You Are NOT Invited

Menjelang akhir tahun, selalu diramaikan dengan acara-acara seputar lifestyle dan trend. Sebut saja Bazaar Fashion Week, Jakarta Fashion Week, Indonesia Toy Game & Comic Convention, Konser Penghormatan Karya Guruh Soekarno Putra, Jak Jazz 2014, Grand Prix Marching Band dan banyak lagi. Ada pula acara Pidato Kebudayaan Hilmar Farid dan pemutaran film Senyap, untuk yang ingin menjadi bagian dari kaum inggil ibukota.

004367200_1414287448-26102014-pidato-kebudayaan

Dan di setiap acara, selalu ada tamu yang diundang. Pun acara dibuka untuk umum, tapi undangan selalu mendapat keistimewaan tersendiri. Seperti kesempatan untuk duduk di front-row acara fashion show, atau duduk di kursi yang lebih strategis saat konser, menikmati sneak preview sehingga bisa membeli barang sebelum dibuka untuk umum, sampai sekedar mendapat makanan dan minuman di pojokan khusus. Maka menjadi manusiawi saat menerima undangan, langsung merasa kasta setingkat lebih tinggi dibanding yang lain.

Tapi bagaimana kalau tidak diundang? Tidak sedikit yang merasa eksistensinya di dunia ini berkurang kalau tidak mendapat undangan. Mulai mempertanyakan makna kehadirannya dan tujuan hidupnya. Padahal kemajuan teknologi memberikan keleluasaan bagi semua untuk menyaksikan sebagian besar acara tersebut. Beberapa bahkan bisa disaksikan utuh via Youtube. Tapi kalau Anda merasa harus menjadi bagian dari kaum Undangan, berikut adalah tips untuk evaluasi diri sendiri. Mana tau, tahun depan Anda berhak mendapatkan tempat khusus bernama VIP atau VVIP.

1. Do It with Duit

think-about-what-you-can-do-with-the-money

Hampir semua acara membutuhkan dan mengharapkan duit. Ini bisnis. Mana ada promotor acara yang mengharapkan acaranya rugi. Karenanya, coba evaluasi diri. Apakah kehadiran Anda sebagai undangan akan memberikan dampak bisnis yang baik? Apakah Anda selama ini telah ikut membantu pertambahan keuntungan finansial? Jasa apa yang selama ini telah Anda kontribusikan? Dan apakah Anda memiliki potensi untuk memperbaiki atau memperkaya pemilik acara?
Apa mungkin Anda diundang ke pembukaan butik kalau Anda bukan pelanggan atau dianggap berpotensi menjadi pelanggan?

Kalau Anda bisa menjadi bagian dari pertambahan keuntungan finansial, bisa dipastikan Anda akan diundang. Kalau sampai Anda tetap tidak diundang juga, gampang, hentikan saja kucuran dan bantuan dana dari Anda. Selesai.

2. Who is Who?

73274024.preview

Selain kepentingan bisnis, acara juga menjadi ajang untuk memperkuat dan memperluas network. Bukan sembarang network, tapi yang dinilai oleh penyelenggara bisa memberikan dampak positif di masa depan. Atau bisa juga semacam cara untuk memperbaiki hubungan yang selama ini kurang baik. Biasanya, semakin luas jaringan persahabatan Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan undangan.

Semua bisnis yang ada di dunia ini membutuhkan network. Makanya di Jepang ada Geisha yang digunakan sebagai perantara. Di Indonesia juga banyak tapi tidak disebut Geisha, tapi Makelar. Profesi yang bisa lebih menguntungkan daripada jadi Entrepreneur. Modalnya saja yang kadang harus dimodali oleh Tuhan. Wajah dan body menawan ditambah bakat untuk bersosialisasi dengan luwes.

Kalau Anda merasa sudah menjadi makelar canggih tapi undangan masih belum dikirimkan untuk Anda, coba cek bau badan, bau mulut, kalau perlu bisa daftar ke sekolah kepribadian terdekat di kota Anda.

3. You is Important

you-is-kind

Di film The Help, Aibileen Clark berkata “You is kind, you is smart, you is important” kepada anak kecil berkulit putih. Pengalaman hidup Aibileen mengajarkan, tidak cukup menjadi kind dan smart saja untuk menaikkan kasta, tapi juga harus important. Orang penting biasanya ditandai oleh satu hal: pendapatnya berpengaruh. Ucapannya bisa menjadi mantra. Quotenya menjadi meme yang tersebar di media sosial. Tulisannya menjadi bahasan bahkan menjadi headline di surat kabar. Dan okelah, tweetnya diretweet ratusan hingga ribuan kali oleh followersnya.

Kehadiran orang-orang penting ini diharapkan bisa menjadi media promosi bahkan saat acara sudah selesai. Karena bisa mempengaruhi pandangan banyak orang. Tak jarang bisa mengubah hidup orang lain. Atau bisa juga diundang sebagai sarana agar tidak terlalu banyak berkicau yang buruk.

Orang penting dan berpengaruh ini banyak bertebaran di sekitar kita. Di dunia nyata dan maya. Anda tinggal pilih saja, mau di dunia yang mana asal bukan di dunia ghoib.

 

 

Iklan

2 thoughts on “You Are NOT Invited

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s