Shio di 2019 (1)

HEHEHEHEHE, iya deh, nanti. 😁”

Itulah jawaban saya sepekan lalu, waktu diminta seorang teman untuk “membacakan” peruntungan shionya di tahun Imlek yang akan datang.

Permintaan itu tak kunjung saya lakukan hingga sekarang. Selain karena belum sempat, tentu saja lantaran saya bukan seorang suhu, atau peramal dengan kemampuan metafisika untuk itu. Lagipula, meski telah terpapar konsep shio sejak kecil, saya lebih sreg melihatnya sebagai statistika kecenderungan yang sudah tercatat sedemikian lama. Jadi, bukan ramalan, bukan pula gambaran nasib yang bakal terjadi di masa depan.

Seperti dalam tulisan Linimasa beberapa tahun lalu, yang melatarbelakangi narasi shio adalah prinsip hukum lima elemen. Dari skema tersebut, dihasilkan tiga kondisi dasar: baik, netral atau biasa saja, dan buruk. Pengkondisian itulah yang kemudian dikembangkan—secara imajinatif, barangkali—ke dalam berbagai aspek kehidupan masing-masing shio berupa generalisasi. Sehingga, mustahil bisa terjadi seluruhnya.

Apabila mustahil terjadi, atau bahkan belum tentu benar, mengapa tetap banyak orang yang antusias ingin tahu?

Entahlah. Mungkin ada yang menganggapnya sekadar lucu-lucuan, atau hiburan iseng, tetapi ada juga yang sedemikian penasaran dengan masa depan, khawatir dengan yang akan mereka hadapi nanti, dan berusaha sebisa mungkin mendapatkan spoilers kehidupan. Apa pun itu, tetaplah sadar akan saat ini. Hadapi, dan tak usahlah terlampau dibuat mengawang-awang. Segala yang telah terjadi, tak akan bisa diapa-apakan lagi.

Untuk itu, dari hari ini sampai Rabu terakhir sebelum Tahun Baru Imlek, ngomongin 12 shio dan kecenderungannya, ya. Bahas yang receh-receh saja. Sumbernya: almanak 卜易居 untuk tahun babi tanah. Kepanjangan buat dihabiskan sekaligus.

Tikus

Secara umum, tahun babi tanah merupakan tahun yang biasa-biasa saja bagi shio tikus. Namun, tetap dengan kecenderungan peningkatan. Misalnya, akan relatif baik untuk mencoba membuka usaha baru setelah melalui perhitungan matang, atau memperluas ragam usaha yang telah dijalani selama ini. Kondisi demikian terjadi karena menyambung tren positif di tahun lalu, ketika produktivitas berhasil dipertahankan, dan memiliki sumber daya lebih untuk mencoba berkembang. Lebih menenangkannya lagi, akan ada orang-orang baik yang siap menolong saat dibutuhkan. Siapakah mereka? Tidak ada yang bisa menduga. Bisa dari keluarga atau orang-orang yang sudah dikenal dekat selama ini, maupun figur-figur baru.

Bagi karyawan atau pekerja, akan ada potensi mendapatkan peningkatan karier. Wewenang bertambah, otomatis pekerjaan dan tanggung jawab pun mengikuti di belakangnya. Hanya saja, jangan kaget bila peningkatan-peningkatan tersebut tidak semuanya diimbangi dengan kenaikan gaji yang signifikan. Sebab segala bentuk peningkatan dan kerja keras yang mengikutinya akan membuahkan hasil ke depannya, walaupun bukan berupa materi. Di sisi lain, bisa juga peningkatan karier tanpa peningkatan gaji ini terjadi akibat berganti atasan atau pekerjaan. Yang artinya adalah adaptasi lagi, dan kesempatan untuk memperkuat reputasi serta kepercayaan dari dasar. Jangan lupa, semua ini bisa berdampak pada kelelahan baru, dan waktu pribadi untuk keluarga yang berkurang sebagai konsekuensi awal.

Kabar gembira bagi pemilik shio tikus yang baru menikah. Ada peluang memiliki anak di tahun ini. Sebaliknya, bagi yang masih belum berpasangan, tampaknya harus berusaha memperluas pergaulan dan dikenalkan oleh orang lain.

Pastinya, jangan sampai semua ini menjadi beban berlebih. Pasalnya kesehatan pemilik shio tikus di tahun ini kurang begitu baik. Bukan penyakit berat yang muncul, melainkan gangguan-gangguan kesehatan ringan, tetapi sering, dan mengganggu. Kemungkinan terbesarnya lantaran tekanan pekerjaan. Tetap jaga makan, waspadai perubahan cuaca saat bepergian, demi kesehatan dan menghindari pengeluaran pengobatan.

Kerbau/Sapi

Bagi para pemilik shio sapi, harap menghindari bekerja sama bisnis yang benar-benar baru, apalagi berinvestasi besar-besaran, atau dalam pinjam meminjam. Baik sebagai yang dipinjami, maupun yang menjamin peminjaman. Sama-sama membahayakan uang dan reputasi individual yang telah ada selama ini.

Selebihnya, tetap saja fokus pada usaha-usaha yang tengah dijalani saat ini. Sebab besar kemungkinan hasil pekerjaan kamu akan terpapar pada lebih banyak orang, calon klien, termasuk yang berasal dari luar (daerah, negeri). Semuanya diharapkan tetap berjalan lancar, bahkan tak menutup kemungkinan bisa membeli hunian baru di tahun ini.

Dalam dunia pekerjaan, kesalahan diri sendiri bisa merembet menyebabkan masalah eksternal. Hati-hati dan selalu sadar diri saat bertindak. Potensi masalah pasti akan selalu ada. Terlepas dari itu, kamu akan mendapatkan apresiasi dari atasan, juga bantuan rekan-rekan kerja, membuat segalanya terasa lebih mudah dan membalik kesialan menjadi kemujuran. Ada kesempatan pindah kerja ke luar negeri? Ambil!

Sayangnya, urusan asmara tidak sebagus bisnis. Ada teman yang bisa dekat banget sekalipun, tetapi belum berpeluang bersama sebagai pasangan. Bagi yang telah punya pacar atau pasangan, rasanya seperti sendirian. Jangan dibiarkan, ya. Penyelesaiannya, tergantung masalah yang dihadapi masing-masing. Apakah kebosanan, masalah komunikasi, atau sebagainya.

Jangan sampai kendala asmara juga bikin badan sakit. Sebab, para pemilik shio kerbau/sapi cenderung kerap mengalami cedera ringan, seperti terjatuh, terpeleset hingga terkilir, dan sebagainya. Untungnya semua tidak berdampak serius.

Macan

Peruntungan pemilik shio macan di tahun babi tanah terbilang baik. Dimulai dengan adanya potensi promosi di kantor, dan kenaikan gaji yang diharapkan signifikan. Bagi para pemilik usaha, bisnisnya pun berpeluang mengalami peningkatan yang berkesan. Entah sebagai sebab atau akibat, para pemilik shio macan akan merasakan antusiasme baru dalam karier dan usahanya. Energi positif yang juga mendorong munculnya ide-ide dan konsep baru nan cemerlang. Berbarengan dengan itu, menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan secara maksimal. Semua menjadi efek domino yang diinginkan. Saking positifnya, bahkan bukan merupakan kesalahan untuk mencoba berganti pekerjaan, mendapatkan yang ideal.

Soal asmara, wanita pemilik shio macan jauh lebih beruntung. Sebab berpeluang bertemu calon pasangan sesuai gambaran ideal, meskipun usahanya dibantu oleh rekan-rekan pria lainnya. Kalau sudah begini, harus pandai-pandai mengambil “kesempatan”. Sementara pria pemilik shio macan cenderung menghadapi kebuntuan asmara. Mereka yang belum berpasangan akan tetap berhati gelisah. Bisa karena tidak bertemu wanita ideal, tidak berani mengungkapkan perasaan, takut ditolak, terlalu banyak pertimbangan, dan sebagainya. Bagi yang sudah berpasangan pun, hati-hati akan mengalami asmara yang hambar.

Banyak masalah, jangan ditambah urusan kesehatan. Selalu jaga makan, rawat lambung, dan kondisi kulit.

Semoga semua hal-hal positif menjadi kenyataan.

[]

Shio di 2019 (2): Kelinci, Naga, Ular.

Advertisements

One thought on “Shio di 2019 (1)

  1. Pingback: Shio di 2019 (2) | linimasa

Leave a Reply