Iklan Layanan Masyarakat: United States of Indonesia

Apa yang membuat Obama menjadi Presiden selama dua periode? Karena didukung banyak seleb? Atau karena lawannya enteng? Atau karena dia item? Atau karena dia dari Partai Demokrat? Biar aplusan gitu. Kan sebelumnya dari Partai Republik. Sebelumnya lagi dari Partai Demokrat. Sebelumnya lagi Partai Republik. Jadi entar Presiden Amerika selanjutnya kemungkinan dari Partai Republik. Bukan Hillary Clinton. Amrik kan sexist. Udah 40an presiden gak ada yang perempuan. Gitu ya? Atau gimana?

Tapi yang jelas kampanye Obama yang ditekankan selama dua periode itu adalah Obamacare. Program asuransi kesehatan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Amerika Serikat. Undang-undangnya sudah rampung. Tapi sepertinya undang-undang Affordable Care Act ini koq ribet sekali. Harus begini harus begitu. Memusingkan. Seperti premi asuransi kebanyakan. Belum lagi UU Kesehatan ini masih menyisakan kontroversi dan resistensi dari oposisi. Masih banyak yang tidak setuju dengan program Presiden Obama ini. Atau mungkin akan dijegal jika Obama sudah lengser.

Sementara di belahan negara lain, sebut saja Indonesia, diam-diam sudah meluncurkan Undang Undang Kesehatan yang kurang lebih isinya sama. Asuransi kesehatan. Namanya BPJS, kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. UU ini sudah diresmikan tahun 2013 di era Pemerintahan SBY. Mungkin ini warisan dari SBY yang patut kita acungi jempol. Walaupun embrionya sudah ada sejak era Megawati.

Kelak semua pegawai kantoran, TNI, Polri, BUMN, PNS, akan dan harus memiliki kartu BPJS ini. Untuk mereka yang sudah terlanjur memiliki jaminan kesehatan dari perusahaan asuransi akan segera dikonversi ke BPJS. Mereka yang mempunyai Jamsostek akan segera berganti nama menjadi BPJS-Ketenagakerjaan. Pengguna Askes pun begitu. Bukan pegawai kantoran gimana? Bisa dan harus punya juga. Caranya? Tinggal daftar ke kantor BPJS (biasanya dulunya kantor Askes) terdekat. Males ngantri? Tinggal daftar online. Preminya? dari 25.500 ribu/bulan (kelas 3), 45.500 ribu/bulan (kelas 2), 59.500 ribu/bulan (kelas 1). Pengen kelas VIP? Tinggal upgrade. Miskin gak punya uang? Ada Jamkesmas. Penyakit yang dicover apa aja? Hampir semua. Atau mungkin semua. Sakit gigi, kecelakaan, melahirkan, operasi ringan atau berat. Bius ringan. Bius total. Mau lebih jelas? Telpon aja ke 500400. Atau mention ke ke @BPJSKesehatanRI.

Yang jelas perusahaan asuransi swasta sekarang lagi ketar-ketir kabeh. Pendapatan turun. Kapan terakhir ada telepon dari telemarketing asuransi yang menawarkan program asuransinya ke hape kamu? Sudah lama sekali ya gak ada. Kalau masih ada juga gak ada masalah koq, tinggal jawab aja gini, “Maaf, saya sudah pake BPJS, Mbak.” “Semua penyakit di-cover. Terima kasih atas tawarannya.” Beres.

Jadi kesimpulannya? Indonesia > Amerika Serikat.

See ya later, Uncle Sam!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s