapun yang dilakukan pada malam Tahun Baru.
Sendiri, maupun beramai-ramai, ada harapan yang terbersit sekecil apapun dalam hati saat melihat tahun berganti.

Masih ada hitungan banyak tanggal lagi sebelum kita semua di Linimasa, kami dan Anda, menyaksikan pergantian tahun.
Namun, yang namanya perayaan tak mengenal waktu.

Oleh karena itu, ijinkan kami berbagi.

* ** *** **** ***** ****** *******

Beberapa hari lalu, kami bertujuh berdiskusi, “enaknya ngapain ya Linimasa di bulan Desember ini?”

Lalu kami pun melihat apa yang ada di sekitar. Kebetulan hobi saya mengoleksi film dalam bentuk DVD dan blu-ray tidak berbanding lurus dengan luas rumah.

Akhirnya, beberapa DVD film, yang sebagian besar sudah berubah format ke blu-ray dan yang semuanya sudah ditonton, harus mencari rumah baru.

Rasa posesif saya terhadap DVD-DVD ini cukup tinggi. Bukan berarti ingin terus memiliki. Dalam arti lain, ingin rasanya melihat DVD-DVD ini ditonton dan disimpan dengan baik oleh orang yang peduli. Setelah dilihat, dipinjamkan ke orang lain, atau dihibahkan ke perpustakaan, tentu saja itu hak penuh pemilik baru. Yang penting, peduli. ☺

Makanya, di Kuis Linimasa Tahun Baru Volume 1 ini masih tak jauh-jauh dari urusan Linimasa, yaitu menulis.

Dan pertanyaan kuisnya adalah …

Dua film apakah yang sudah ditonton tahun ini dan paling membekas dalam benak Anda sampai sekarang?
Mau ditonton di bioskop, di pesawat, terserah. Mau film dari Indonesia atau Nigeria atau Australia, bebas. Mau film tahun 2014 atau 1914, silakan.

Ceritakan pengalaman Anda ini di blog masing-masing, atau di Facebook Notes yang bisa kami baca.

Cantumkan alamat blog, atau link tulisan di Facebook itu di kolom komentar di bawah artikel ini.

Jawaban ditunggu sampai 14 Desember 2014.

Pengumuman pemenang akan kami umumkan dua minggu lagi pada tanggal 18 Desember 2014 di artikel khusus tentang tulisan-tulisan anda ini di Linimasa.

Oh ya, ada 5 tulisan pemenang atau artikel pemenang yang akan kami pilih. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah berupa paket DVD original yang berisi:

a. Paket A
– BATMAN (Region 3)
– BATMAN RETURNS (Region 3)

b. Paket B
– BRIEF ENCOUNTER (Region 2)
– ETERNAL SUNSHINE OF THE SPOTLESS MIND (Region 2)

c. Paket C
– DREAMGIRLS (Region 1)
– SOME LIKE IT HOT (Region 3)

d. Paket D
– 2001: A SPACE ODYSSEY (Region 3)
– DOG DAY AFTERNOON (Region 1)

e. Paket E
– L.A. CONFIDENTIAL (Region 3)
– ATONEMENT (Region 3)

Paket DVD ini akan kami kirim ke alamat masing-masing pemenang via jasa kurir.

Jangan khawatir. Gambar-gambar DVD di sini sudah dicari yang paling persis dengan gambar DVD asli yang diberikan.

Jadi, apa jawaban dari Kuis Linimasa kali ini?

Iklan

7 thoughts on “Old & New

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s