TERIMA KASIH BAPAK – PERJUANGAN DAN CINTA DIBALIK INDAHNYA RAMADHAN

oleh: Lia Dwi Lestari

Kenalin kawannn….Namaku Oki siti fatimah aku saat ini duduk dibangku sma kelas 3,sedikit pamer yak,,,sma ku sma favorite dikota ku lhoo…hehehe…

Tepat pada bulan maret ada seleksi yang disebut dengan SNMptn,tapi aku mengisinya dengan asal pikiranku aja, gak dengan hati,,,,,waduhh bodohnya akuuu…akhirnya tiba saat pengumuman.

Aku diterima di Fakulatas kesehan masyarakat di daerah ku dan aku tidak terima itu karena aku tidak suka dan tidak tau apa itu kesmas,dipikiranku dulu hanya yang penting aku diterima di ptn gitu aja ,,,,,tapi penyesalan selalu tiba diakhir “…..Haduhhh aku nanti gimana yaaa disana?”gerutuku setiap hari.

Teman dekatku juga bingung sama aku,,,

Akhirnya sama bapak, aku disaranin ikut kedinasan dan aku setuju untuk ikut seleksi masuk STAN tepatnya.Saat tes aku belajar hanya semampuku tidak terlalu keras tapi yang penting aku bisa belajar dan ngerjain soal-soalnya.Saat pengumuman namaku tercantum didaftar peserta yang lolos.Uuhhh betapa bangganya bapak ku ketika aku lolos tahap 1,namun seleksinya itu ada 3 tahap…yang ke 2 itu tes kesehatan dan aku yakin aku bisa menjalani …..tapi saat tes yang ke 3 …itu disebut dengan tes TKD ….waduhhhh dan aku belum ada persiapan sama sekali padahal jarak antara pengumuman kesehatan dengan TKD itu hanya satu minggu dan materi TKD itu banyak sekaliiiii….aku bingung aku hanya bisa pasrah pada Tuhan Yang Maha Esa karena tes nya itu bertepatan dengan bulan Ramadan tahun ini….Aku belajar saat pagi dan malam karena saat sore hari aku harus memasak,karena ibu ku tersayang udah meninggal 3 tahun lalu saat aku duduk di kelas 3 smp….beliau memderita stroke mendadak gituu…wahhh kalau ingat kejadian itu aku sungguh sedih dan ,,aku tidak bisa mengungkapkan kesedihanku dengan kata-kata .

Akhirnya hari itu tiba …aku sebenarnaya ingin ditemani temanku …saat tes karena kalau sama bapak bawaannya selalu baper ..tapi perasaannya tuh yang sedih-sedih gitu ,,, Seleksi dimulai pukul 13,00 tapi aku sama bapak tiba dilokasi pukul 07.00 …(wahhh udah gila ya ??? atau lupa jadwallll??) enggak kok tapi aku tu naik kereta dan keretanya adanya cuma jam segitu terpaksa dehhh,,,,, jadinya dilokasi tes tuhh aku nunggu lama sangatt sama bapak ku …dan baperku udah yang paling ujunggg huuuft….. air mata tak bisa ku tahan …bapak bingungg…

”kenapa kamu ki belum tes kok udah nangis duluan?”

Aku tak kuat untuk mnjawabnya ,jadi aku cuma diam sambil meneteskan air mata …Maafin aku ya pak ,,,aku tu nagis karena aku belum persiapan matang untuk menghadapi tes TKD ini(kataku dalam hati),,akhirnyaaaa saat puasa ke-27 tahun ini pengumuman keluar jeng jeng ,,,,,,dan benar nama ku tidak ada dalam daftar ….air mata keluar lagi deh, beuhhh…cengeng banget yak…

Padahal aku dan bapakku udah berdoa selesai sholat, solat sunnahnya juga tak ketinggalan .,,,,,,Tapi ini lah jalan yang dibrikanNya untukku ,,,,apa boleh buat …. Habis lihat pengumuman tuh hatiku langsung teriris tipis-tipis ,,,walaupun keadaan puasa aku tak kuat menahan tangis …aku pun menangis sampai siang hari …teringat perjuanganku dan bapak ku tersayang ,,,,,,

terima kasih pak udah mau menemaniku …..tapi maafkan aku pak,oki belum bisa memberikan hasil yang terbaik untukmu(kata dalam doaku setiap hari) .Sebernya bapakku kelihatan fine-fine aja, tapi aku tau kok kalau dalam hatinya tu juga ada rasa sedih dan sakit yang mendalam….Karena bapakku tuh cita-citanya aku bisa jadi PNS.Bapakku sayang sama semua anaknya,aku anak terkhir dalam keluargaku itulah sebabnya aku ingin sekali bisa mewujudkan impiannya.Keesokan hari setelah pengumuman aku ikut acara buka bersama alumni MI HASYIM ASY’ARI sekolahku dulu, alasanya sih supaya cepet lupa…ehhhhh ..disana aku bertemu sahabatku dulu namanya Fajar,karena kawan lama dan udah lama nggak ketemu banyak perubahan pada penampilannya aku sampai tidak mengenalinya …

“Hai Oki” sapanya padaku akupun terkejut ,,,,lalu kami saling bertukar pengalaman karena selama 6 tahun kami tidak bersma kerena tidak satu sekolah …”Ehmmm boleh nggak minta nomer Hpmu ki” dia berkata sambil menatap mataku agak dalam ,,,,,

ciyeeeee…(dalam hati)…Aku langsung melting dehh jadinya ….

Mulai saat ini dan hari ini Oki harus tetap semangatttt dan jangan berputus asa un tuk menggapai cita-cita …(pesan fajar padaku dan aku tidak akan pernah lupa kata-kata itu ….).Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah aku yakin itu dan Alloh pasti punya rencana yang lebih baik untukku nantinya. (Amin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s