Buat Yang (Merasa) Sendiri di Masa Pandemi …

… percayalah bahwa tidak ada dari yang kita sedang sendiri, saat ini atau nanti.

Mungkin anda saat ini sedang tinggal sendiri. Baik secara sukarela, ataupun karena situasi membuat anda terpaksa berpisah dari orang-orang terdekat. Dan saat kita sadar bahwa kita sedang sendiri, terlebih di masa yang serba tidak pasti, selalu ada perasaan rapuh yang hinggap di diri kita. Semakin rapuh perasaan itu saat kita merasa segan berbagi dengan teman atau kerabat.

Saat kita sadar kalau kita sedang nelangsa, maka kita harus bisa membuat kita sadar kalau kita tidak sendiri. Caranya?

Baca buku. Baca pelan-pelan, sampai karakter-karakter dan cerita mereka membuat kita larut sejenak. Baca pelan-pelan, sampai kita bisa menghidupkan karakter-karakter lewat barisan kata dan kalimat yang sedang kita baca.

Pilih tontonan yang pas buat hati. Begitu banyak film, serial, film pendek, wawancara, resep masak dan aneka jenis tontonan yang bisa kita pilih dan lihat. Saking banyaknya, kadang-kadang kita merasa overwhelmed. That’s okay. Take your time. Kalau satu episode sebuah serial membuat anda tidak nyaman menontonnya, silakan tidak meneruskan dulu. Pilih tontonan lain. Pasti ada yang membuat anda merasa nyaman menghabiskan waktu bersamanya.

Dengarkan lagu yang bisa membawa pikiran ke hal-hal yang menyenangkan. Lagu yang pernah kita nyanyikan bersama teman-teman sekolah dulu. Musik yang tidak sengaja didengarkan waktu pertama kali berkenalan, sehingga menjadi “Oh, that’s our song!” 

Berdoa atau menguatkan diri sebelum membuka media sosial. Tak ada salahnya mengkurasi lagi, apa dan siapa saja yang mau kita ikuti, baca dan lihat di media sosial yang kita punya. Memastikan lagi bahwa apapun dan siapapun yang kita ikuti bisa membuat kita tidak merasa sendiri. 

Because in a planet with billions of people feeling alone together, we are never truly alone. 

Leave a Reply