The Sicilian Scene

Membaca tulisan dari Fa Dompas mengenai pendudukan Islam di sebagian Eropa, saya entah kenapa jadi teringat salah satu adegan di film True Romance. Adegan paling keren, cowok banget, lucu, mengenaskan tapi juga kontroversial. Kenapa kontroversial? Karena menimbulkan pertanyaan baru yang penting. Salah satu adegan yang paling fenomenal karya Quentin Tarantino–walaupun tidak seterkenal adegan Jules membacakan Ezekiel 25:17 di Hamburger Scene–tapi saya yakin Quentin tidak membuat naskah yang asal-asalan. Nama adegan itu adalah The Sicilian Scene.

            The Moors
The Moors

Pendudukan Islam di Eropa (terutama di Semenanjung Iberia dan Italian bagian Selatan) yang berakhir di abad 14 itu telah melahirkan keturunan bangsa Eropa yang “tidak bule”. Telah terjadi percampuran genetika antara bangsa Eropa dan Bangsa Moors yang berasal dari Afrika Utara. Harus diakui bangsa berkulit hitam pernah menguasai sebagian Eropa. Yeah that Sicilians still carry nigger gene. Sebelum Amerigo Vespucci menemukan Benua Amerika. Jauh sebelum istilah Negro, Black People atau Afro-Amerika populer. Istilah yang menyesatkan sekali itu Afro-Amerika. Terus kalau Naomi Campbell disebutnya apa? Afro-British? Cih.

Coba perhatikan pemaen bola dari Italia atau Portugal. Banyak sekali yang rambutnya hitam legam dan atau kearab-araban mukanya. Kulitnya pun lebih gelap. Warna bola matanya tidak biru. Contoh: Luis Figo, Gigi Buffon, Del Piero, Raul Gonzalez, Rui Costa atau Cristiano Ronaldo. Dari pelatih bisa kita lihat Jose Mourinho, pelatih klub Inggris, Chelsea yang berasa dari Portugal. Mouri berarti Moor dalam bahasa Portugis. Mau seleb Hollywood? Coba perhatikan muka Al Pacino.

The Sicilian Scene dari film True Romance telah memberi pelajaran sejarah yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Ada yang bilang sejarah adalah milik para pemenang. Tapi pemenang belum tentu benar. Kalau kita liat dari adegan itu siapa yang berbicara tentang fakta? Apakah Christopher Walken? Atau Dennis Hopper?

Hey.
Yeah. And, and your great-great-great-great grandmother
fucked a nigger,
ho, ho, yeah,
and she had a half-nigger kid…
now, if that’s a fact, tell me,
am I lying?

Iklan

2 thoughts on “The Sicilian Scene

  1. Nonton sekilas cuplikan filmnya
    jadi inget adegan skyfall waktu di pulau itu,
    pulau -yang-di-kosong-kan karena isu racun,

    dan semua perkataan raoul silva kepada bond tentang M

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s