Harapan 2019

TAK perlulah berpanjang-panjang, kala berdoa dan memanjatkan pinta. Sesungguhnya ia, apa pun sebutannya, hadir melampaui jumlah kata dan keterbatasan makna. Begitu pula untuk saat ini, di tahun yang baru dengan segudang pengharapan.

Berbekal pengalaman di tahun sebelumnya, serta semangat menjalani yang akan datang, semua orang sejatinya bebas meminta apa saja; segala hal yang dianggapnya bakal memberikan kegembiraan dan memberikan kebahagiaan. Ada yang dangkal, maupun yang mendasar.

Ketenangan

Ada kekuatan dalam ketenangan. Kuat menghadapi segala hal yang muncul atau terjadi, kuat menahan gejolak emosi sendiri yang timbul agar tidak mengganggu akal sehat ketika melakukan pertimbangan, kuat menjalani kehidupan dengan segala ketidakpastiannya.

Semoga kita selalu memiliki ketenangan, dan mampu menghadirkan ketenangan.

Ketenteraman

Merupakan rasa nyaman dan damai yang diperoleh melalui ketenangan, baik ketenangan dalam diri sendiri, maupun ketenangan yang dihasilkan dari lingkungan sekeliling kita. Termasuk kesehatan jasmani maupun batin.

Dalam ketenteraman, kita berbahagia. Bahkan tanpa perlu risau bisa kehilangan perasaan berbahagia, maupun sumber dari perasaan berbahagia tersebut. Sebab kita sudah cukup tenteram, tidak lagi merasa ingin meminta lebih.

Semoga kita selalu berbahagia dan tenteram, dalam situasi apa pun.

Penerimaan Diri

Ada yang jauh lebih penting dari penerimaan oleh orang lain dan lingkungan sekitar kita, yakni penerimaan oleh diri sendiri. Penerimaan oleh pihak lain memang membuat kita bisa merasakan banyak kemudahan dan kelancaran, tetapi tanpa sudi menerima diri sendiri–apa pun kondisinya–semua akan tetap terasa kurang, penuh kerisauan, dan membebani.

Saat kita sudah bisa menerima diri sendiri, penerimaan orang lain akan terasa mengikuti. Kalaupun tidak, kita menyadari bahwa hal tersebut tak sebegitu penting lagi.

Menerima diri sendiri bukanlah sesuatu yang mudah dan dapat langsung dilakukan begitu saja, dibutuhkan perjuangan (terhadap diri sendiri); ratusan diskusi bahkan perdebatan (kepada diri sendiri); dan penegasan batin (untuk diri sendiri).

Semoga kita selalu mampu berdamai dengan diri sendiri, dengan menerima apa pun adanya.

Kejernihan

Ketenangan dan ketenteraman memungkinkan kita untuk selalu berpikir serta melihat segalanya dengan jernih. Di sisi lain, kejernihan berpikir dan melihat atas segala hal mendorong kita agar selalu bisa tenang, serta merasakan ketenteraman.

Kejernihan pula yang mampu membuat kita memilih dengan tepat, karena kita terarah untuk berpikir lebih jauh dan menyeluruh. Menjadikan pilihan yang kita ambil benar-benar tanpa pertimbangan bias, dan patut.

Semoga kita selalu mampu berpikir dan bertindak jernih, menyadari semua sebagai apa adanya.

Keleluasaan

Apabila kemakmuran diibaratkan sebagai kunci, maka keleluasaan adalah pintunya, yang kemudian tetap mengarah pada ketenteraman. Sebab keleluasaan membebaskan kita dari kekhawatiran dan kerisauan berlebihan. Adanya keleluasaan menunjukkan bahwa kita akan selalu memiliki pilihan, alternatif, dan jalan keluar dalam segala hal.

Keleluasaan juga merupakan wajah lain dari kemudahan, dan kelancaran yang manusiawi. Karena kita bertanggung jawab penuh atas keputusan dari pilihan-pilihan tersebut.

Semoga kita selalu memiliki keleluasaan untuk segala hal.

Mampu Mempertahankan

Sesukar-sukarnya memperoleh hal-hal positif, tetap lebih susah mempertahankannya dengan baik. Namun, bisa dipastikan, sekali kita mampu berada dalam ketenangan dan selalu melihat dengan jernih, semua hal-hal positif tersebut justru akan melekat dengan sendirinya.

Semoga kita selalu mampu mempertahankan apa yang telah diperoleh dan dimiliki, bahkan mampu mengembangkannya.

Mampu Melepas

Mampu melepas ialah kondisi menuju perasaan terbebas. Lepaskanlah yang sepatutnya dilepas. Kekuatan untuk mengupayakan ketenteraman bagi diri sendiri, dan agar lebih berfokus pada hal-hal yang lebih penting dibandingkan sesuatu dari masa lalu.

Semoga kita selalu mampu bijaksana.

Semoga semuanya ada pada Anda, tahun ini hingga seterusnya.

[]

Advertisements

Leave a Reply